Pembaruan Memori Intel® Transactional Synchronization Extensions (Intel® TSX) dan Pemantauan Performa untuk Prosesor Intel®

Dokumentasi

Informasi & Dokumentasi Produk

000059422

23/06/2023

Intel® Platform Update (IPU) 2021.2 dan versi yang lebih baru mencakup pembaruan mikrokode yang akan memengaruhi perilaku Intel® Transactional Synchronization Extensions (Intel® TSX) dan Performance Monitoring Unit (PMU) pada prosesor berikut:

Tabel 1: Prosesor yang Terkena IPU 2021.1 Perubahan pada Intel TSX dan PMU

Model Keluarga Melangkah Rangkaian Prosesor/Nomor Prosesor
06_4EH, 06_5EH Semua Rangkaian produk Prosesor Intel® Core™ generasi ke-6 dan Prosesor Intel® Xeon® E3-1500m v5 dan rangkaian produk E3-1200 v5 berbasis mikroarsitektur Skylake
06_8EH <=0xB Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-7/ke-8 dan Prosesor intel® Pentium® berbasis mikroarsitektur Kaby Lake/Coffee Lake/Whiskey Lake
06_9EH <=0xC Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-8/ke-9 dan Prosesor intel® Pentium® berbasis mikroarsitektur Coffee Lake

Intel® TSX adalah teknologi untuk memungkinkan memori transaksi perangkat keras. PMU mengukur peristiwa performa menggunakan penghitung performa. Untuk detail lebih lanjut tentang Intel® TSX, lihat Sumber Daya Web Tentang Intel® Transactional Synchronization Extensions. Untuk detail lebih lanjut tentang PMU, lihat bagian Pemantauan Performa di Manual Pengembang Perangkat Lunak Intel® (Intel® SDM) Volume 3.

Ketika pembaruan mikrokode IPU 2021.1 dan yang lebih baru diterapkan, perubahan berikut akan terjadi pada prosesor yang terkena:

  • Intel® TSX akan dinonaktifkan secara bawaan.
  • Prosesor akan membatalkan semua transaksi Memori Transaksi terbatas (RTM) secara bawaan.
  • CPUID bit CPUID.07H.0H.EDX[11](RTM_ALWAYS_ABORT) baru akan didahulukan, yang diatur untuk mengindikasikan ke perangkat lunak yang diperbarui bahwa mikrokode yang dimuat memaksa RTM dibatalkan. Informasi tentang instruksi CPUID ada di bagian Identifikasi Prosesor dan Penentuan Fitur di Intel® SDM.
  • Pada prosesor yang menghitung dukungan untuk RTM, bit enumerasi CPUID untuk Intel TSX (CPUID.07H.0H.EBX[11] dan CPUID.07H.0H.EBX[4]) terus diatur secara bawaan setelah pembaruan mikrokode.
  • Beban kerja yang diuntungkan dari Intel® TSX mungkin mengalami perubahan performa.
  • Perangkat lunak sistem dapat menggunakan fungsionalitas baru dalam Model-Specific Register (MSR) 0x10F TSX_FORCE_ABORT[TSX_CPUID_CLEAR] untuk menghapus bit Hardware Lock Elision (HLE) dan RTM untuk mengindikasikan perangkat lunak yang Intel® TSX dinonaktifkan.

Selain itu, Intel TSX akan dinonaktifkan secara bawaan dalam dua CPUID tambahan dengan IPU 2021.2.

Tabel 2: Prosesor yang Terkena IPU 2021.2 Perubahan pada Intel TSX

Model Keluarga Melangkah Rangkaian Prosesor/Nomor Prosesor
06_8EH 0xC Prosesor Intel® Core™ generasi ke-8/ke-10, prosesor Intel® Pentium™, dan prosesor Intel® Celeron® berbasis mikroarsitektur Whiskey Lake, Comet Lake, dan Amber Lake
06_9EH 0xD Prosesor Intel® Core™ generasi ke-9 dan prosesor Intel® Xeon® E berbasis mikroarsitektur Coffee Lake H

Ketika mikrokode IPU 2021.2 dimuat, perubahan yang sama yang diterapkan pada prosesor dalam Tabel 1 juga akan berlaku untuk prosesor yang tercantum dalam Tabel 2, dengan dua perbedaan:

  • PMU pada prosesor ini tidak terpengaruh oleh pembaruan mikrokode.
  • Pada prosesor ini, perangkat lunak sistem dapat menggunakan sedikit dalam 0x122 Model-Specific Register (MSR), TSX_CTRL[TSX_CPUID_CLEAR], untuk menghapus bit Hardware Lock Elision (HLE) dan CPUID RTM untuk mengindikasikan perangkat lunak yang Intel TSX dinonaktifkan.

Dampak Pemantauan Performa dari Masalah Pemesanan Memori Sinkronisasi Transaksional Intel® (PDF) memberikan detail tentang perubahan perilaku Intel TSX dan PMU karena mikrokode yang diperbarui dalam IPU 2021.1 dan versi yang lebih baru dan merupakan panduan untuk pengembang driver PMU dan pengembang alat performa. Intel tidak mengharapkan pembaruan mikrokode ini memengaruhi pengguna yang tidak menggunakan PMU, atau yang hanya menggunakan driver dan alat PMU yang diperbarui. Beberapa pengguna tingkat lanjut dari pemantauan performa (Perfmon) mungkin perlu mengubah skrip dan metodologi koleksi mereka. Intel® Transactional Synchronization Extension (Intel® TSX) Disable Update for Selected Processor Technical Paper (PDF) memberikan detail tentang perubahan perilaku Intel TSX karena mikrokode yang diperbarui pada IPU 2021.2. Makalah teknis ini juga harus ditinjau oleh pengembang yang menggunakan Intel® Software Guard Extensions (Intel® SGX).

Catatan: File PDF memerlukan Adobe Acrobat Reader*