Apakah Perlu Meningkatkan ke Windows* 10?

Peningkatan ke Windows* 10 memberikan fitur dan kapabilitas baru, tetapi apakah sesuai untuk Anda?

Pelajari apakah meningkatkan ke Windows* 10 adalah pilihan yang tepat bagi Anda dan apakah komputer Anda memiliki persyaratan yang tepat untuk menjalankannya dengan semestinya1.

Saat Windows* 10 keluar pada 29 Juli 2015, banyak pihak yang ragu dengan kinerjanya, namun seiring waktu, peningkatan keamanan, penyempurnaan fitur personalisasi, dan detail pada permainan game mematahkan berbagai macam kritik. Secara keseluruhan, Windows* 10 adalah sistem operasi (OS) yang sangat stabil, aman, dan penuh fitur. Penggunaan Windows* 10 akan menguntungkan kebanyakan orang, dan dalam artikel ini, kami akan membahas apakah ini adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Alasan Utama Meningkatkan ke Windows* 10

Tiga alasan utama Anda harus meningkatkan ke Windows:

  • Peningkatan antarmuka (menu Mulai) dan personalisasi
  • Fitur keamanan yang disempurnakan
  • Penambahan permainan yang hebat

Antarmuka dan Personalisasi yang Disempurnakan

Meningkatkan cara kita berinteraksi dengan PC adalah salah satu penyempurnaan utama dalam Windows* 10. Dengan mengembalikan menu Mulai dan memperkenalkan Cortana* (seorang asisten pribadi), Microsoft meningkatkan antarmuka pengguna (UI) dan mendapatkan poin lebih dari para pengguna yang lebih menyukai kesederhanaan.

Menu Mulai

Menu Mulai Microsoft diperkenalkan dengan Windows* 95 lebih dari 20 tahun yang lalu. Sejak saat itu, menu ini telah melalui banyak iterasi, tetapi tidak ada perubahan besar dibuat hingga rilis Windows* 8 saat menu Mulai digantikan dengan Layar Mulai dan "live tiles". Antarmuka berbasis sentuh dan layar penuh aplikasi agak merepotkan pengguna. Microsoft mendengar kritik itu dengan saksama.

Windows* 10 tidak hanya mengembalikan menu Mulai, tetapi juga ditambahkan dalam fitur terbaik Layar Mulai Windows* 8. Dengan menggunakan menu Mulai baru di Windows* 10, Anda dapat:

  • Mengubah ukurannya dengan menyeret batas atau sudut menu Mulai
  • Menyusun, menambah, atau menghapus salah satu ubin, program, atau aplikasi yang muncul di menu Mulai
  • Mempersonalisasi sepenuhnya dengan mengubah skema warna dan pengaturan lainnya

Cortana*

Cortana* adalah asisten digital pribadi yang tertanam dalam OS Windows* 10. Lebih dari sekadar mesin pencarian, Cortana* dapat menjawab pertanyaan, mencari seluruh PC untuk menemukan file atau dokumen, menyediakan pengingat, melacak penerbangan, atau bahkan bercanda dengan Anda. Cortana* juga tersedia di perangkat Android dan konsol Xbox One.

Browser Edge*

Microsoft mengucapkan selamat tinggal pada Internet Explorer di Windows* 10 dan memperkenalkan browser barunya—Edge*. Menurut Microsoft, browser ini dibuat dari nol hingga mampu memberikan cara mudah yang sederhana dan modern untuk menjelajahi Web dan memanfaatkan kecanggihan masa depan.

Fitur barunya memungkinkan Anda:

  • Mempratinjau beberapa halaman dengan mengarahkan kursor di atas tab yang terbuka
  • Menyematkan tab ke bilah browser untuk akses sekali klik ke situs yang sering dikunjungi
  • Berinteraksi dengan Cortana* sembari Anda menelusuri untuk menerima promo, kupon, dan pemberitahuan

Desktop Virtual

Seperti yang sudah diketahui pengguna Mac dan Linux, desktop virtual amat tepat bagi mereka yang membuka banyak program sekaligus tetapi ingin mempertahankan segala sesuatunya tetap tertata. Tujuan Microsoft membuat desktop virtual adalah untuk:

  • Memberi lebih banyak ruang desktop untuk jendela terkait dalam grup untuk pengguna
  • Membantu pengguna dengan cepat menemukan dan beralih ke jendela atau grup jendela apa pun
  • Memungkinkan pengguna mengatur ulang grup dan memindahkan jendela seiring berkembangnya tugas

Windows Ink*

Windows Ink* adalah fitur menarik yang diperkenalkan dalam Windows* 10 Anniversary edition. Windows Ink* Workspace menyediakan pena digital untuk menulis catatan, mengedit, atau bahkan membuat catatan tempel. Windows Ink* juga menyertakan pad sketsa, kemampuan sketsa layar, serta aplikasi pena digital favorit Anda.

Peningkatan Keamanan

Beberapa orang mengatakan bahwa Windows* 10 adalah OS paling stabil dan aman dari Microsoft hingga saat ini. Keamanan adalah perhatian utama di era digital seperti saat ini dan Windows* 10 dibuat dengan mempertimbangkan keamanan. Penyempurnaan keamanan ini meliputi:

Windows Hello*

Gunakan Windows Hello* untuk masuk ke PC Anda dengan lebih cepat dan lebih aman daripada sebelumnya. Menggunakan kamera di PC Anda, Windows Hello* akan mengenali wajah Anda dengan seketika dan memasukkan Anda dengan aman. Atau, Anda bisa menggunakan pembaca sidik jari, yang bekerja dengan cara yang sama. Setelah mengaktifkan Windows Hello*, Anda juga dapat menggunakannya dengan aplikasi yang kompatibel, seperti Dropbox, jadi Anda dapat melewati tahap memasukkan kata sandi secara manual. Proses masuk jadi lebih cepat dan aman.

Windows Defender*

Windows* 10 menghadirkan Windows Defender* yang sepenuhnya dirancang ulang, yang membantu melindungi PC Anda dari serangan malware dan virus. Windows Defender* berjalan di latar belakang dengan memindai file saat Anda mengaksesnya (dan sebelum Anda membukanya!).

Windows Firewall*

Windows Firewall* melindungi keamanan jaringan Anda dengan mencegah peretas dan perangkat lunak berbahaya menembus PC Anda. Windows Firewall* membentuk penghalang pelindung antara PC Anda dengan para peretas di dunia. 

Game Hebat

Anda dapat berpendapat bahwa Windows* 10 dirancang untuk para pemain game. Dari dukungan untuk DirectX 12 guna memberikan cara baru untuk bermain game di seluruh perangkat, Windows* 10 juga memberikan fitur dan manfaat besar bagi para pemain game dari setiap tingkat kemampuan.

DirectX 12

Dengan Windows* 10, game memanfaatkan fidelitas grafis DirectX 12. Game DirectX 12 menggunakan kemampuan penuh perangkat keras video PC untuk menghadirkan visual yang lebih tajam dan peningkatan kinerja.

Xbox Play Anywhere

Microsoft baru saja mengungkapkan solusi Xbox Play Anywhere barunya. Ketika Anda membeli judul digital Xbox Play Anywhere, Anda dapat memainkannya di Xbox One dan PC Windows* 10 mana pun tanpa biaya tambahan. Mulai game, lalu mulai kembali dari posisi terakhir Anda meninggalkannya, bahkan di perangkat lain! Anda tidak akan kehilangan apa pun yang Anda simpan, add-on, maupun pencapaian.

Penyiaran Internal

Ingin streaming dominasi Anda ke seluruh dunia? Tak masalah—Windows* 10 memungkinkan Anda melakukan streaming permainan game menggunakan Bilah Game. Tekan saja tombol Windows plus G. Klik Siaran dan mulai streaming.

Apa yang Tidak Disukai?

Windows* 10 adalah pilihan solid untuk kebanyakan pengguna, menyediakan fitur personalisasi yang hebat, dan penyempurnaan antarmuka, serta fitur keamanan yang kuat, dan peningkatan game. Jadi, apa yang tidak Anda sukai? Namun, ada beberapa kasus meningkatkan ke Windows* 10 mungkin bukanlah sebuah prioritas utama.

Biaya

Microsoft merilis Windows* 10 sebagai peningkatan gratis hingga 29 Juli 2016. Jika Anda meningkatkan sekarang, Anda harus membayar harga eceran (~$119).

Windows Media Center*

Windows Media Center* dirancang agar berjalan sebagai pemutar media layar penuh dan mendukung saluran televisi juga (dari tuner). Windows Media Center* memiliki para penggemar setia, tetapi dihapus pada peningkatan Windows* 10. Jadi, jika solusi hiburan Anda dibuat dengan dukungan Windows Media Center*, Anda mungkin lebih baik menggunakan Windows* OS Anda saat ini hingga dapat menemukan pilihan yang lebih memungkinkan.

Penggemar Windows* 7 atau 8

Dengan dukungan yang diperpanjang hingga tahun 2018 dan 2020, Windows* 7 dan Windows* 8 masih disukai oleh banyak pengguna. Jika semuanya sudah berfungsi dengan baik untuk Anda dan Anda lebih memilih desain dan UI Windows* 7 atau Windows* 8, mungkin Anda tidak perlu meningkatkan sekarang. Namun, pastikan Anda menggunakan langkah keamanan yang mencukupi atau langkah keamanan tambahan (Windows* 10 menawarkan fitur keamanan yang disempurnakan).

Windows* 10: Peningkatan yang Lebih Hebat

Jadi, apa jawabannya? Apakah perlu meningkatkan ke Windows* 10? Bagi kebanyakan pengguna PC, jawabannya adalah ya. Aman dan stabil, Windows* 10 menawarkan cara yang ampuh untuk tetap terhubung, produktif, dan terhibur.

Bandingkan Versi Windows

Apakah perlu meningkatkan ke Windows* 10? Bandingkan fitur dari Windows OS terbaru.

 

Windows* 7

Windows* 8

Windows* 10

Tanggal rilis

2009

2012

2015

Akhir dukungan yang diperpanjang

2020

2023

2025

Fitur utama atau perubahan

  • Bilah tugas yang dirancang ulang
  • Pusat Tindakan baru untuk pengaturan keamanan/pemeliharaan
  • Termasuk Internet Explorer 8, Windows Media Player, Windows Media Center*         
  • Penyempurnaan besar-besaran pada antarmuka pengguna
  • Dioptimalkan untuk sentuhan
  • Menu Mulai diganti dengan Layar Mulai yang dilengkapi “Live Tiles”
  • Pengaturan keamanan yang diperbarui
  • Antarmuka pengguna yang diperbaiki
  • Menu Mulai hadir kembali
  • Penambahan langkah keamanan baru (pengenalan wajah dan sidik jari)
  • Integrasi Xbox
  • Desktop virtual  

Nikmati Keunggulan Perangkat yang Didukung Intel

Windows* 10 Pro untuk Bisnis

Produktivitas yang lebih tinggi dan pengalaman modern. Prosesor Intel® Core™ dan Windows* 10 Pro memungkinkan bisnis Anda berkembang lebih baik.

Pelajari lebih lanjut

Windows* 10 untuk di Rumah

Mulai dengan cepat dan nikmati kecanggihan tak tertandingi. Nikmati performa yang lebih tinggi, peningkatan pengalaman pengguna, dan hiburan berkualitas.

Pelajari lebih lanjut

Informasi Produk dan Performa

1

Fitur dan keunggulan teknologi Intel® bergantung pada konfigurasi sistem dan mungkin memerlukan perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan yang didukung. Performa beragam tergantung pada konfigurasi sistem. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Hubungi produsen maupun peritel sistem Anda, atau pelajari selengkapnya di https://www.intel.co.id.