Pertanyaan yang Sering Diajukan untuk Intel® Optane™ Memori

Dokumentasi

Informasi & Dokumentasi Produk

000024018

12/01/2021

Lihat jawaban untuk pertanyaan dukungan yang sering diajukan tentang Intel® Optane™ memori dan akselerasi sistem.

Klik atau topik untuk detailnya:

Tentang Intel® Optane™ Memori

Intel® Optane™ ini adalah solusi akselerasi sistem yang dipasang antara prosesor dan perangkat penyimpanan yang lebih lambat (SATA HDD, SSHD, SSD), yang memungkinkan komputer untuk menyimpan data dan program yang biasa digunakan lebih dekat ke prosesor. Hal ini memungkinkan sistem untuk mengakses informasi ini lebih cepat, yang dapat meningkatkan responsivitas sistem secara keseluruhan.

Hal ini memungkinkan penyelesaian tugas yang lebih cepat dan mengurangi waktu tunggu, dibandingkan dengan komputer dengan drive hard disk saja.

  • Responsivitas mengacu pada seberapa cepat PC menyelesaikan permintaan pengguna akhir, seperti:
    • Mulai atau boot
    • Cari dan temukan file
    • Simpan file besar
    • Aplikasi peluncuran
  • Dibandingkan dengan PC yang sama hanya dengan hard drive, ya, Intel® Optane™ memori membuat PC terasa lebih cepat, lebih responsif, dan terakselerasi.
Bagaimana cara Intel® Optane™ berbeda dari solusi caching dan caching NAND lainnya?

Intel® Optane™ memori dibuat untuk mengatasi kebutuhan non-volatile, performa tinggi, ketahanan tinggi, latensi rendah, dan Kualitas Layanan (QoS). Kombinasi atribut ini dalam teknologi memori membedakannya dari apa pun.

Intel® Optane™ ini berbeda dari solusi caching NAND lainnya karena alasan berikut:

  • Revolusioner, memori Intel® Optane™ baru berkinerja baik bahkan dalam kapasitas rendah (16 GB).
  • Ketahanan untuk menahan beberapa pembacaan dan menulis ke modul.
  • Algoritma terdepan pada driver Intel RST menciptakan solusi performa tinggi.
  • Ramah-pengguna, instalasi intuitif, dan proses pengaturan yang mudah membantu Anda secara otomatis mengonfigurasi solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Apa perbedaan antara memori Intel® Optane™ dan DRAM? Apakah ini menggantikan DRAM?

Intel® Optane™ memori non-volatile menggunakan media memori Intel® Optane™ non-volatile dengan driver Intel® Rapid Storage Technology untuk mempercepat akses PC Anda ke data non-volatile. Di PC Anda, data non-volatile adalah "memori jangka panjang" komputer Anda yang tetap ada bahkan ketika PC dimatikan. Dokumen pribadi, gambar, video, musik, dan file aplikasi pc adalah contoh data non-volatile.

DRAM, atau Dynamic Random Access Memory, adalah teknologi memori volatile yang berfungsi sebagai "memori kerja jangka pendek" pada komputer Anda. DRAM menyimpan sementara input dan hasil perhitungan yang dilakukan oleh Prosesor. Ketika PC dimatikan, data di DRAM menghilang.

Kedua teknologi memori memiliki tujuan berbeda dalam hierarki memori PC, sehingga Intel® Optane™ memori melengkapi DRAM, bukan menggantikan sepenuhnya. Komputer dengan memori Intel® Optane™ DRAM dapat mengakses program dan data lebih cepat, memberikan performa dan responsivitas tambahan.

Instalasi dan Konfigurasi

Lihat Instalasi dan Konfigurasi FAQ untuk informasi lebih lanjut.


Menyematkan File, Folder, atau Aplikasi

Lihat Pin untuk Akselerasi Sistem dengan memori Intel® Optane™ FAQ untuk informasi lebih lanjut.


Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Apa daftar lengkap persyaratan perangkat lunak dan perangkat keras untuk seri Intel® Optane™ memori untuk akselerasi sistem?

Lihat detail lengkap untuk sistem yang siap digunakan Intel® Optane™ anda.

Apa perbedaan antara modul Intel® Optane™ memori Intel® Optane™ M10?

Modul Intel® Optane™ memori M10 menambahkan kemampuan dukungan daya rendah untuk platform Mobile dan Modern Connected Standby.

Apakah Linux* didukung saat menggunakan Intel® Optane™ memori untuk akselerasi sistem?

Tidak, Intel® Optane™ ini memerlukan sistem operasi Windows 10 64-bit dan perangkat lunak driver Intel® Rapid Storage Technology (Intel® RST). Menggunakan perangkat dengan perangkat lunak lain untuk caching tidak didukung atau divalidasi.

Saya bermaksud memiliki beberapa sistem operasi pada sistem saya di beberapa drive. Dapatkah Intel® Optane™ memori meningkatkan performa beberapa drive?

Tidak, Intel® Optane™ memori dapat mempercepat satu drive.

Kinerja

Apakah performa sistem seluler akan terasa lebih baik jika saya membeli laptop yang berisi hard drive Intel® Optane™ memori? Bagaimana ini akan dibandingkan dengan sistem yang sama yang tidak berisi Intel® Optane™ anda?

Laptop dengan hard drive dan memori Intel® Optane™ kira-kira dua kali lebih responsif (sebagaimana diukur oleh SYSmark* 2014 SE (Responsiveness Subscore), pada konfigurasi sistem di bawah ini).

Sistem Dasar (dengan HDD)
Prosesor Intel® Core™ i7-8650U, TDP 15 W, 4C8T, Turbo hingga 4,2 GHz, Memori: 2 DDR4-2400 4 GB, Penyimpanan: Seagate* ST1000LM048 2,5" HDD 5400 RPM 1 TB, OS: Windows* 10.

Sistem dengan Memori Intel® Optane™ 16 GB
Konfigurasi yang sama, dengan Modul Memori Intel® Optane™ M10 16 GB.

SYSmark* 2014 SE - benchmark dari konsorsium BAPCo* yang mengukur performa platform Windows*. SYSmark* menguji empat skenario penggunaan: Produktivitas Kantor, Pembuatan Media, Analisis Data/Keuangan, dan Responsivitas. SYSmark* berisi aplikasi nyata dari Vendor Perangkat Lunak Independen seperti Microsoft* dan Adobe*

Hasil benchmark mungkin perlu direvisi saat pengujian tambahan dilakukan. Hasil akan tergantung pada konfigurasi platform dan beban kerja tertentu yang digunakan dalam pengujian, dan mungkin tidak dapat diterapkan pada semua komponen, sistem komputer, atau beban kerja pengguna tertentu. Hasil bukan merupakan perwakilan dari benchmark lain dan hasil benchmark lainnya mungkin menunjukkan dampak mitigasi yang lebih besar atau lebih rendah.

Perangkat lunak dan beban kerja yang digunakan dalam pengujian performa mungkin telah dioptimalkan hanya untuk performa pada mikroprosesor Intel. Pengujian performa, seperti SYSmark dan MobileMark, diukur menggunakan sistem komputer, komponen, perangkat lunak, operasi, dan fungsi tertentu. Perubahan apa pun terhadap salah satu faktor tersebut dapat menyebabkan hasilnya berbeda. Sebaiknya Anda mempertimbangkan pengujian performa dan informasi lain untuk sepenuhnya membantu Anda mengevaluasi pembelian dengan penuh mempertimbangkan, termasuk performa produk bila dikombinasikan dengan produk lain. Kunjungi Pengungkapan Uji Benchmark Performa untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkah saya melihat peningkatan performa segera setelah mengaktifkan Intel® Optane™ memori?

Dalam tiga siklus boot setelah mengaktifkan Intel® Optane™ memori, dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk boot ke OS. Untuk aplikasi dan file, Intel® Optane™ memori otomatis mempelajari perilaku komputasi Anda untuk mempercepat aplikasi yang sering digunakan.

Apa itu konsumsi daya dan suhu pengoperasian untuk Intel® Optane™ memori?

Lihat uraian singkat produk untuk informasi lebih lanjut.

Apakah semua aplikasi menunjukkan peningkatan performa runtime?

Intel® Optane™ memori meningkatkan waktu peluncuran aplikasi dan file yang paling sering Anda gunakan. Persisnya berapa banyak peningkatan bervariasi pada setiap aplikasi.

Apakah Intel® Optane™ memori menggunakan teknik cache write-back atau write-through?

Write-back digunakan untuk mengoptimalkan performa dan responsivitas. Mode ini menangkap sebagian besar host writes Intel® Optane™ modul memori Intel® Optane™ pertama, dan memperbarui salinan pada drive yang diakselerasi selama periode sistem siaga yang tersedia.

Pertanyaan Yang Terkait dengan Berbagai Kasus Penggunaan

Dapatkah saya memutuskan drive yang diakselerasi dari sistem setelah diaktifkan dengan memori Intel® Optane™ dan memindahkannya ke komputer lain?

Tidak, Anda harus menonaktifkan Intel® Optane™ memori sebelum Anda dapat memindahkannya ke komputer lain. Anda dapat menonaktifkannya melalui memori Intel® Optane™ atau Intel RST anda. Lihat panduan pengguna Intel Optane memori dan instalasi atau video untuk informasi lebih lanjut.

Apa yang terjadi jika saya menghapus Intel® Optane™ memori dari sistem saya setelah saya mengaktifkannya?

Volume (modul + drive yang diakselerasi) akan offline untuk melindungi data pengguna. Anda tidak akan dapat menggunakan volume ini hingga modul ditempatkan kembali ke dalam sistem.

Apa yang akan terjadi pada data saya di drive yang diakselerasi jika saya kehilangan atau Intel® Optane™ memori?

Ketika Anda membuat volume memori Intel® Optane™ (drive yang diakselerasi + pasangan modul memori Intel® Optane™), jika salah satu hilang dari sistem, diska lain akan offline, OS tidak dapat melihatnya, dan tidak dapat digunakan lagi.

Kami menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk memulihkan data pada diska terkait.

Enkripsi perangkat lunak apa yang tersedia untukvolume memori Intel® Optane™ saya?

Didukung Microsoft BitLocker*, Windows versi 10 atau yang lebih baru.

Catatan
  • Enkripsi harus diaktifkan Sebelum akselerasi Intel Optane memori diaktifkan.
  • Mengaktifkan enkripsi perangkat lunak berdampak pada performa sistem.
Topik terkait
Perangkat Lunak Apa yang Memungkinkan Akselerasi Sistem Intel® Optane™ Memori?
Intel® Optane™ Dan Unduhan Memori
Informasi Lebih Lanjut Intel® Optane™ Memori