Ikhtisar Jaringan Nirkabel

Dokumentasi

Informasi & Dokumentasi Produk

000046758

21/01/2021

Topik

Ikhtisar singkat
Memilih mode jaringan area lokal (LAN) nirkabel
Mengonfigurasi LAN nirkabel
Mengidentifikasi jaringan nirkabel
Survei situs LAN nirkabel Anda
Faktor yang memengaruhi jangkauan
Keamanan lebih kuat


Dapatkan perangkat lunak/driver dan informasi dukungan teknis untuk adaptor nirkabel Intel


Ikhtisar singkat

Router nirkabel broadband dirancang untuk pengguna rumah dan kantor kecil. Istilah ini dapat digunakan secara dipertukarkan dengan titik akses (AP) untuk tujuan dokumen ini.

Jaringan nirkabel menghubungkan komputer tanpa menggunakan kabel jaringan. Komputer menggunakan komunikasi radio untuk mengirim data antara satu sama lain. Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer nirkabel lainnya, atau terhubung ke jaringan yang sudah ada melalui AP nirkabel. Saat Anda mengatur adaptor nirkabel, Anda memilih mode operasi untuk jenis jaringan nirkabel yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan adaptor Intel® PRO/Wireless untuk terhubung ke perangkat nirkabel serupa lainnya yang mematuhi standar 802.11 untuk jaringan nirkabel.

kembali ke atasback to top

Memilih mode jaringan area lokal (LAN) nirkabel
LAN nirkabel dapat bekerja dengan atau tanpa AP, tergantung pada jumlah pengguna di dalam jaringan. Mode infrastruktur menggunakan APs untuk memungkinkan komputer nirkabel mengirim dan menerima informasi. Komputer nirkabel mengirimkannya ke AP: AP menerima informasi dan menyebarkannya kembali ke komputer lain. Titik akses juga dapat terhubung ke jaringan kabel atau ke Internet. Beberapa titik akses dapat bekerja sama untuk memberikan cakupan di area yang luas.

Mode Peer-to-Peer, juga disebut mode Ad Hoc, bekerja tanpa titik akses dan memungkinkan komputer nirkabel untuk mengirim informasi langsung ke komputer nirkabel lainnya. Anda dapat menggunakan mode Peer-to-Peer untuk komputer jaringan di rumah atau kantor kecil atau untuk mengatur jaringan nirkabel sementara untuk rapat.

kembali ke atasback to top

Mengonfigurasi LAN nirkabel
Ada tiga komponen dasar yang harus dikonfigurasi agar LAN nirkabel dapat beroperasi dengan benar:

  • Nama jaringan atau pengenal kumpulan layanan (SSID) - Setiap jaringan nirkabel menggunakan nama jaringan yang unik untuk mengidentifikasi jaringan. Nama ini disebut pengenal set layanan (SSID). Saat Anda mengatur adaptor nirkabel, Tentukan SSID.
    • Jika Anda menghubungkan ke jaringan yang sudah ada, Anda harus menggunakan SSID untuk jaringan tersebut.
    • Jika Anda mengatur jaringan Sendiri, buat SSID Anda sendiri dan gunakan di setiap komputer. SSID dapat memiliki panjang hingga 32 karakter menggunakan kombinasi huruf dan angka.
  • Profil - Saat Anda mengatur komputer untuk mengakses jaringan nirkabel, Intel® PROSet membuat profil untuk pengaturan nirkabel yang Anda tentukan. Untuk terhubung ke jaringan yang sudah ada, Anda dapat membuat koneksi sementara, atau membuat profil untuk jaringan tersebut. Setelah Membuat profil, komputer Akan otomatis terhubung saat Anda mengubah lokasi.
  • Cisco* Compatible Extensions - Memungkinkan Cisco Compatible Extensions menyediakan interoperabilitas dengan fitur infrastruktur LAN nirkabel Cisco seperti CKIP dan LEAP.
  • Keamanan - Jaringan nirkabel 802.11 menggunakan enkripsi untuk membantu melindungi data Anda. Jika Anda menghubungkan ke jaringan yang sudah ada, gunakan kunci enkripsi yang disediakan oleh administrator jaringan nirkabel. Saat menyiapkan LAN nirkabel, Anda dapat meningkatkan tingkat perlindungan data dan kontrol akses dengan kuat menggunakan salah satu metode berikut:
    • Wi-Fi Protected Access2 (WPA2) - saat ini merupakan tingkat keamanan tertinggi yang ditawarkan dalam jaringan Wi-Fi. Pengguna rumah dan kantor kecil dapat mengimplementasikan versi yang disederhanakan yang memerlukan kunci preshared, yang umumnya disebut WPA2-Personal atau WPA2-PSK. WPA2 mengimplementasikan 802.1x dan pertukaran kunci untuk memperkuat enkripsi data menggunakan Advanced Encryption Standard (AES).
    • Wi-Fi Protected Access (WPA) - adalah peningkatan keamanan yang sangat meningkatkan tingkat perlindungan data dan kontrol akses ke LAN Nirkabel. Pengguna rumah dan kantor kecil dapat mengimplementasikan versi yang disederhanakan dengan membuat kunci preshared, yang biasa disebut WPA-Personal atau WPA-PSK. WPA menegakkan autentikasi 802.1x dan pertukaran kunci untuk memperkuat enkripsi data menggunakan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP).
CatatanJenis keamanan pertama yang digunakan dalam jaringan Wi-Fi adalah Wired Equivalent Privacy (WEP), dan menggunakan kunci enkripsi bersama 64-bit atau 128-bit untuk mengacak data. Hal ini memberikan tingkat keamanan yang rendah, dan tidak disarankan.

 

kembali ke atasback to top

Mengidentifikasi jaringan nirkabel
Tergantung pada ukuran dan komponen LAN nirkabel, ada banyak cara untuk mengidentifikasi LAN nirkabel:

  • Nama jaringan atau pengenal set layanan (SSID) - Mengidentifikasi jaringan nirkabel. Semua perangkat nirkabel pada jaringan harus menggunakan SSID yang sama.
  • Extended Service Set Identifier (ESSID) - Kasus khusus SSID yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan nirkabel yang mencakup titik akses.
  • Independent Basic Service Set Identifier (IBSSID) - Kasus khusus SSID yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan komputer nirkabel yang dikonfigurasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan satu sama lain tanpa menggunakan titik akses.
  • Basic Service Set Identifier (BSSID) - Pengenal unik untuk setiap perangkat nirkabel. BSSID adalah alamat MAC Ethernet perangkat.
  • Broadcast SSID - Titik akses dapat merespons komputer yang mengirim paket probe dengan SSID siaran. Jika fitur ini diaktifkan pada titik akses, pengguna nirkabel apa pun dapat mengasosiasikan dengan titik akses menggunakan SSID kosong (null).

kembali ke atasback to top

CatatanBerikut ini tidak dimaksudkan untuk pengguna di rumah; disediakan hanya untuk tujuan informasi.

 


Survei situs LAN nirkabel Anda
Melakukan survei situs untuk LAN nirkabel Anda adalah langkah paling penting dalam menyiapkan jaringan nirkabel. Survei situs akan sangat mengurangi jumlah pemecahan masalah untuk pengujian koneksi. Untuk melakukan survei situs, Anda memerlukan alat berikut:

  • Titik akses (AP), atau komputer laptop yang diatur menjadi pemancar. Harus dipasang di dekat dan pada ketinggian yang sama seperti lokasi yang ditetapkan pada LAN nirkabel Anda.
  • Laptop yang dimuat dengan survei situs Anda, untuk bertindak sebagai penerima seluler.
  • Area atau peta bangunan, untuk merencanakan kekuatan sinyal Anda.

Setelah Anda memiliki alat yang Anda butuhkan, luncurkan perangkat lunak survei situs pada penerima seluler.

  • Bawa penerima mobile di sekitar area LAN nirkabel yang dituju untuk menguji kekuatan sinyal.
  • Periksa kekuatan sinyal dari setiap lokasi AP yang dituju. Jika Anda mengalami masalah dengan lokasi, pastikan tidak terletak di dinding yang berisi logam, seperti saluran AC. Lantai lantai yang terbuat dari logam juga dapat memengaruhi berbagai bangunan di lantai.
  • Untuk kelancaran cakupan dalam LAN Anda, tingkat sinyal di setiap titik harus tumpang tindih. Perangkat lunak yang tersedia yang dapat secara mulus melewati perubahan tingkat sinyal dari satu AP ke AP yang lain.

Ketika kekuatan sinyal kuat di dalam gedung, periksa kekuatan di luar gedung. Bawa penerima mobile sejauh di jalanan atau di sekitar gedung sebanyak mungkin, tanpa kehilangan kekuatan sinyal yang signifikan.

Untuk meningkatkan keamanan nirkabel, ketahui jenis jaringan yang digunakan oleh perusahaan di sekitar Anda. Pengetahuan ini akan membantu Anda memilih saluran yang tepat dan lokasi terbaik untuk PC Anda.

kembali ke atasback to top

Faktor yang memengaruhi jangkauan
Titik akses (AP) dapat mengirimkan sinyal hingga 60 kaki di area dengan banyak rintangan berdinding atau hingga 500 kaki di area terbuka yang luas. Rentang dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

  • Material bangunan, seperti baja dan dinding kering, dapat mempersingkat jangkauan sinyal radio.
  • Tata letak fisik area dapat mengganggu dan menyebabkan sinyal drop.
  • Kebisingan elektronik dari telepon seluler, oven microwave, atau perangkat lain pada frekuensi yang sama, dapat mengganggu transmisi sinyal.
  • Kecepatan data, memengaruhi jarak sinyal. Semakin cepat sinyal dikirim, semakin sedikit jarak mereka bepergian.

Mempertimbangkan faktor-faktor ini ketika Anda melakukan survei situs untuk WLAN Anda adalah kunci untuk menyediakan konektivitas seluler tanpa terganggu kepada pengguna. Menggunakan multiple APs dapat mengurangi dampak dari faktor-faktor ini jika area Anda memiliki dinding yang terbagi seluruhnya.

kembali ke atasback to top

Keamanan lebih kuat
Jaringan Anda masih rentan, bahkan setelah Anda mengaktifkan pengaturan keamanan yang didefinisikan dalam standar 802.11b, dan pengaturan keamanan perangkat keras Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan, sehingga semakin sulit bagi orang luar untuk mengakses jaringan Anda:

  • Ubah nama jaringan bawaan WLAN Anda. Setiap pengaturan bawaan pabrikan adalah pengetahuan publik.
  • Aktifkan enkripsi. Enkripsi TKIP memberikan perlindungan yang lebih besar daripada WEP.
  • Ubah kunci enkripsi Anda sesering mungkin. Ubah tombol (atau frasa pass) untuk mode preshared key (PSK) Wi-Fi Protected Access (WPA).
  • Aktifkan pemfilteran alamat MAC sehingga setiap titik akses (AP) dapat membuat daftar alamat MAC yang disetujui untuk WLAN Anda.
  • Jika Anda memiliki jaringan kecil, gunakan enkripsi jaringan privat virtual.
  • Jika Anda memiliki jaringan besar, Anda dapat menginstal gateway antara APs dan klien jaringan Anda.
  • Adaptor nirkabel Intel® dan Perangkat Lunak Intel® PROSet v7.1.4 dan versi yang lebih baru mendukung standar keamanan terbaru, termasuk WPA dan WPA2, untuk mengatasi masalah keamanan dari implementasi 802.11 asli. Unduh Perangkat Lunak dan Driver Intel® yang direkomendasikan untuk adaptor nirkabel Intel® Anda.
  • Pengguna Intel® Centrino® Mobile Technology dengan Koneksi Jaringan Intel® PRO/Wireless 2100 disarankan untuk meningkatkan sistem ke perangkat lunak terbaru.

kembali ke atasback to top