Fitur Spesial GUI Penganalisis Waktu

author-image

Oleh

Timing Analyzer memberikan antarmuka pengguna grafis (GUI) intuitif dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda secara efisien membatasi dan menganalisis desain Anda (lihat Gambar 1).

Gambar 1. GUI penganalisis waktu.

Panel Tampilan

Panel Tampilan adalah area tampilan utama untuk hasil analisis waktu. Anda dapat menggunakan panel Tampilan untuk melihat laporan ringkasan, laporan kustom, atau histogram. Gambar 2 menunjukkan panel Tampilan setelah Anda memilih laporan Ringkasan (Pengaturan) dari panel Laporan.

Gambar 2. Laporan ringkasan (pengaturan).

Lihat Panel: Pemisahan

Untuk analisis hasil waktu yang tepat, perbandingan beberapa laporan sangat penting. Untuk memfasilitasi beberapa tampilan laporan, panel Tampilan mendukung pemisahan jendela. Pemisahan jendela membagi panel Tampilan menjadi beberapa jendela, memungkinkan Anda untuk melihat laporan yang berbeda secara berdampingan.

Anda dapat membagi panel Tampilan menjadi beberapa jendela menggunakan ikon terpisah yang terletak di sudut kanan atas panel Tampilan. Seret ikon ke arah yang berbeda untuk menghasilkan tampilan jendela tambahan di panel Tampilan.

Panel Tampilan Terpisah Secara Horizontal

Misalnya, jika Anda menyeret ikon terbagi ke bawah, panel Tampilan membuat jendela baru di atas jendela saat ini (Lihat Gambar 3).

Gambar 3. Membagi panel tampilan secara horizontal.

Panel Tampilan Terpisah ke Kiri

Jika Anda menyeret ikon terbagi ke kiri, panel Tampilan akan membuat jendela baru di sebelah kanan jendela saat ini (lihat Gambar 4).

Gambar 4. Membagi panel tampilan ke kiri.

Pisahkan Panel Tampilan Secara Diagonal

Jika Anda menyeret ikon terpisah secara diagonal, panel Tampilan membuat tiga jendela baru di panel Tampilan (lihat Gambar 5).

Seret ikon terbagi ke bawah untuk membuat jendela baru tepat di bawah jendela saat ini.

Gambar 5. Membagi panel tampilan secara diagonal.

Menghapus Panel Split View

Anda dapat menghapus jendela yang Anda buat di panel Tampilan menggunakan ikon terbagi dengan menyeret batas jendela di atas jendela yang ingin Anda hapus.

Gambar 6. Menghapus panel tampilan terpisah.

Panel Tugas

Gunakan panel Tugas untuk mengakses perintah umum seperti pembuatan laporan pengaturan netlist.

Dua perintah umum terletak di panel Tugas: Buka Proyek dan Tulis File SDC. Perintah lainnya terdapat dalam folder berikut:

Catatan: Setiap perintah di panel Tugas memiliki perintah bahasa perintah alat (Tcl) yang setara yang ditampilkan di panel Konsol saat perintah berjalan.

Buka Proyek dan Tulis File SDC

Untuk membuka proyek di Penganalisis Waktu, klik dua kali tugas Open Project. Jika Anda meluncurkan Penganalisis Waktu dari GUI perangkat lunak Quartus® II, proyek akan terbuka secara otomatis.

Anda dapat menambahkan atau menghapus batasan dari netlist waktu setelah Penganalisis Waktu membaca berkas Synopsys® Design Constraints (SDC) awal. Setelah file dibaca, berkas SDC awal menjadi ketinggalan zaman dibandingkan dengan batasan di Penganalisis Waktu. Gunakan perintah Tulis File SDC untuk menghasilkan file SDC yang terbaru dan mencerminkan kondisi batasan saat ini di Penganalisis Waktu.

Folder Pengaturan Netlist

Folder Pengaturan Netlist berisi tugas-tugas yang digunakan untuk mengatur daftar waktu untuk analisis waktu. Tiga tugas yang terletak di folder ini tercantum dalam Tabel 1.

Tabel 1. Perintah Folder Pengaturan Netlist

Deskripsi
Tugas Pengaturan Netlist
Buat Timing Netlist Membuat netlist yang digunakan Timing Analyzer untuk melakukan analisis waktu statis. Netlist ini hanya digunakan untuk analisis waktu oleh Timing Analyzer. (1)
Baca File SDC Menerapkan batasan pada netlist waktu. Secara bawaan, perintah Baca File SDC membaca revisi <current>.sdc file. (2)
Perbarui Netlist Waktu Perbarui netlist waktu setelah Anda memasukkan batasan. Gunakan perintah ini jika ada batasan yang ditambahkan atau dihapus dari desain.

Catatan:

  1. Selalu buat netlist waktu sebelum Anda melakukan analisis waktu statis dengan penganalisis waktu Timing Analyzer.
  2. Gunakan perintah read_sdc untuk membaca berkas SDC yang tidak terkait dengan revisi desain saat ini.

Folder Laporan

Folder Laporan berisi perintah untuk menghasilkan laporan ringkasan waktu dari hasil analisis waktu statis. Sembilan perintah yang terletak di folder ini dirangkum dalam Tabel 2.

Tabel 2. Perintah Folder Laporan

Deskripsi
Tugas Laporan
Ringkasan Pengaturan Laporan Menghasilkan laporan ringkasan pengaturan clock untuk semua clock dalam desain.
Ringkasan Penahanan Laporan Menghasilkan laporan ringkasan clock hold untuk semua clock dalam desain.
Ringkasan Pemulihan Laporan Menghasilkan laporan ringkasan pemulihan untuk semua clock dalam desain.
Ringkasan Penghapusan Laporan Menghasilkan laporan ringkasan penghapusan untuk semua clock dalam desain.
Laporkan Clock Menghasilkan laporan ringkasan semua clock yang dibuat dalam desain.
Transfer Clock Laporan Menghasilkan laporan ringkasan semua transfer clock yang terdeteksi dalam desain.
Laporkan Lebar Denyut Minimum Menghasilkan laporan ringkasan semua lebar denyut minimum dalam desain.
Laporkan SDC Menghasilkan laporan ringkasan batasan yang dibaca dari berkas SDC.
Laporkan Jalur Yang Tidak Dibatasi Menghasilkan laporan ringkasan semua jalur yang tidak dibatasi dalam desain.

Folder Makro

Folder Makro berisi perintah yang melakukan tugas kustom yang tersedia dalam paket utilitas Timing Analyzer. Perintah ini tercantum dalam Tabel 3.

Tabel 3. Perintah Folder Makro

Deskripsi
Tugas Makro
Laporkan Semua Ringkasan Menjalankan Ringkasan Pengaturan Laporan, Ringkasan Penahanan Laporan, Ringkasan Pemulihan Laporan, Ringkasan Penghapusan Laporan, dan perintah Lebar Pulsa Minimum untuk menghasilkan semua laporan ringkasan.
Laporkan Jalur Gagal Teratas Menghasilkan laporan yang berisi daftar jalur kegagalan teratas.
Buat Histogram Semua Clock Menjalankan perintah Create Slack Histogram untuk menghasilkan histogram clock untuk semua clock dalam desain.

Panel Konsol

Panel Konsol adalah pusat pesan untuk Penganalisis Waktu, dan Tcl interaktif. Memori ini memiliki dua tab: tab Konsol dan tab Riwayat. Semua pesan (seperti info dan pesan peringatan) muncul di panel ini.

Tab Konsol memungkinkan Anda untuk masuk dan menjalankan perintah SDC dan Tcl. Ini juga menunjukkan Tcl yang setara dengan semua perintah yang Anda jalankan di panel Tugas.

Tab Riwayat merekam semua perintah SDC dan Tcl yang telah dijalankan.

Catatan: Untuk menjalankan perintah yang terletak di tab Riwayat setelah netlist waktu telah diperbarui, klik kanan perintah, dan klik Jalankan kembali.

Anda dapat menyalin perintah Tcl dari tab Konsol dan Riwayat untuk menghasilkan skrip Tcl dengan mudah untuk melakukan analisis waktu.

Panel Laporan

Gunakan panel Laporan untuk mengakses semua laporan yang dihasilkan dari panel Tugas, dan perintah laporan kustom apa pun. Saat Anda memilih laporan di panel Laporan, laporan diperlihatkan di jendela aktif di panel Tampilan.

Catatan: Jika laporan sudah kedaluwarsa terkait dengan batasan saat ini, ikon "?" akan ditampilkan di samping laporan.

Menu Batasan

Anda dapat menggunakan menu Batasan untuk mengakses batasan, pengecualian, dan perintah yang umum digunakan. Perintah berikut tersedia pada menu Batasan:

  • Buat Clock
  • Buat Clock yang Dihasilkan
  • Mengatur Latensi Clock
  • Mengatur Ketidakpastian Clock
  • Hapus Clock

Misalnya, Anda dapat menggunakan kotak dialog Buat Clock untuk membuat clock di desain Anda.

Gambar 7. Buat kotak dialog clock.

Perintah berikut menentukan pengecualian waktu, dan juga tersedia pada menu Batasan:

  • Atur Jalur False
  • Atur Jalur Multicycle
  • Atur Penundaan Maksimum
  • Atur Penundaan Minimum

Semua kotak dialog yang digunakan untuk menentukan batasan waktu atau pengecualian dari perintah yang memiliki bidang perintah SDC. Bidang ini berisi batasan file SDC yang dijalankan saat Anda mengklik OK.

Catatan: Semua perintah dan batasan yang dibuat dalam antarmuka pengguna Timing Analyzer digaungkan di panel Konsol.

Batasan yang ditentukan dengan perintah menu Batasan tidak disimpan ke file SDC saat ini secara otomatis. Anda harus menjalankan perintah Tulis File SDC untuk menyimpan batasan Anda. Perintah SDC berikut tersedia pada menu Batasan di Penganalisis Waktu:

  • Hasilkan File SDC dari QSF
  • Baca File SDC
  • Tulis Berkas SDC

Perintah Generate SDC File dari QSF menjalankan skrip Tcl yang mengonversi batasan Classic Timing Analyzer dalam file QSF ke file SDC untuk Penganalisis Waktu. Revisi file <current>.sdc dibuat oleh perintah ini.

Pencari Nama

Gunakan kotak dialog Pencari Nama untuk memilih target untuk batasan atau pengecualian apa pun di GUI Penganalisis Waktu. Pencari Nama memungkinkan Anda untuk menentukan pilihan koleksi, filter, dan filter. Bidang Koleksi di kotak dialog Pencari Nama memungkinkan Anda untuk menentukan jenis nama yang akan dipilih. Untuk memilih jenisnya, pada daftar Koleksi, pilih antarmuka program aplikasi koleksi (API) yang diinginkan, termasuk:

  • get_cells
  • get_clocks
  • get_keepers
  • get_nets
  • get_nodes
  • get_pins
  • get_ports
  • get_registers

Catatan: Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai API koleksi, lihat Koleksi.

Bidang Filter memungkinkan Anda untuk menyaring nama berdasarkan kriteria Anda sendiri termasuk karakter wildcard. Anda dapat menyempurnakan hasil Anda lebih lanjut menggunakan opsi filter berikut:

  • Tidak sensitif kasus
  • Hirarkis
  • Mode kompatibilitas

Kotak dialog Pencari Nama juga menyediakan bidang perintah SDC yang menampilkan perintah pencarian nama yang dipilih saat ini. Anda dapat menyalin nilai dari bidang ini dan menggunakannya untuk bidang target batasan lainnya. Kotak dialog Pencari Nama diperlihatkan dalam Gambar 8.

Gambar 8. Kotak dialog pencari nama.

Isi halaman ini adalah kombinasi terjemahan manusia dan komputer dari konten berbahasa Inggris. Konten ini diberikan hanya untuk kenyamanan Anda serta sebagai informasi umum dan tidak bisa dianggap sebagai lengkap atau akurat. Jika terdapat kontradiksi antara versi bahasa Inggris halaman ini dan terjemahannya, versi bahasa Inggris akan didahulukan. Lihat versi bahasa Inggris halaman ini.