ID Artikel: 000032539 Jenis Konten: Pemecahan Masalah Terakhir Ditinjau: 28/03/2022

Mengapa Suara Bernada Tinggi atau Merengek Berasal dari Lokasi CPU Komputer?

Lingkungan

Prosesor Intel® Core™

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT
Ringkasan

Penjelasan tentang penyebab dan tips untuk mengatasi masalah ini

Deskripsi

Menghadapi suara bernada tinggi atau merengek dari sekitar prosesor saat menggerakkan mouse atau selama beban kerja Central Processing Unit (CPU).

Resolusi

CPU itu sendiri tidak dapat menghasilkan suara apa pun karena perangkat keras dan kompomen pada CPU tidak mampu melakukannya. Ini disebut "Coil Whine" yang berasal dari induktor pada motherboard atau kartu grafis, atau di catu daya.

Alasan untuk ini berasal dari cara kerja induktor:

Inductor 1Inductor 2

Gambar ini menunjukkan contoh induktor pada motherboard:

Inductors on motherboard

Induktor adalah komponen elektronik pasif yang mampu menyimpan energi listrik dalam bentuk energi magnetik. Pada dasarnya, ia menggunakan konduktor yang mengalami luka pada kumparan, dan ketika listrik mengalir ke kumparan dari kiri ke kanan, ini menghasilkan medan magnet ke arah searah jarum jam. Kumparan kawat dalam medan magnet bergetar ketika terkena arus bolak-balik. Mereka bergetar lebih kuat ketika arus di kawat meningkat.

Ketika frekuensi getaran naik ke kisaran yang dapat didengar oleh telinga manusia, yang menyebabkan suara dilaporkan.

Adapun cara memperbaiki ini, tidak ada cara yang pasti, tetapi ada beberapa metode yang dapat kami coba untuk meningkatkan hal ini:

  • Ganti kabel daya modular pada unit catu daya jika menggunakan kabel modular.
    • Ini karena beberapa kabel disertai catu daya yang akan memiliki kapasitor di atasnya, dan beberapa tidak.  Kapasitor adalah faktor yang baik untuk stabilitas saat ini yang dapat memecahkan masalah kumparan merengek dalam beberapa kasus.
  • Ganti unit catu daya.
  • Ganti motherboard.

Produk Terkait

Artikel ini berlaku untuk 38 produk

Isi halaman ini adalah kombinasi terjemahan manusia dan komputer dari konten berbahasa Inggris. Konten ini diberikan hanya untuk kenyamanan Anda serta sebagai informasi umum dan tidak bisa dianggap sebagai lengkap atau akurat. Jika terdapat kontradiksi antara versi bahasa Inggris halaman ini dan terjemahannya, versi bahasa Inggris akan didahulukan. Lihat versi bahasa Inggris halaman ini.