Fitur Generasi ke-11 yang Perlu Anda Ketahui

Baca untuk mempelajari mengapa fitur Generasi ke-11 seperti memori yang lebih cepat, Adaptive Boost, dan Resizable BAR akan membantu Anda meningkatkan permainan Anda.1 2 3 4

Fokus Utama:

  • Fitur Generasi ke-11 memaksimalkan potensi gaming dari sistem Anda.

  • Arsitektur desktop yang baru bekerja lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya, yang terukur sebagai peningkatan IPC 19%5.

  • CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 mendukung memori yang lebih cepat dengan opsi overclocking real-time bagi pengguna ahli.

  • Tingkatkan kemampuan CPU Anda untuk bekerja dengan kartu grafis Anda dengan Resizable BAR.

  • Dukungan perangkat keras untuk codec AV1 menyiapkan sistem Anda untuk masa depan dari streaming game.

author-image

By

Dibangun di atas arsitektur Cypress Cove, CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 meningkatkan performa gaming dan sehari-hari dengan banyak peningkatan platform. Generasi prosesor terbaru meningkatkan performa gaming dengan penambahan ini:

  • Peningkatan kecepatan clock yang dapat meningkatkan FPS dalam game.
  • Resizable BAR untuk meningkatkan performa GPU.
  • Overclock memori real-time dan alat overclock yang fleksibel.
  • Pemutaran video yang disempurnakan untuk mendukung format streaming yang baru.
  • Dukungan PCIe 4.0 untuk kartu grafis dan SSD yang baru.

Ada begitu banyak fitur baru untuk ditemukan saat Anda menemukan CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 yang tepat untuk rakitan Anda. Ini dapat menjadi sedikit sulit untuk membacanya sekaligus, maka mari kita uraikan beberapa topik yang lebih rumit secara terperinci.

Apakah Artinya Peningkatan IPC 19%?

CPU desktop Intel® Core™ Generasi ke-11 menghadirkan keunggulan IPC 19% 6 dibandingkan generasi sebelumnya. Tetapi apakah artinya itu?

Peningkatan dalam IPC berarti prosesor Anda bekerja dengan lebih cerdas, bukan lebih keras. Prosesor menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam setiap siklus clock, yang berarti FPS lebih tinggi dalam game dan performa lebih lancar dalam aplikasi. Meskipun IPC mungkin bukan pengukuran yang umum bagi semua orang, ini adalah cara lain untuk memahami mengapa CPU Generasi ke-11 unggul dalam gaming.

CPU modern menjalankan milyaran siklus per detik. Frekuensi 5,3 GHz dari Intel® Core™ i9-11900K, sebagai contoh, berarti 5,3 milyar siklus setiap detik.

Dalam setiap siklus, CPU mengambil dan mengeksekusi instruksi, yang merupakan operasi tingkat rendah seperti aritmetika. Semakin cepat instruksi dasar ini dieksekusi, semakin cepat program berjalan.

IPC adalah singkatan dari "instructions per cycle" (atau "instructions per clock"). Dengan mengukur jumlah rata-rata instruksi per siklus, ini mengindikasikan performa CPU Anda.

Baik kecepatan clock dan IPC adalah kunci untuk performa puncak dalam game dan perangkat lunak lainnya. Kecepatan clock memberi tahu Anda jumlah siklus, dan IPC untuk memberi tahu Anda seberapa banyak pekerjaan diselesaikan dalam setiap siklus.

Dari mana peningkatan IPC 19% berasal? Peningkatan dalam arsitektur Cypress Cove yang baru dalam CPU desktop Intel® Core™ Generasi ke-11, yang menargetkan baik efisiensi perangkat keras dan perangkat lunak. Dengan mengatur waktu eksekusi instruksi tingkat mesin secara tepat saat program berjalan, benchmark CPU menunjukkan bahwa Intel® Core™ i9-11900K memiliki performa lebih baik dibandingkan Intel® Core™ i9-10900K Generasi ke-10 sebesar 19%.

Jika Anda telah melewatkan beberapa generasi CPU, penting untuk mengingat bahwa peningkatan ini adalah kumulatif. Dalam pengujian, CPU desktop Generasi ke-10 sendiri menghadirkan FPS hingga 30% lebih banyak dalam PUBG dibandingkan desktop Generasi ke-9 — dan FPS hingga 56% lebih banyak dibandingkan CPU desktop berumur lima tahun6.

Semua ini berarti jika Anda melompat dari CPU desktop yang berumur beberapa tahun, Anda akan melihat lompatan dramatis dalam kecepatan dan efisiensi yang tidak sepenuhnya tertangkap oleh spesifikasi seperti kecepatan clock.

Apa Itu Adaptive Boost?

Beberapa teknologi pendorong (boost) yang berbeda membantu CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 melompat ke frekuensi yang lebih tinggi untuk ledakan performa tambahan. Salah satunya, pendorong semua inti dari Teknologi Intel® Adaptive Boost, yang baru untuk Generasi ke-11. Ini tersedia di Intel® Core™ i9-11900K dan Intel® Core™ i9-11900KF.

Teknologi-teknologi pendorong bekerja bersama-sama untuk membuat CPU Anda lebih responsif terhadap beban kerja yang berbeda. Sebagai contoh, Intel® Core™ i9-11900K menggunakan baik Intel® Turbo Boost Max 3.0 dan Intel® Thermal Velocity Boost untuk mempercepat kecepatan inti tunggal, yang berhubungan dengan FPS dalam banyak game. Untuk multitugas dan aplikasi yang berskala dengan banyak inti, Adaptive Boost membantu inti 3-8

Untuk detail lebih lanjut tentang setiap teknologi pendorong yang berbeda, lihat panduan lengkap kami.

Apa Itu Resizable BAR?

Baru didukung di Generasi ke-11, Resizable BAR adalah fitur PCIe yang dapat menghadirkan dorongan gratis terhadap performa dalam game di beberapa judul. Ini mengubah cara CPU Anda bekerja dengan GPU Anda, dan berpotensi memberikan beberapa poin persentase FPS tambahan. Ini melakukannya dengan memungkinkan CPU Anda mengakses lebih banyak data sekaligus.

Ketika bermain game, CPU Anda berkomunikasi secara konstan dengan GPU seiring merender lingkungan dalam game. Tanpa Resizable BAR, CPU Anda mengakses potongan 256 MB dari memori GPU (VRAM) Anda yang terbatas dalam banyak transferan kecil. Seiring aset dalam game telah meningkat ukurannya, ini telah menjadi penghalang potensial.

Resizable BAR memungkinkan CPU Anda meminta aset setiap ukuran alih-alih bekerja dalam potongan 256 MB dari memori GPU. Dengan mengaktifkan Resizable BAR, CPU Anda dapat mengakses seluruh framebuffer (data untuk frame berikutnya yang digambarkan pada layar) dan juga membuat beberapa permintaan sekaligus. Dampak performa dunia nyata tidak selalu dramatik, tetapi bisa signifikan.

Dalam skenario terburuk, Resizable BAR memiliki efek netral atau bahkan negatif. tItulah mengapa secara otomatis mengaktifkan atau menonaktifkan driver GPU tergantung hasil pengujian. Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu khawatir tentang menjalankannya ketika itu tidak membantu performa.

Apa Itu Dukungan RAM DDR-3200?

Generasi ke-11 membantu Anda mendapatkan lebih banyak dari memori Anda. Motherboard kini secara resmi mendukung kecepatan RAM hingga 3200 MHz dan menyajikan opsi overclocking tingkat lanjut untuk membantu Anda menyetel memori Anda.

Menambahkan kapasitas RAM yang lebih besar membantu Anda menjalankan lebih banyak program sekaligus (atau memenuhi persyaratan game AAA yang lapar memori). Mengupgrade ke RAM yang lebih cepat, di sisi lain, meningkatkan kecepatan pengambilan data dari memori yang dilakukan CPU Anda.

Meningkatkan dari RAM 2933 MHz (yang didukung Generasi ke-10) ke 3200 MHz dapat menghadirkan peningkatan FPS dalam game, meskipun ini bervariasi berdasarkan game, sistem Anda, dan pengaturan grafis Anda.

Generasi ke-11 juga memberi Anda kontrol yang lebih baik atas memori Anda. Selain mendukung overclocking pada motherboard Z590 kelas atas, dukungan juga diperluas ke board H570 dan B560. Overclocking memori real-time memungkinkan Anda mengubah frekuensi RAM saat program sedang berjalan, dan pengguna ahli kini memiliki opsi untuk beralih antara mode memori Gear 1 dan Gear 2.

Untuk overclock yang mudah, Anda dapat mengotomatiskan prosesnya dengan menjalankan Intel® Extreme Memory Profile (XMP). Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat panduan overclocking kami.

Memilih RAM yang lebih besar tidak akan memberikan dampak performa yang lebih baik dibandingkan mengupgrade GPU atau CPU. Tetapi jika Anda membangun atau membeli sistem kelas atas, RAM yang lebih besar dapat mempercepat beberapa game dan memastikan Anda tidak akan mengalami bottleneck karena memori.

Apa Itu PCIe 4.0?

Dukungan PCIe 4.0 berarti Anda akan siap untuk generasi berikutnya dari GPU dan SSD.

PCIe adalah bus ekspansi yang Anda gunakan untuk menghubungkan kartu grafis, SSD NVMe, dan periferal seperti kartu penangkap bagi motherboard Anda. CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 mendukung PCIe 4.0, suatu revisi yang menghadirkan bandwidth dua kali lipat lebih besar dibandingkan 3.0.

Dukungan PCIe 4.0 berarti Anda akan siap untuk upgrade ke GPU atau SSD Generasi 4 seiring matangnya teknologi. CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 juga menghadirkan hingga 20 jalur PCIe CPU, yang memberikan koneksi lebih langsung antara CPU, GPU, dan SSD NVMe.

Untuk mempelajari mengapa PCIe 4.0 penting, dan bagaimana jalur PCIe CPU berbeda dari jalur chipset, lihat artikel lengkap kami.

Apa Itu AV1?

Pemutaran media yang disempurnakan adalah ciri lain dari Generasi ke-11. Dengan mendukung format video baru dan video HDR dengan bitrate yang tinggi, CPU seperti Intel® Core™ i7-11700K mempermudah untuk menonton konten yang imersif dan kaya detail serta menciptakannya sendiri.

Untuk memberikan pengalaman yang disempurnakan, CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 menghadirkan dukungan perangkat keras untuk melakukan dekode HEVC 12 bit dan dekode AV1 10 bit. Warna 12 bit dan 10 bit adalah standar yang berbeda untuk HDR (high dynamic range) yang memungkinkan corak yang tajam dan tingkat hitam yang dalam ketika ditonton dari monitor HDR.

HEVC (atau H.265) dan AV1 adalah codec video, atau enkoder/dekoder. Selama proses enkode, mereka secara cerdas menyusutkan ukuran file video dengan teknik seperti memprediksi frame berikutnya. Ketika file diputar ulang, mereka membalikkan prosesnya dan melakukan dekode terhadapnya.

Dekode perangkat keras untuk AV1 adalah penambahan yang menarik pada platform Generasi ke-11. Pengujian telah menunjukkan bahwa AV1 secara dramatis lebih efisien dibandingkan codec lain yang umumnnya digunakan seperti VP9. Karena ini berskala dengan baik di resolusi tinggi, AV1 memungkinkan streaming video 4K dan 8K dengan menggunakan bandwidth yang lebih sedikit.

Anda dapat benar-benar melihat hasil AV1 pada video YouTube, di mana pengaturan akun memungkinkan Anda mengatur situs untuk memilih AV1 dibandingkan VP9. Ini juga telah diuji oleh Netflix (pada Android), dan Twitch telah mengumumkan rencana untuk stream 1440p, 144 fps AV1.

Dekode perangkat keras menghilangkan salah satu penghalang terhadap pengadopsian AV1 yang luas: dampak performa dari dekode perangkat lunak. Meskipun browser modern dapat memainkan video AV1, pendekodean perangkat lunak mereka dapat menyebabkan penggunaan CPU yang berat pada PC yang lebih tua, terutama dengan video Ultra HD. Sebagai perbandingan, dekode perangkat keras menghadirkan solusi bawaan yang lebih efisien.

Dukungan AV1 memungkinkan masa depan di mana Anda dapat menonton streamer favorit Anda dalam kualitas yang lebih tinggi dari sebelumnya, melakukan stream video 8K dalam warna yang tajam, dan melihat lebih banyak detail dengan bandwidth terbatas.

Bagaimana Generasi ke-11 Memengaruhi Gaming?

Di dalam Intel® Core™ i9-11900K unggulan — yang menghadirkan frekuensi maksimum 5,3 GHz, 8 inti, dan 16 thread — semua fitur yang tercantum di atas berpadu untuk menyempurnakan permainan game dan pengalaman streaming Anda.

  • Peningkatan IPC. Dengan ini, peningkatan arsitektur mendorong peningkatan IPC sebesar 19% — yang menunjukkan lompatan CPU dalam efisiensi pemrosesan dan kemampuan gaming.
  • Teknologi Adaptive Boost. Teknologi pendorong memungkinkan prosesor untuk bekerja baik dengan beban kerja thread ringan dan multithread, yang mempercepat performa dalam game yang berskala dengan semua inti serta apa pun yang kebanyakan mengandalkan kecepatan inti tunggal.
  • Resizable BAR. Ketika diaktifkan, fitur ini memberi CPU Anda lebih banyak fleksibilitas untuk mengakses VRAM, memberikan dorongan “gratis” terhadap FPS dalam sebagian game.
  • Dukungan RAM DDR-3200. Dapatkan lebih banyak frame di sebagian game7 — dan overclock untuk mendorong peningkatan performa bahkan lebih jauh lagi.
  • Dukungan AV1. Pemutaran media yang kaya memberi PC Anda akses ke video dengan kualitas lebih tinggi sekaligus menggunakan bandwidth yang lebih sedikit, sehingga memungkinkan Anda menonton streamer dan konten gaming dengan tingkat kejernihan yang lebih baik pada platform besar.

Generasi ke-11 lebih kapabel dan fleksibel dibandingkan generasi prosesor sebelumnya. Tetapi ini akan terasa sebagai upgrade yang lebih canggih jika Anda telah melewatkan satu atau dua generas, dan berencana memanfaatkan perangkat PCIe 4.0 terbaru dalam waktu dekat.

Informasi Produk dan Performa

1Fitur Intel® Thermal Velocity Boost Boost bersifat oportunistik pada suhu 70°C atau lebih rendah dan ketika anggaran daya turbo tersedia. Perolehan frekuensi dan durasi bergantung pada beban kerja (paling sesuai untuk beban kerja tak beraturan), kemampuan prosesor individu, dan solusi pendinginan prosesor. Frekuensi dapat mengurangi waktu ekstra, dan beban kerja yang lebih lama mungkin dimulai pada frekuensi maks, tapi akan menurun saat suhu prosesor meningkat.
2

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang diperlihatkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat cadangan untuk detail konfigurasi. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

3

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi kestabilan, keamanan, performa, dan umur prosesor serta komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.

4

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.

5Hasil telah diperkirakan atau disimulasikan berdasarkan analisis Intel® internal dan disediakan hanya untuk kepentingan informasi. Perbedaan dalam perangkat keras sistem atau desain perangkat lunak atau konfigurasi dapat memengaruhi kinerja sebenarnya. Semua tanggal dan program dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk informasi selengkapnya tentang performa dan hasil perbandingan, kunjungi intel.co.id/benchmarks. Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang ditetapkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan yang tersedia untuk umum.
6Lihat cadangan untuk beban kerja dan konfigurasi. Hasil dapat bervariasi.
7Lihat cadangan untuk beban kerja dan konfigurasi. Hasil dapat berbeda.