ID Artikel: 000057219 Jenis Konten: Perawatan & Kinerja Terakhir Ditinjau: 05/01/2023

Apakah Mungkin Mengonfigurasi Memori Persisten Intel® Optane™ tanpa Memformat Disk atau Menggunakan Sistem File?

Lingkungan

Linux*

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT
Ringkasan

Mengonfigurasi memori persisten Intel® Optane™ tanpa pemformatan disk atau membuat sistem file dengan mengaturnya dalam mode devdax.

Deskripsi

Apakah mungkin untuk mengakses Intel® Optane™ PMem (app direct mode) di ruang pengguna tanpa memformat disk?
Kit Pengembangan Memori Persisten (PMDK) harus memerlukan DCPM pemasangan dengan sistem file, dan berfungsi seperti perangkat blok.

Resolusi

Dengan menggunakan memori persisten Intel® Optane™ (PMem) dalam mode devdax , dimungkinkan untuk memetakan memori perangkat tersebut. Karena byte-addressable, tidak memerlukan sistem file.

Manfaat utama dari memiliki sistem file adalah memberikan akses multi-tenansi yang aman ke memori persisten.

Keamanan mode Devdax sederhana (berdasarkan akses ke perangkat /dev/dax*) dan tidak memberikan dukungan apa pun untuk multi tenancy. (Secara teori bisa membangun sendiri, tetapi kemudian akan berakhir dengan sesuatu yang terlihat seperti sistem file berkemampuan dax.)

Dimungkinkan untuk memodifikasi pustaka alokasi (libvmmalloc) untuk bekerja dengan perangkat devdax selain akses fsdax yang biasanya didukungnya.

Perhatikan bahwa tidak seperti mode fsdax, di mana sistem file memainkan peran dalam menentukan ukuran halaman yang digunakan (4 KB atau 2 MB) mode devdax menggunakan karakteristik keselarasan dari Intel® Optane™ PMem itu sendiri (4 KB, 2 MB, atau 1 GB). Terlepas dari keselarasan entri TLB 1 GB, keselarasan 1 GB untuk devdax Intel® Optane™ PMem menghasilkan performa terbaik di berbagai beban kerja. (Tidak pernah lebih lambat, kadang-kadang sebanyak 68% lebih baik tergantung pada beban kerja.) Pustaka libpmem (dan libpmem2 setelah dirilis) juga berfungsi dengan devdax.

Kesimpulannya, Anda dapat hanya mmap itu tetapi berhati-hatilah terhadap batasan yang tercantum di atas karena sebagian besar pustaka PMDK hanya dapat menggunakan devdax untuk pool.

Informasi tambahan
  • Persistent Memory Development Kit (PMDK) adalah kumpulan pustaka sumber terbuka dan alat yang tersedia saat ini untuk Linux* dan Windows*.
  • Direct Access DAX adalah ekstensi sistem file untuk melewati cache halaman dan memblokir lapisan ke memori persisten mmap, dari perangkat blok PMEM, langsung ke ruang alamat proses. Direct Access (DAX) adalah mekanisme yang memungkinkan aplikasi untuk secara langsung mengakses media persisten dari CPU (melalui beban dan toko), melewati stack I/O tradisional (cache halaman dan lapisan blok). Sistem file yang telah diperluas untuk memori persisten yang didukung DAX mencakup Linux ext4 dan XFS, serta Windows NTFS. Sistem file ini memintas subsstem I/O untuk secara langsung menggunakan memori persisten sebagai memori load/store byte-addressable sebagai jalur tercepat dan terpendek ke data yang disimpan di memori persisten. Selain menghilangkan operasi I/O, jalur ini memungkinkan penulisan data kecil untuk dijalankan lebih cepat dibandingkan dengan perangkat penyimpanan blok tradisional.

Isi halaman ini adalah kombinasi terjemahan manusia dan komputer dari konten berbahasa Inggris. Konten ini diberikan hanya untuk kenyamanan Anda serta sebagai informasi umum dan tidak bisa dianggap sebagai lengkap atau akurat. Jika terdapat kontradiksi antara versi bahasa Inggris halaman ini dan terjemahannya, versi bahasa Inggris akan didahulukan. Lihat versi bahasa Inggris halaman ini.