Tips Ahli untuk Pembangunan dan Modifikasi Sasis PC dengan L3P

Fokus Utama:

  • Modifikasi vs. membangun

  • Ruang kerja dan alat

  • Pendinginan dan kabel

  • Menyempurnakan tampilan

  • Rekomendasi akhir

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Kami berbicara dengan pembangun PC L3p tentang desain sasis pc kustom dan apa yang perlu Anda ketahui untuk mulai membuatnya sendiri. 1

Kustomisasi adalah inti pengalaman membangun PC. Kemampuan memilih perangkat keras dan membangun sistem yang unik adalah salah satu alasan utama orang ingin membangun PC .

Tetapi beberapa pembangun melakukan kustomisasi lebih lanjut. Mereka tidak hanya sekedar membeli komponen, bahkan mungkin menciptakan modifikasi sasis PC mereka sendiri untuk lebih memberikan fleksibilitas tampilan pada hasil akhir PC mereka.

Pembangun PC kustom dan produsen sasis Peter "L3P' Brands adalah salah satu dari para pembangun ambisius ini. Dia memproduksi sasis kustom nya sendiri, dan menggunakan keahlian dan pengalamannya untuk merangkainya menjadi suatu bangunan yang benat-benar unik.

Kami berbicara dengannya untuk mendapatkan wawasan dalam proses pembangunan dan mempelajari cara terbaik untuk memulai hobi itu.

Pada Layar

Brands telah membangun sasis PC dari nol selama 10 tahun dan telah memodifikasi hardware yang ada selama lebih dari 20 tahun. “Modifikasi pertamaku adalah tahun 1998, saat aku mencoba meningkatkan aliran udara di rig game-ku" cetakannya. “Saya mulai bekerja dengan mpdifikasi yang lebih kompleks dan pendinginan cair di tahun 2009, dan aku sudah melakukannya terus sejak itu."

Brands mengumpulkan lusinan bangunan dalam waktu itu, tetapi ia terus kembali ke D3sk L3p. “Itu adalah proyek besar pertamaku," kata Brands. "Sebuah PC desktop yang dibangun dari nol, sepenuhnya berpendingin air, dan dibangun dari aluminium dan kaca pelindung." Ia membangunnya menggunakan perangkat keras dari PC utamanya, tetapi ia hanya punya waktu untuk mengerjakannya selama akhir pekan. “Itu berarti harus sudah bisa dipakai di penghujung akhir pekan itu, atau aku tidak akan memiliki PC yang berfungsi sepanjang minggu ini," katanya.

Ia menghabiskan ratusan jam pada proyek itu sepanjang tahun. "Saat ini, sepuluh tahun kemudian, L3p D3sk masih menjadi stasiun kerja dan gaming di ruang tamuku," katanya. “Setiap beberapa tahun saya memperbarui perangkat keras dan loop pendingin cair, yang memiliki radiator di bawah rumahku, di dalam ruang bawah tanah."

Modifikasi Sasis PC Vs. Membangun Sasis PC

Untuk memperjelas: ada modifikasi sasis, yang terdiri dari mengambil sasis yang sudah ada dan memodifikasinya secara dramatis, dan selanjutnya ada juga yang memproduksi sasis yang sepenuhnya baru. Brands lebih suka yang terakhir.

“Membuat bangunan dari awal memberikan lebih banyak kebebasan bila dibandingkan dengan memodifikasi sasis baja standar 0.8 mm," katanya. “Saya lebih memilih menciptakan sesuatu yang baru daripada mengubah sasis yang ada dan mencoba untuk memberikan tampilan palsu setelahnya."

Menciptakan sasis Anda sendiri memungkinkan lebih banyak kustomisasi yang bermakna. Dengan alat yang tepat, seorang pembangun terampil dapat merancang dan membangun sasis sesuai spesifikasi mereka. Sasis kustom ini memungkinkan Anda untuk membuat perencanaan sesuai dengan perangkat keras yang sudah Anda miliki, berbeda dengan tata letak sasis yang mendikte perangkat keras apa yang dapat dipasang dan dimana dapat dipasangnya.

Pembangunan sasis kustom ini memberi lebih banyak keuntungan daripada bekerja dengan sasis ritel, akan tetapi ia juga membutuhkan peralatan khusus dan sebuah ruang kerja yang layak, kedua faktor inilah yang harus dipertimbangkan bila Anda ingin bereksperimen dengan hobi ini.

Ruang Kerja dan Peralatan

Yang menjadi penghalang adalah ketika menciptakan sasis Anda sendiri menjadi lebih rumit daripada ketika bekerja dengan barang pabrikan, tetapi dengan memiliki peralatan yang tepat dapat menyederhanakan prosesnya.

"Aku menggunakan mesin amplas, gergaji, gerinda, mesin poles, dan berbagai bor," kata Brands. “Juga, alat ukur dan perlindungan yang baik adalah penting. Untuk modifikator pemula, saya sarankan gunakan Dremel. Ini adalah alat serbaguna yang kecil yang dapat digunakan untuk menggerinda, memotong, mengamplas, mengebor atau memoles."

Alat dan bahan ini bisa membahayakan, sehingga tindakan pencegahan adalah penting. "Selalu gunakan pelindung mata dan telinga. Juga saat mengamplas atau mengecat, gunakan penutup mulut. Keselamatan adalah hal yang paling utama."

Mulai dari yang Sederhana

Bahkan jika pembangunan PC tingkat tinggi ini terdengar menarik, sulit untuk mengetahui harus memulai dari mana. Bagaimana Anda beranjak dari seseorang dengan beberapa bangunan dibawah sabuk hingga memasang sistem pendingin cair yang kompleks di dalam bangunan sasis kustom?

Menurut Brands, triknya adalah dengan menjaganya tetap sederhana pada awalnya. “Mulai dengan beberapa modifikasi kecil pada sasis yang ada. Setelah kau masuk ke dalamnya, kau bisa mulai mengumpulkan ide, dan merancang sesuatu secara digital atau di atas kertas."

Strategi ini memungkinkan Anda untuk memulai di wilayah yang lebih akrab untuk melihat apakah Anda menikmati pekerjaan itu. Juga berarti Anda perlahan-lahan dapat menambahkan koleksi alat dan area kerja, dan kemungkinan mengakomodasi proyek yang lebih besar dan lebih ambisius selanjutnya seiring waktu. Setiap orang harus memulai di suatu tempat, dan proyek yang lebih kecil memiliki penghalang yang lebih rendah.

Tempat bagus lainnya untuk mulai mengasah kemampuan pembangunan kustom Anda adalah dengan loop pendingin cair.

Pendinginan dan Perkabelan

Pendingin yang tepat adalah penting ketika merangkai PC apapun, dan proyek kompleks ini tidak terkecuali. Namun, itu tidak berarti harus dengan pendingin cair.

“Selama bertahun-tahun aku melihat banyak modifikasi pendingin udara atau bahkan pendingin alami yang mengagumkan," kata Brands. "Saya secara pribadi senang bermain dengan loop pendingin cair."

Meskipun pendingin cair adalah cara yang bagus untuk menjaga suhu tetap rendah sekaligus menambahkan nilai visual ke dalam bangunan, hal ini tidaklah wajib bagi bangunan tingkat tinggi. Itu adalah berita baik bagi beberapa orang, karena pendingin cair dapat mengintimidasi bagi pendatang baru. Untungnya, ada banyak sumber daya yang sangat baik di luar sana untuk para pembangun yang ingin masuk ke ruang ini, bahkan jika mereka tidak berpengalaman.

“Ada banyak situs produsen, bersama dengan pencipta konten dan kelompok media sosial yang dapat membantu orang mempelajari dasar-dasarnya” kata Brands. “Saya sarankan mulai dengan konsep-konsep dasar seperti penempatan yang tepat untuk pompa dan radiator, serta perbedaan ukuran untuk pipa dan dudukan. Kebanyakan pemula mulai dengan pipa yang lunak, tetapi setelah setahun atau lebih, Anda akan sering melihat mereka bekerja dengan pipa keras yang lebih rumit."

Apakah mendinginkan dengan udara atau cairan, memiliki jalur aliran udara yang tepat bagi kipas dan/atau radiator Anda masih menjadi perhatian. “Untuk pendingin udara aku menggunakan pendingin CPU yang tepat, dan minimal tiga kipas asupan dan tiga kipas keluaran, tapi 90% dari bangunanku berpendingin cair. Untuk itu, saya biasanya menggunakan penampang radiator 120mm per CPU/GPU sebagai basis. Misalnya, saya akan menggunakan satu radiator 120mm dan satu 240mm untuk sistem dengan satu CPU dan dua GPU."

Faktor lain untuk dipertimbangkan saat merancang sistem pendingin Anda adalah manajemen kabel. Penempatan kabel yang tepat tidak hanya membantu bangunan terlihat lebih baik; ia juga dapat membantu aliran udara, terutama dalam bangunan faktor bentuk kecil.

Menurut Brands, ketika sampai pada manajemen kabel yang tepat, itu adalah masalah meluangkan waktu Anda: "Kesabaran adalah semua yang Anda butuhkan. Mulai saja pada titik yang paling rumit, dan bekerja dari sana. Nantinya akan menjadi lebih mudah."

Menyempurnakan Tampilan Bangunan

Salah satu keuntungan membangun PC Anda sendiri adalah Anda mengontrol seperti apa tampilannya ketika itu selesai. Proses itu dimulai dengan memilih perangkat keras yang tepat.

Bagaimanapun, ketika tiba pada bangunan yang kompleks, merancang tampilannya mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama. “Saya memutuskan perangkat keras yang cocok dengan ideku berbulan-bulan sebelum aku benar-benar memulai, dan mempelajari detailnya di kepalaku sedikit demi sedikit. Semuanya harus cocok dengan tema dalam gaya dan warna."

Perangkat keras yang tepat bisa berkontribusi untuk tema visual yang menarik, tapi begitu juga dengan pencahayaan. Pencahayaan yang tepat adalah cara yang relatif sederhana untuk mengubah tampilan mesin, dan membutuhkan lebih sedikit usaha daripada memodifikasi atau mengganti perangkat keras.

Meskipun pencahayaan RGB bukan untuk semua orang, tidak diragukan lagi ia bisa berguna dari sudut pandang desain. “Saya sudah bekerja dengan pencahayaan RGB selama dekade terakhir, dari saat Anda masih harus menyolder semuanya sendiri," kata Brands. “Saya sering melihat kekurangan di sekitar pencahayaan RGB, tetapi dalam pengalamanku, itu mempermudah mengubah tampilan bangunan Anda, atau bahkan seluruh setelan meja Anda. Terutama saat Anda menggunakan banyak warna putih, menyetel pencahayaan dapat mengubah keseluruhan warna bangunan Anda."

Dan terakhir, ada sentuhan akhir di ujung proses. Ini dapat meliputi apa pun dari mengecat sasis hingga memodifikasi selubung GPU, tapi untuk beberapa, sedikit amplas sudah cukup. Saya tidak suka menngecat," kata Brands. “Saya suka melihat bahan asli, seperti aluminium yang disikat, baja yang dipoles, dan kaca atau akrilik yang diamplas. Untuk tampilan itu, Anda benar-benar hanya perlu kertas amplas dengan kekasaran yang berbeda, bahan pemoles, dan sepotong kain.

Desain dan eksekusi bangunan secara keseluruhan adalah yang paling menarik perhatian, tapi sering hal-hal kecil yang meningkatkan bangunan kustom menjadi luar biasa.

Jadi, detail apa yang memberi dampak terbesar?

"Pencahayaan, dan pemilihan warna materi," kata Brands. "Itulah sebabnya aku sangat menyukai pencahayaan RGB. Selain itu, manajemen kabel yang rapi dapat dicapai dengan kesabaran dan beberapa kabel tis. Kombinasikan kedua hal itu, dan Anda akan memiliki tampilan rig yang bagus."

Rekomendasi Akhir untuk Rakitan Anda

Bahkan modifikasi sasis yang sederhana dapat menghabiskan waktu dan membutuhkan perencanaan, sehingga mudah dilihat bagaimana kustomisasi sasis pabrikan dengan pendingin cair yang kompleks dapat mengintimidasi pendatang baru.

Saran dari Brand bagi pemula adalah dengan memulai dari yang kecil. “Jangan berpikir terlalu besar, terlalu rumit, atau mahal. Aku sering melihat proyek berhenti setengah jalan karena itu. Selama bertahun-tahun, aku telah melihat ribuan modifikasi. Apa yang salah selama ini adalah berpikir begitu besar sehingga proyek itu bahkan tidak pernah dimulai."

Jadi jangan takut untuk memulai perjalanan Anda dengan beberapa modifikasi kecil (dan aman!) untuk meningkatkan aliran udara dari bangunan gaming Anda.

Informasi Produk dan Performa

1

*Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.