Pertanyaan yang sering diajukan untuk Intel® Performance Maximizer

Dokumentasi

Informasi & Dokumentasi Produk

000054873

08/12/2020

Intel® Performance Maximizer adalah alat overclocking inti prosesor otomatis yang inovatif. Alat ini memudahkan penyesuaian secara dinamis dan andal prosesor berdasarkan DNA performa individunya.

Intel Performance Maximizer

Produk

Klik atau pertanyaan untuk detailnya.

Apa manfaat menggunakan Intel® Performance Maximizer?

Manfaat menggunakan Intel® Performance Maximizer:

  • Alat gratis yang dapat didownload dari Intel download Center: prosesor Intel® Core™ generasi ke-9 dan prosesor Intel® Core™ X-Series
  • Otomatis dan mudah digunakan
  • Overclocking yang dipersonalisasi berdasarkan potensi performa prosesor individu
  • Pemantauan terus-menerus untuk stabilitas overclocking dan kemampuan untuk menguji kembali sesuai kebutuhan waktu
  • Menggunakan pengujian internal yang menyediakan cakupan Core prosesor maksimum
Siapakah target audiens untuk alat ini?

Alat ini untuk pengguna akhir termasuk gamer dan Kreator yang ingin memaksimalkan sistem mereka dengan mudah, tetapi mungkin tidak merasa nyaman dengan metode overclocking yang lebih canggih secara teknis.

Ada banyak alat overclocking gratis di luar sana. Apa yang membuat satu ini berbeda?

Intel® Performance Maximizer adalah alat khusus yang menawarkan overclocking otomatis yang dipersonalisasi berdasarkan DNA performa individu prosesor. Alat overclocking lain mungkin memerlukan pengguna akhir manual tuning yang melibatkan perubahan Knobs kompleks, menjalankan perangkat lunak pihak ketiga untuk memastikan stabilitas dan sangat menyita waktu percobaan dan kesalahan proses.

Apa prosesor Intel yang didukung untuk Intel® Performance Maximizer?

Prosesor Intel® Core™ (yang kompatibel) yang didukung (desktop) tercantum di bawah ini:

  • Prosesor generasi ke-10 Intel® Core™ (desktop) termasuk: i9-10900KF, i9-10900K, i7-10700KF, i7-10700K, i5-10600kf, dan i5-10600k.
  • Prosesor generasi ke-9 Intel® Core™ (desktop) termasuk: i9-9900K, I9-9900kf, i9-9900Ks, i7-9700K, I7-9700kf, i5-9600k, dan i5-9600kf 
  • Intel® Core™ prosesor X-Series (desktop) termasuk: i9-10980XE, I9-10940X, I9-10920x, dan   i9-10900x

Anda dapat mengidentifikasi prosesor Anda terlebih dahulu dan sebelum menginstal Intel® Performance Maximizer, jika tidak, Anda akan mendapatkan kesalahan menunjukkan produk tidak didukung.

Sistem operasi Apakah yang didukung Intel® Performance Maximizer? Aplikasi ini mendukung Windows® 10, 64-bit RS5 (versi 1809) atau sistem operasi yang lebih baru.
Di mana saya dapat menemukan petunjuk unduhan dan penginstalan Intel® Performance Maximizer?

Unduh prosesor Intel® Core™ generasi ke-10

Unduh prosesor Intel® Core™ generasi ke-9

Unduh prosesor Intel® Core™ X-Series.

Petunjuk penginstalan Intel® Performance Maximizer disediakan dalam panduan pengguna. Panduan pengguna dapat ditemukan di pusat unduhan Intel beserta penerapannya. Panduan pengguna dan catatan rilis yang sama digunakan untuk unduhan: Prosesor Intel® Core™ generasi ke-9 Dan Intel® Core™ prosesor seri X. Penginstalan memerlukan hak istimewa tingkat administrator; mengikuti unduhan, unzip paket ke folder lokal dan klik dua kali "Intel® _Performance_Maximizer" dijalankan, dan lanjutkan dari sana.

Teknis dan pemecahan masalah

Apa saja persyaratan sistem minimum untuk aplikasi ini?

Berikut ini adalah persyaratan sistem minimum untuk aplikasi ini:

  1. Prosesor Intel yang didukung tercantum di bawah ini:
    • Prosesor generasi ke-10 Intel® Core™ (desktop) termasuk: i9-10900KF, i9-10900K, i7-10700KF, i7-10700K, i5-10600kf, dan i5-10600k.
    • Prosesor generasi ke-9 Intel® Core™ (desktop): i9-9900K, i9-9900KF, i9-9900KS, i7-9700K, i7-9700KF, i5-9600k dan i5-9600kf.
    • Intel® Core™ prosesor X-Series (desktop): i9-10980XE, i9-10940X, i9-10920X dan i9-10900X.
  2. RAM 8 GB atau lebih
  3. Windows 10 64-bit Redstone 5 (versi 1809) atau yang lebih baru.
  4. Ruang bebas 16 GB pada drive non-removable GPT (tabel partisi GUID).
  5. Motherboard berbasis Chipset Intel® Z390 (prosesor Intel® Core™ generasi ke-9).
  6. Motherboard berbasis Chipset Intel® X299 (Intel® Core™ prosesor X-Series).
Apa persyaratan BIOS untuk aplikasi?

Intel® Performance Maximizer memerlukan pengaturan BIOS untuk berada dalam status default agar berjalan dengan benar, termasuk pengaturan berikut:

  • Overclocking Core prosesor harus diaktifkan.
  • Semua Core prosesor harus diaktifkan.
  • Intel® Hyper-threading Technology (Intel® HT Technology), jika didukung pada prosesor, harus diaktifkan.
  • Intel® Turbo Boost Technology 2,0 mode harus diaktifkan.
  • Mode boot harus diaktifkan UEFI.
  • Teknologi Intel SpeedStep® yang disempurnakan harus diaktifkan.
Apakah ada persyaratan untuk ruang disk?

Intel® Performance Maximizer memerlukan ruang disk kosong 16 GB.

CatatanAplikasi ini memungkinkan pengguna akhir untuk mengecilkan partisi disk yang sudah ada untuk menyediakan ruang disk 16 GB.

 

Mengapa kami memiliki dua versi Penginstal untuk Intel® Performance Maximizer prosesor Intel® Core™ generasi ke-9?

Kami memiliki dua versi installer karena kami memiliki pengujian yang berbeda untuk prosesor dengan hyperthreading (I9-9900k, I9-9900KF dan I9-9900KS) dan tanpa hyperthreading (I7-9700k, I7-9700kf dan i5-9600K, i5-9600kf).

Mengapa Intel® Performance Maximizer memerlukan waktu lama untuk mencirikan sistem saya?

Pengujian yang dibundel dengan Intel® Performance Maximizer dirancang untuk memberikan cakupan yang lebih tangguh untuk berbagai penggunaan dan aplikasi pengguna akhir. Cakupan ini diuji berdasarkan Core-by-Core. Memerlukan waktu beberapa jam untuk diselesaikan, bergantung pada jumlah Core prosesor dan potensi performa maksimum prosesor.

Apa yang terjadi jika saya menjalankan Intel® Performance Maximizer bersama dengan alat untuk meng-overclock memori dan/atau GPU?

Tidak ada jaminan kompatibilitas sistem overclock saat menggunakan alat overclocking lainnya, termasuk Intel® Extreme Tuning Utility.  Disarankan agar Anda tidak menggunakan Intel® Performance Maximizer dalam hubungannya dengan perangkat lunak overclocking lainnya.

Apa persyaratan sebelum menginstal aplikasi?

Sebelum menginstal Intel® Performance Maximizer, pengguna akhir harus mengetahui persyaratan berikut: (Lihat pertanyaan terkait di atas untuk detail lebih lanjut.)

  • Pastikan prosesor dan sistem operasi kompatibel.
  • Pastikan persyaratan sistem minimum terpenuhi.
  • Disarankan untuk mengatur ulang BIOS ke nilai default.
  • Pengaturan BIOS yang diperlukan akan diaktifkan.
  • Disarankan agar Anda tidak menggunakan Intel® Performance Maximizer dalam hubungannya dengan perangkat lunak overclocking lainnya.
  • Sistem ini memiliki satu hard drive GPT (tabel partisi GUID) yang tidak dapat dilepas yang memiliki ruang disk kosong 16 GB.
Bagaimana jika saya mencirikan prosesor saya dan tidak ada manfaat setelah menjalankan perangkat lunak?

Ada beberapa variabel yang dapat memengaruhi kemampuan prosesor untuk overclock, termasuk termal, listrik, keterbatasan sistem, dan BIOS yang tidak berada dalam konfigurasi default. Meningkatkan area ini dapat menghasilkan peluang yang lebih baik untuk meng-overclock prosesor.

Semua SKU prosesor akan melakukan overclock pada jumlah yang sama? Faktor apa yang memengaruhi hasil saya?

Intel tidak menjamin bahwa semua prosesor SKU melakukan overclock pada jumlah yang sama. Ada beberapa faktor sistem yang memengaruhi potensi overclocking maksimum prosesor, termasuk solusi termal/pendinginan dan konfigurasi sistem.

Jika pelanggan menghapus sistem operasi (OS Windows) dan menginstal ulang, apa yang terjadi dengan Intel® Performance Maximizer?

Jika pelanggan menyeka Windows 10, 64-bit RS5 (versi 1809) atau yang lebih baru dan menginstal ulang, Intel® Performance Maximizer harus diinstal ulang. Pengujian harus diaktifkan kembali untuk mengaktifkan overclocking melalui aplikasi ini.

Apa yang terjadi dengan Intel® Performance Maximizer jika kita menghentikan pengujian? Haruskah pengguna mencopot pemasangan dan menginstal ulang?

Jika Anda mengganggu pengujian sebelum mereka selesai dan boot kembali ke OS Windows, maka Intel® Performance Maximizer User Interface (UI) akan mencerminkan bahwa uji coba terganggu. Ini akan memberi Anda opsi untuk menjalankan kembali pengujian. Anda tidak perlu mencopot pemasangan dan menginstal ulang.

Intel® Performance Maximizer akan menandai kesalahan saat mengkarakterisasi, seperti masalah termal dengan sistem?

Selama proses karakterisasi, jika pelambatan panas atau listrik dijumpai selama uji coba, yang akan dianggap sebagai kegagalan atau ketidakstabilan untuk kombinasi rasio atau Voltase apa pun yang sedang diuji. Intel® Performance Maximizer akan beralih ke tahap berikutnya dalam proses pengujian.

Apakah prosesor secara otomatis dijalankan pada frekuensi yang di-overclock setelah pengujian Intel® Performance Maximizer berhasil diselesaikan?

Ya, prosesor secara otomatis dijalankan pada frekuensi yang di-overclock yang ditampilkan dalam aplikasi Intel® Performance Maximizer.

Mengapa saya dapat melihat perbedaan dalam hasil frekuensi prosesor antara aplikasi EFI shell dan aplikasi Windows Intel® Performance Maximizer (GUI)?

Untuk memastikan stabilitas Intel® Performance Maximizer perangkat lunak yang lebih baik dapat menerapkan pita pelindung (misalnya 100MHz) ke frekuensi inti prosesor yang telah diuji dengan sukses.  Untuk alasan ini, pengguna mungkin melihat perbedaan antara frekuensi overclocking maksimum yang telah teruji dan terakhir ditampilkan.

Apa yang terjadi dengan ruang disk 16 GB setelah mencopot Intel® Performance Maximizer?

Intel® Performance Maximizer membebaskan ruang disk 16 GB setelah mencopot pemasangan. Jika ruang disk ini awalnya dibawa keluar dari partisi, maka itu tidak digabung dengan partisi asli.

Akankah Intel® Performance Maximizer secara otomatis mengaktifkan Intel® Extreme Memory Profile (Intel® XMP) jika tersedia? Tidak, Intel® Performance Maximizer hanya akan melakukan overclock pada frekuensi prosesor.
Bisakah saya menggunakan Intel® Performance Maximizer jika Intel® XMP diaktifkan?

Tidak ada jaminan kompatibilitas sistem overclock saat menggunakan alat overclocking lainnya, termasuk Intel® XMP. Disarankan agar pengguna tidak menggunakan Intel® Performance Maximizer dalam hubungannya dengan perangkat lunak overclocking lainnya.

Dukungan

Apakah garansi prosesor kotak tidak berlaku jika menggunakan Intel® Performance Maximizer?

Ya. Garansi standar tidak berlaku jika prosesor beroperasi di luar spesifikasi. Namun, pelanggan memiliki opsi untuk membeli paket perlindungan penyetelan performa. Temukan informasi lebih lanjut tentang rencana perlindungan penyetelan performa dan cara membeli.

 

Perangkat lunak dan beban kerja yang digunakan dalam pengujian performa mungkin telah dioptimalkan hanya untuk performa pada mikroprosesor Intel. Pengujian performa, seperti SYSmark * dan MobileMark *, diukur menggunakan sistem komputer, komponen, perangkat lunak, operasi, dan fungsi tertentu. Perubahan apa pun terhadap salah satu faktor tersebut dapat menyebabkan hasil yang bervariasi. Anda harus berkonsultasi dengan informasi lain dan pengujian performa untuk membantu Anda dalam mengevaluasi sepenuhnya pembelian yang direnungkan, termasuk performa produk tersebut saat digabungkan dengan produk lain. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi www.Intel.com/benchmarks.

Fitur dan keunggulan teknologi Intel bergantung pada konfigurasi sistem dan mungkin memerlukan perangkat keras yang diaktifkan, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Performa bervariasi, bergantung pada konfigurasi sistem. Tidak ada produk atau komponen yang bisa benar-benar aman. Hubungi produsen atau peritel sistem Anda, atau Pelajari lebih lanjut di Intel.com.

Mengubah frekuensi atau tegangan Clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lainnya, serta dapat mengurangi stabilitas dan performa sistem.  Garansi produk mungkin tidak berlaku jika prosesor dioperasikan melebihi spesifikasinya.  Periksa dengan produsen sistem dan komponen untuk detail tambahan.