Pertanyaan yang Sering Diajukan untuk Pemutaran Disk Blu-ray dengan Intel® Graphics

Dokumentasi

Informasi & Dokumentasi Produk

000006968

27/09/2022

Klik atau topik untuk detailnya:

Pengontrol Grafis Intel® mana yang mendukung pemutaran film Blu-ray Disc?Produk grafis Intel® dan produk Intel® apa pun yang dirilis setelah ini, semua mendukung pemutaran Disk Blu-ray. Ketahuilah bahwa pengalaman individu mungkin berbeda tergantung pada judul diskA Blu-ray dan konfigurasi komputer.
  • Chipset Intel® G31 Express1
  • Chipset Intel® G33 Express1
  • Chipset Intel® G35 Express1
  • Chipset Intel® G41 Express
  • Chipset Intel® G43 Express
  • Chipset Intel® G45 Express
  • Chipset Intel® G965 Express1
  • Chipset Intel® GL960 Express1 Mobile
  • Chipset Mobile Intel® GM45 Express
  • Chipset Mobile Intel® GM965 Express1
  • Chipset Mobile Intel® GS45 Express
Catatan1 Chipset Intel G31, G33, G35, dan G965 Express serta Chipset Mobile Intel GL960 dan GM965 Express hanya mendukung dekode konten diskA Blu-ray yang diakselerasi perangkat lunak. Akselerasi perangkat lunak berarti dekode konten dilakukan oleh prosesor.
Sistem operasi mana dengan Pengontrol Grafis Intel® yang mendukung pemutaran film Diska Blu-ray? Dengan Intel® Graphics Controller, pemutaran diska Blu-ray hanya didukung dengan Windows Vista* dan sistem operasi yang lebih baru. Beberapa fitur media yang diperlukan untuk pemutaran diska Blu-ray, termasuk perlindungan konten, hanya tersedia di Intel® Graphics Driver untuk Windows Vista. Driver Grafis Intel pada sistem operasi Windows XP* masih mendukung pemutaran klip video, DVD, dan sumber video Standar/Definisi Tinggi (SD/HD).
Pemutar media apa yang dioptimalkan untuk Pengontrol Grafis Intel®? Intel telah bekerja dengan vendor aplikasi media utama untuk mengoptimalkan pemutaran media dengan Pengontrol Grafis Intel®. Vendor media utama dan aplikasinya (termasuk versi aplikasi yang lebih baru) mencakup ArcSoft TotalMedia Theatre*, Corel WinDVD 9* dengan Blu-ray Update Pack*, dan CyberLink PowerDVD*.
Bagaimana cara memastikan pengalaman pemutaran media yang terbaik? Penting untuk memastikan Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi pemutar media, sistem BIOS, dan Intel® Graphics Driver.
  • Versi terbaru dari aplikasi pemutar
    Disarankan agar Anda menggunakan versi pemutar dari produsen komputer Anda. Selain itu, Intel telah bekerja dengan vendor aplikasi media utama untuk mengoptimalkan pemutaran media. Vendor utama dan aplikasinya meliputi ArcSoft TotalMedia Theatre*, Corel WinDVD 9* dengan Blu-ray Update Pack*, dan CyberLink PowerDVD 8*.
  • Sistem BIOS terbaru untuk komputer atau motherboard Anda
    Kunjungi situs web produsen komputer atau papan induk Anda untuk memeriksa BIOS terbaru. Jika Anda memiliki Papan Desktop Intel®, Anda bisa mendapatkan BIOS terbaru dari Pusat Unduhan Intel.
  • Driver Intel® Graphics Media Accelerator terbaru dari produsen komputer atau papan induk Anda
    Intel membuat versi generik dari driver grafis tersedia, tetapi disarankan Anda menggunakan driver terbaru yang divalidasi oleh produsen komputer atau papan induk Anda. Driver ini biasanya dapat diunduh dari situs web produsen komputer atau papan induk Anda.

    Jika Anda memiliki Papan Desktop Intel, driver terbaru yang telah divalidasi dengan board Anda dapat diunduh dari Pusat Unduhan Intel.

    Untuk melihat apakah driver grafis generik yang lebih baru tersedia untuk komputer Anda, kunjungi Intel® Driver & Support Assistant. Jika utilitas ini menemukan bahwa driver yang dikustomisasi telah terinstal, lihat halaman driver grafis produsen komputer yang dikustomisasi terdeteksi untuk informasi tambahan.

Pemanfaatan prosesor saya tinggi saat memutar film DiskA Blu-ray. Apakah ini normal? Pemanfaatan prosesor terpengaruh dan dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor termasuk konfigurasi komputer dan konten diska Blu-ray yang sedang dimainkan. Misalnya, Pengontrol Grafis Intel® yang lebih lama yang mendukung dekode perangkat lunak konten diska Blu-ray akan memiliki pemanfaatan prosesor yang tinggi karena dekode ditangani oleh prosesor. Terkadang, perangkat lunak yang tidak dioptimalkan yang lebih lama dapat menyebabkan pemanfaatan prosesor yang luar biasa tinggi. Penting untuk memastikan bahwa versi pemutar media yang dioptimalkan sedang digunakan bersama dengan driver grafis dan BIOS sistem terbaru.
Saya tidak dapat memutar film DiskA Blu-ray di komputer saya. Apa yang harus saya lakukan? Coba setiap saran berikut dalam urutan yang tercantum di bawah ini:
  • Hubungi produsen komputer Anda untuk melihat apakah ia mendukung pemutaran diska Blu-ray. Ini sangat penting jika komputer awalnya tidak dikirim dengan drive diskA Blu-ray dan drive kemudian ditambahkan.
  • Jika produsen komputer Anda telah mengonfirmasi bahwa komputer Anda mendukung pemutaran diska Blu-ray, maka periksa apakah komputer Anda memiliki versi terbaru dari sistem BIOS, driver grafis, dan pemutar media. Lihat Bagaimana saya dapat memastikan pengalaman pemutaran media terbaik? pertanyaan di halaman ini.
  • Apakah Anda menggunakan sistem operasi Windows Vista*? Lihat Sistem operasi mana dengan Pengontrol Grafis Intel yang mendukung pemutaran film Blu-ray Disc? pertanyaan di halaman ini.
  • Periksa untuk melihat apakah masalah juga terlihat ketika Anda memainkan judul diskA Blu-ray yang berbeda.
  • Jika komputer Anda menggunakan Chipset Intel® G45 Express atau chipset dari Rangkaian Intel® 4 Series Express Chipset Mobile, lihat Bagaimana cara memeriksa pengaturan PAVP di komputer saya? pertanyaan di halaman ini untuk memeriksa apakah mode PAVP Lite diaktifkan.
Video saya ditampilkan hitam dengan pesan galat bahwa video tidak dapat ditampilkan. Bagaimana cara memperbaikinya? Unduh dan instal Intel® Graphics Driver terbaru. Versi driver grafis kami yang lebih baru tidak menunjukkan masalah ini.
Apa itu Protected Audio Video Path (PAVP)? Protected Audio Video Path (PAVP) adalah fitur untuk memastikan jalur perlindungan konten yang kokoh dan aman untuk pemutaran video definisi tinggi termasuk diska Blu-ray pada sistem operasi Windows Vista*. PAVP memastikan bahwa komputer yang mendukung akselerasi dekode berbasis perangkat keras digunakan dengan benar untuk menghadirkan pemutaran yang lancar. Selain itu, PAVP mengurangi pemanfaatan prosesor dengan mematikan dekode video ke chipset untuk membebaskan prosesor untuk melakukan tugas lain.
Chipset Intel® mana yang mendukung PAVP? Dengan grafis terintegrasi, Rangkaian Chipset desktop Intel® Seri 4 dan Rangkaian Intel® 4 Series Express Chipset Mobile adalah Chipset Intel® pertama yang mendukung PAVP. BIOS, aplikasi pemutar, dan driver grafis komputer juga harus mendukung PAVP.® Produk Intel Desktop Board menggunakan Rangkaian Chipset Intel Seri 4, semuanya mendukung PAVP.
Mode PAVP mana yang didukung chipset dan Intel® Desktop Boards Intel®? Komputer menggunakan pengontrol grafis terintegrasi dari rangkaian Chipset desktop dan mobile Intel® Seri 4 dan dirancang untuk mendukung pengiriman pemutaran DiskA Blu-ray dengan PAVP yang diimplementasikan dalam mode Lite atau telah mengekspos pengaturan BIOS yang memungkinkan pengguna untuk memilih mode Lite.

Implementasi PAVP dalam mode Lite memenuhi persyaratan perlindungan konten industri dan memungkinkan penggunaan kemampuan dekode perangkat keras asli dari chipset untuk pengalaman media definisi tinggi terbaik.
Bagaimana cara memeriksa pengaturan PAVP pada komputer saya? Untuk memeriksa apakah PAVP diaktifkan di komputer Anda, ikuti saran di bawah ini:
  • Periksa Sistem BIOS komputer Anda
    Beberapa produsen komputer atau papan induk mungkin telah mengekspos pengaturan PAVP dalam Sistem BIOS. Lihat dokumentasi produsen komputer atau papan induk Anda tentang cara masuk ke Sistem BIOS. Ketahuilah bahwa beberapa produsen komputer mungkin tidak merekomendasikan pengguna untuk masuk ke menu Bios Sistem atau memodifikasi pengaturan Sistem BIOS.

    Jika Anda melihat pengaturan PAVP di Sistem BIOS, maka verifikasi bahwa PAVP-Lite dipilih. Jika Anda tidak melihat pengaturan PAVP, lihat opsi Mengapa saya tidak memiliki opsi untuk memilih mode PAVP atau menonaktifkan PAVP? pertanyaan di halaman ini.

  • Hubungi produsen komputer atau papan induk Anda
    Jika menu Sistem BIOS komputer Anda tidak menunjukkan pengaturan PAVP, Intel menyarankan untuk memeriksa dengan produsen komputer atau papan induk Anda.
Mengapa saya tidak memiliki opsi untuk memilih mode PAVP atau menonaktifkan PAVP? Komputer Anda mungkin tidak menggunakan Chipset Intel® G41/G43/G45 Express, chipset dari Rangkaian Mobile Intel® 4 Series Express Chipset, atau produk grafis Intel baru. Ini adalah Chipset Intel® pertama yang mendukung PAVP.

Jika chipset Anda mendukung PAVP, produsen komputer atau papan induk Anda belum mengekspos pengaturan PAVP di Sistem BIOS, tetapi biasanya mengaktifkan mode PAVP-Lite secara bawaan.

 

Topik terkait
Intel® Driver & Support Assistant
Pertanyaan Umum pemutaran diska Blu-ray dengan Intel® Iris® dan HD Graphics