PC vs. Mac: Perdebatan Besar

Perbedaan antara dua komputer telah menjadi tidak kentara dan berfokus pada selera pribadi.

Pembeli komputer masa kini memiliki pilihan dua standar platform perangkat lunak yang hebat di Windows dan Mac, tetapi batas-batasnya tak lagi jelas antara jenis komputer, yang umumnya memiliki CPU Intel®.

Dalam lingkaran komputasi, “PC vs. Mac” telah lama menjadi topik debat, pendukung kedua kubu merasa begitu yakin bahwa miliknya lebih baik sehingga lebih baik memperjelas subjeknya daripada akhirnya terjadi debat kusir. Di saat Mac dan PC masih memiliki pengikut yang setia, perbedaan antara dua jenis komputer itu secara dramatis semakin berkurang selama bertahun-tahun. Hasilnya adalah keputusan Anda tergantung pada preferensi Anda sendiri—tetapi Anda benar-benar tidak boleh salah pilih. Kini tak lagi tentang perangkat keras dan perangkat lunak, tapi gaya dan selera pribadi.

Ekosistem: Menurut Anda Sederhana Lebih Baik atau Kompleks Lebih Baik?

Bila Anda membeli Mac, Anda membeli filosofi dan juga teknologi komputer. Perusahaan yang sama menghasilkan perangkat keras dan perangkat lunak, dan komputernya memiliki sensibilitas estetis yang sama dengan ponsel dan tablet Apple*. Mac hanya menawarkan enam gaya komputer dengan keterbatasan pilihan konfigurasi, “pendekatan terbaik dari yang terbaik” yang meniadakan perlunya menelusuri opsi secara berlebihan. Jika Anda tidak suka pertimbangan panjang akan RAM, ruang disk, dan komponen perangkat keras lainnya, Mac melakukan sebagian besarnya untuk Anda.

Dengan PC, kira-kira selusin produsen besar menghasilkan perangkat keras, dan sebagian besar menjalankan sistem operasi Windows. Anda dapat memiliki ratusan pilihan gaya dan konfigurasi, memungkinkan Anda menemukan apa yang benar-benar diinginkan, meskipun mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dan pertimbangan. Apakah yang kompleks lebih baik atau kurang baik sering kali tergantung selera.

Harga: Jangan Hanya Melihat Label Harga

Mac telah lama menyandang reputasi harga premium jika dibandingkan dengan PC, walaupun para pendukungnya akan mengatakan bahwa itu hanyalah biaya untuk komponen yang lebih berkualitas yang memberikan performa dan keandalan yang lebih baik.

Membuat perbandingan setara terkait harga PC vs. Mac selalu menjadi hal yang sulit, karena PC dan Mac biasanya memiliki berbagai perangkat lunak dan komponen berbeda yang sudah diinstal sebelumnya, seperti kartu grafis, port, dan kecepatan prosesor. Model standar Mac cenderung menawarkan lebih sedikit ruang memori dan hard drive, jadi Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi.

Karena harganya lebih murah, PC sering kali menjadi pilihan bagi orang-orang yang memerlukan fungsi dasar komputasi, seperti pengolah kata dan penjelajahan web, sementara para profesional kreatif yang menjalankan tugas seperti desain atau pengeditan video bersedia mengeluarkan uang tambahan untuk produk Apple. Artinya, premium bagi para pencinta Apple hanya terlihat sebagai sedikit tambahan beberapa ratus dolar, menjadikan harga sebagai pertimbangan kecil.

Perawatan: Apakah Anda Pemecah Masalah?

Seperti Mac yang menawarkan sedikit pilihan, sistem cenderung tetap seperti itu, biasanya hanya hard drive dan RAM yang dapat ditingkatkan. PC, yang hadir dalam begitu banyak model dari berbagai vendor, biasanya memungkinkan komponen perangkat keras individu untuk diganti, dari unit pemrosesan pusat (CPU) hingga layar. Apa yang penting mungkin bergantung pada cara Anda menggunakan komputer, berapa lama Anda berencana mempertahankannya, dan apakah Anda mahir menangani beberapa pemeliharaan sendiri.

Karena Apple membuat perangkat keras dan perangkat lunak, Anda memiliki satu tempat utama untuk didatangi saat memiliki masalah, dan masalah biasanya dapat diselesaikan dengan cepat. Dengan PC, vendor yang berbeda membuat perangkat keras dan perangkat lunak serta pemecahan masalahnya menjadi lebih rumit. Sebagian untuk musim ini, Apple selalu menerima nilai tinggi dari pemilik Mac terkait layanan pelanggan.

Perangkat Lunak: Pilihan Anda Mungkin Berada di Atas Awan

Di masa lalu, mudah untuk memilih Mac atau PC berdasarkan jenis perangkat lunak yang Anda butuhkan. Alat bantu produktivitas bisnis adalah domain sistem operasi Windows, sementara aplikasi pengeditan, foto, dan aplikasi kreatif lainnya jelas adalah dunia Mac.

Dan walaupun PC cenderung mendominasi di tempat kerja, banyak program perangkat lunak untuk penggunaan profesional, termasuk Microsoft* Office dan Adobe* Creative Suite, memiliki versi untuk kedua sistem operasi. Perangkat lunak juga telah menjadi masalah yang lebih kecil karena banyak orang tidak lagi memuat perangkat lunak pada komputer mereka tetapi terus menggunakan langganan untuk perangkat lunak yang dapat diakses melalui cloud. Jika Anda melakukan streaming video di YouTube, misalnya, browser tidak peduli apa jenis komputer atau sistem operasi yang digunakan.

Bermain Game: Tutup Jendela untuk yang Satu Ini

Pemain game selalu berbondong-bondong ke PC, dan hal itu tidak akan berubah dalam waktu dekat. PC sekarang dapat melakukan streaming game Xbox One dan PlayStation 4, dan sejumlah judul tersedia pada PC, mengalahkan Mac. Jadi jika game lebih dari sekadar bersenang-senang di rumah Anda, PC-lah pemenangnya.

Menjadi Ekspresif: PC Menekankan Ucapan dan Sentuhan

Bagi semua pengguna Mac yang berhasrat, pendukung PC sekarang dapat dengan jujur mengatakan bahwa mereka memiliki hubungan yang lebih ekspresif dengan komputer mereka. Versi baru dari sistem operasi Windows telah menggunakan sentuhan dan ucapan, seperti fitur baru Cortana* pada Windows* 10, yang memungkinkan perintah suara untuk menjadwalkan janji temu. Apple telah mengintegrasikan perangkat lunak pengenalan suaranya, Siri, ke dalam model desktop-nya, tetapi belum memperkenalkan fitur sentuh ke sistem operasinya, OS* X.

Jadi, jika Anda memilih berbicara ke komputer, atau menggerakkan jari pada layar, keyboard, dan mouse, PC menawarkan keuntungan yang jelas.

Keamanan: Mac Masih Unggul

Pada suatu waktu, PC terkenal sering mengalami gangguan, tetapi sistem operasi Windows telah menjadi jauh lebih andal. Saat perangkat keras dan perangkat lunak Mac dikenal akan stabilitasnya, perbedaannya di sini telah berkurang.

Kemungkinan mendapatkan virus atau malware dengan PC tetap lebih tinggi dibandingkan dengan Mac, tetapi ini hanyalah sebuah angka, bukannya teknologi. Sekitar 7,5% dari komputer yang digunakan adalah Mac, menurut IDC, jadi peretas menghabiskan lebih banyak waktu dan kreativitas untuk menyerang PC.

Walau demikian, serangan ke Mac mulai muncul, seperti ransomeware Key ranger yang menyerang sistem operasi OS* X tahun lalu dan mengenkripsi semua file pada hard drive hingga pengguna harus membayar uang jaminan. Program antivirus yang sesuai dan perlindungan lainnya akan menjaga sistem tetap aman, tetapi PC akan berisiko lebih besar.

Pilihan:

PC dan Mac menawarkan beberapa perbedaan jelas; manakah dari perbedaan-perbedaan itu yang paling penting adalah keputusan dari tiap orang itu sendiri. Karena harga dan ketersediaan, PC cenderung menjadi pemenang, sementara Mac tetap menjadi pilihan bagi pengguna komputer yang lebih elit atau anti-Windows. Dengan cara mana pun, Anda tidak akan keliru. Ini benar-benar merupakan masa keemasan komputer.

Sistem Desktop

Lihat ulasan terbaru desktop berbasis Intel®.

Pelajari lebih lanjut

Sistem Laptop

Lihat ulasan terbaru laptop berbasis Intel®.

Pelajari lebih lanjut

Sistem Desktop Mac

Lihat sistem desktop berbasis Intel® dari Apple.

Pelajari lebih lanjut

Sistem Laptop Mac

Lihat ulasan terbaru laptop berbasis Intel®.

Pelajari lebih lanjut