Cara Memilih PC dengan Faktor Bentuk dan Ukuran yang Kecil

Bermain game pada PC dengan faktor bentuk dan ukuran kecil bukan berarti mengorbankan kebutuhan Anda atau performa demi portabilitas. Pelajari selengkapnya tentang cara memilih PC SFF yang tepat sesuai dengan selera Anda.1 2

PC gaming dengan faktor bentuk dan ukuran kecil (SFF) atau PC gaming mini sesuai dengan namanya: Komputer yang dirancang untuk menghemat ruangan. PC kecil menjadi semakin populer dan mudah diakses seiring dengan terobosan yang dilakukan oleh para pembuat dan produsen kreatif dalam bentuk dan ukuran kecil ini.

Ukuran PC game mini ini memiliki beragam keunggulan, seperti portabilitas lebih baik untuk pihak LAN berikutnya dan penempatan lebih fleksibel untuk ruangan yang tidak dapat menampung tower desktop tradisional. Dahulu, bereksperimen dengan SFF berarti mengorbankan performa atau fungsionalitas game demi ukuran yang lebih kecil. Tetapi hal ini berubah dalam beberapa tahun terakhir. Kini, Anda dapat mengakses pengalaman game PC seutuhnya dalam bentuk yang lebih kecil.

Apa yang Dapat Disebut sebagai "Faktor Bentuk dan Ukuran Kecil"

Apa kualifikasi PC disebut memiliki bentuk dan ukuran kecil?

Tidak ada definisi yang disepakati secara universal, tetapi ada panduan tidak baku berkaitan dengan ukuran casing. Saat membahas tata letak internal dan ukuran casing PC, volume sering kali menjadi pertimbangan penting, dan biasanya diukur dalam liter. Tower desktop ATX standar biasanya berukuran sekitar 40-45 liter. Sebagai perbandingan, ukuran umum untuk SFF adalah sekitar separuhnya — 25 liter atau kurang.

Apa pun definisi SFF Anda, terdapat banyak informasi mengenai ukuran yang unik ini. Berikut adalah hal yang harus dipertimbangkan saat merencanakan build Anda.

Cara Memilih PC SFF siap pakai

Mungkin Anda tertarik dengan PC game SFF, tetapi tidak ingin merakitnya sendiri. Untungnya, terdapat banyak opsi PC SFF siap pakai yang tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan keistimewaan yang dapat dipilih.

  • Lihat rangkaian Intel® NUC. Karena konfigurasi motherboard khusus, PC mungil ini bahkan lebih kecil daripada Mini-ITX paling kecil. Jika ingin mengonfigurasi Intel® NUC sendiri, Anda dapat membeli kit yang dapat Anda pasang penyimpanan dan memori sendiri sehingga dapat memaksimalkan fleksibilitas dari faktor bentuk dan ukuran ultra-portabel.
  • Jangan remehkan SFF siap pakai. Jika menginginkan pengalaman game desktop andal dalam bentuk kecil, Anda dapat memilih beragam edisi PC SFF siap pakai dengan dukungan perangkat keras game terbaik, seperti prosesor Intel® Core™Generasi ke-10 dan GPU NVIDIA GeForce RTX.
  • Pertimbangkan belanja berdasarkan merek. Beberapa merek game PC terpopuler menawarkan PC game SFF siap pakai, jadi jika Anda tertarik dengan PC game kecil yang siap digunakan, cari dan pilih penawaran dari merek favorit Anda.

Cara merakit PC SFF Anda

Kini opsi untuk merakit PC game SFF Anda sendiri jauh lebih banyak daripada sebelumnya. Kini banyak sistem berukuran lebih kecil dari 25 liter menggunakan komponen yang sama dengan tower standar berukuran sedang, yang volumenya dua kali lebih besar.

Tetap saja, merakit PC SFF memiliki tantangan yang berbeda dari pengerjaan tower standar ATX berukuran sedang. Dasar-dasar pembuatan PC komputer gaming berukuran penuh dan PC SFF kurang lebih sama; bedanya, ruang kerja Anda lebih sempit sehingga hal seperti pemilihan komponen, instalasi, pendinginan, dan manajemen kabel menjadi lebih rumit.

Untuk mencoba dan menyederhanakan proses, kenali setiap komponen dan pahami faktor yang perlu dipertimbangkan saat merangkai PC gaming mini Anda sendiri.

Komponen & Perangkat Keras PC SFF

Sebaiknya mulai dari casing, karena dari situlah Anda akan mengetahui jumlah ruang yang dapat dimaksimalkan.

  • Perhatikan pendingin CPU dan GPU. Setelah memilih komponen, pastikan bahwa casing yang Anda pilih dapat menampung semuanya dengan baik. Jika belum membeli perangkat keras, pastikan bahwa casing yang Anda pilih dapat mengakomodasi panjang, lebar, dan tinggi semua komponen perangkat keras. Pendingin CPU dan GPU memerlukan perhatian khusus.
  • Jangan abaikan estetika casing. Di samping performa dan jumlah volume, bagaimanakah tampilan build idaman Anda? Misalnya, build vertikal standar seperti tower tradisional kecil, atau casing yang dapat diletakkan secara vertikal atau horizontal. Ada casing berbentuk kotak sepatu, dan desain yang tidak konvensional, seperti Cryrog Taku*. Apakah Anda tertarik dengan jendela agar dapat melihat komponen saat bekerja? Atau pegangan sehingga PC kecil Anda semakin portabel untuk dibawa?
  • Manfaatkan sumber daya online. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai ruang kosong pada casing dan kompatibilitas, sebaiknya cari forum, papan pesan, dan komunitas SFF online untuk menemukan jawabannya. Jika Anda memiliki pertanyaan, maka besar kemungkinan ada orang yang telah menanyakannya juga.

Motherboard

Setelah Anda memilih casing, Anda akan mendapat gambaran yang lebih baik bagaimana memilih motherboard karena beragam pilihan akan sangat dipengaruhi oleh ukuran casing.

  • Antisipasi menggunakan motherboard berukuran kecil. Meskipun ada casing SFF yang mendukung motherboard berukuran penuh, kemungkinan besar Anda akan menggunakan motherboard yang lebih kecil — biasanya Mini-ITX, atau MicroATX yang sedikit lebih besar jika Anda menginginkan fleksibilitas lebih tinggi.
  • Pilih konfigurasi motherboard yang tepat untuk Anda. Motherboard memiliki berbagai konfigurasi. Banyak diantaranya menawarkan rangkaian fitur lengkap walaupun ukurannya lebih kecil, dan tetap dapat menyediakan semua yang Anda perlukan untuk build game canggih.
  • Jangan takut untuk berkreasi. Anda akan menemukan banyak keterbatasan — misalnya, akses ke hanya satu slot PCIe — dan hal ini dapat diatasi dengan konfigurasi perangkat keras kreatif, seperti mengganti M.2 menjadi perangkat slot PCIe berukuran penuh, memasang modul RAM dengan kapasitas lebih besar, atau menggunakan kartu riser PCIe di GPU agar posisinya dapat lebih beragam.

Konfigurasi akan sangat bergantung pada pilihan casing, tetapi Anda dapat mulai mencari casing yang sesuai untuk Anda dengan melihat motherboard yang digunakan oleh orang lain.

GPU

GPU memiliki berbagai ukuran yang mendukung build SFF. Terdapat beragam pilihan bentuk dan ukuran GPU, mulai dari slot tunggal, profil rendah, atau konfigurasi panjang separuh, tapi banyak juga casing yang sudah mendukung komponen berukuran penuh. Opsi casing SFF lebih beragam lagi karena Anda tidak perlu mempertimbangkan GPU berukuran konvensional.

  • Pertimbangkan ukuran secara menyeluruh. Saat mencari ukuran dari produsen GPU atau melihat bagian ukuran GPU di casing, perlu diingat bahwa ukuran tersebut mungkin tidak mencerminkan konektor catu daya PCIe atau braket tempat kartu. Kedua faktor tersebut dapat menambah tinggi (atau lebar, tergantung pada orientasi GPU) secara signifikan, sehingga Anda wajib memperhitungkannya saat merencanakan tata letak. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri, karena sekali lagi, kesulitannya bergantung pada konfigurasi khusus Anda.
  • Lihat solusi untuk manajemen ruang. Sebaiknya sediakan sedikit ruang tambahan di sekitar GPU saat Anda meletakkan komponen lainnya, atau tanyakan terlebih dahulu kepada orang yang telah menggunakan casing Anda. Terdapat juga opsi seperti solusi relokasi kabel daya PCIe atau kabel riser yang dapat dieksplorasi.
  • Casing SFF Anda mungkin tidak mendukung semua GPU. Walaupun banyak casing SFF mendukung GPU berukuran penuh, tetapi tidak berarti bahwa semuanya demikian. GPU multislot yang besar mungkin tidak kompatibel dengan casing Anda, jadi Anda tetap harus mempertimbangkan serta menyesuaikan tinggi dan lebar GPU dengan cermat.
  • Solusi pendingin dapat membantu menghemat ruang. Jika Anda menginginkan fleksibilitas faktor bentuk GPU lebih tinggi, pertimbangkan solusi pendingin udara dan cair purnajual yang memiliki fleksibilitas ukuran, serta potensi operasi yang lebih sunyi dan dingin.

CPU

CPU adalah salah satu komponen perangkat keras yang tidak terlalu terpengaruh jika menggunakan PC gaming mini. Selama CPU kompatibel dengan motherboard yang Anda pilih, semuanya akan baik-baik saja! Jika Anda memerlukan panduan lebih lanjut, lihat panduan kami bagaimana memilih CPU gaming.

Pendingin CPU

Meskipun CPU tidak terpengaruh dengan SFF, tetapi pendingin CPU tidak demikian. Baik Anda berencana menggunakan pendingin udara atau pendingin cair, ada banyak pilihan pendingin profil rendah yang dapat dipilih.

Pendingin kipas profil rendah biasanya adalah pilihan yang paling sederhana dalam SFF. Meskipun mungkin untuk menerapkan solusi pendingin cair, tetapi penggunaannya akan jauh lebih sulit daripada penggunaan di PC berukuran standar.

Pendingin cair All-in-One (AIO) memerlukan radiator untuk berfungsi dengan baik, dan bergantung pada casing Anda, hal ini dapat menyebabkan masalah ruang kosong.

Penggunaan loop pendinginan kustom bahkan lebih rumit lagi, karena Anda harus memasukkan pompa dan selang ke dalam ruang yang begitu kecil.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan: pilihan pendingin CPU juga dapat memengaruhi opsi RAM Anda. Tergantung pada konfigurasi, pendingin profil rendah mungkin memerlukan RAM profil rendah juga, jadi pastikan Anda mempertimbangkan ruang kosong antara pendingin CPU, motherboard, RAM, dan chassis.

RAM

Saat memilih RAM untuk PC SFF, Anda harus mempertimbangkan ukuran motherboard dan casing. Biasanya modul RAM berukuran standar, termasuk Mini-ITX, dapat digunakan di sebagian besar motherboard, walaupun ada beberapa batasan yang perlu dipertimbangkan.

  • Banyak motherboard Mini-ITX hanya memiliki dua slot RAM. Anda tetap dapat melengkapi PC dengan RAM berukuran 16 atau 32 GB menggunakan DIMM kapasitas stik tunggal yang lebih tinggi, tetapi Anda harus merencanakan jumlah memori sistem yang diperlukan.
  • Memori saluran tunggal dapat membatasi performa sistem. Tidak seperti motherboard berukuran penuh, di mana memiliki slot RAM kosong merupakan hal yang baik jika Anda berencana untuk upgrade nantinya, menggunakan satu stik RAM, berapa pun kapasitasnya, dapat membatasi sistem Anda karena menghambat akses ke bandwidth yang ditawarkan oleh memory dua saluran. Pastikan untuk memeriksa kapasitas maksimum memori saluran tunggal pada platform, dan apakah motherboard Anda mendukung saluran ganda.
  • Lihat RAM SO-DIMM. Untuk bentuk dan ukuran yang sangat kecil, seperti Intel® NUC, Anda mungkin memerlukan RAM SO-DIMM (Small-Outline Dual-Inline Memory Module) yang biasanya digunakan di laptop.

Penyimpanan

Pada sebagian besar motherboard, Anda biasanya memiliki fleksibilitas yang cukup dalam memilih Antara SSD atau HDD untuk penyimpanan, meskipun pilihan Anda terbatas pada parameter fisik casing. Anda dapat menggunakan port SATA di motherboard, tetapi ketersediaan ruang untuk drive penyimpanan SATA 2,5 atau 3,5 inci akan bergantung pada setelan Anda.

Bentuk dan ukuran penyimpanan M.2 dapat mengatasi potensi masalah tersebut. Perangkat penyimpanan ini langsung tersambung ke motherboard sehingga mengurangi pemakaian kabel, dan ukurannya yang lebih kecil sesuai dengan tujuan SFF. Banyak motherboard Mini-ITX yang bahkan mendukung beberapa drive M.2, meskipun Anda harus mempertimbangkan penempatan drive tersebut. Ruang kecil, seperti antara casing dan sisi bawah motherboard, dapat mengakibatkan panas berlebih pada M.2 jika pendinginan tidak memadai, yang dapat menyebabkan masalah performa.

Catu Daya

Anda harus memilih unit catu daya (PSU) yang tepat.

  • Tentukan apakah casing mendukung PSU berukuran penuh atau tidak. Banyak casing yang mendukung catu daya ukuran penuh, tetapi jika tidak, Anda mungkin perlu menggunakan faktor bentuk SFX. PSU tersebut dirancang agar lebih ringkas dan lebih fleksibel untuk ditempatkan.
  • Pertimbangkan catu daya modular. Catu daya modular memungkinkan Anda memilih kabel yang akan digunakan pada build, sehingga Anda dapat memilih kabel yang akan digunakan saja. Fleksibilitas ini membuat build tampak lebih rapi, yang merupakan perbedaan signifikan untuk ruangan kecil, dan dapat membantu dengan aliran udara.
  • Coba kabel dengan panjang kustom. Jika Anda menemukan masalah manajemen kabel pada casing, gunakan kabel PSU dengan desain panjang kustom, untuk fleksibiltas yang lebih tinggi.

Baca panduan catu daya ini untuk informasi lebih lanjut mengenai cara memilih PSU yang tepat.

Pendinginan Umum

Memilih perangkat keras yang pas dengan casing Anda adalah langkah pertama dalam merakit PC gaming SFF. Langkah kedua, pastikan sistem pendinginan dapat mendinginkan semua komponen. Termal dan pendinginan adalah bagian yang lumayan menantang saat merakit komputer kecil; semua komponen andal beroperasi dalam jarak yang begitu sempit sehingga menciptakan panas, dan panas tersebut harus dapat dihilangkan.

  • Semakin kecil ukurannya, maka pengelolaan termal pada build akan semakin sulit. Hal ini sangat terasa jika Anda melakukan overclock(2) perangkat keras atau merasakan temperatur jadi semakin tinggi seiring dengan berjalannya waktu. Anda harus memastikan bahwa perangkat keras masih berada dalam batas operasi dengan cara menguji build pada beban kerja yang menuntut serta terus memantau temperatur dan performa komponen, agar Anda dapat mendeteksi masalah yang ada.
  • Pastika kabel dikelola dengan baik. Pada PC gaming SFF, Anda harus memastikan bahwa kabel tidak mengurangi efektivitas pendinginan aktif (misalnya menghalangi putaran kipas), atau menghalangi jalur aliran udara.
  • Pertimbangkan dengan saksama letak kipas. Dengan memaksimalkan lokasi pemasangan kipas di casing, Anda dapat memastikan bahwa aliran udara sudah benar. Sebaiknya seimbangkan konfigurasi saluran masuk dan keluar kipas, dan berfokus pada pembuatan jalur yang efektif untuk mengeluarkan udara panas dari perangkat keras ke luar sistem Anda.
  • Cari bantuan online. Lihat buku panduan atau situs web casing Anda untuk bantuan mengenai konfigurasi kipas dan kabel yang ideal. Sumber daya lainnya yang tak kalah bagus adalah komunitas SFF online. Dapatkan inspirasi dengan meninjau sistem lengkap pada casing yang sama seperti Anda, dan jawaban atau ide mengenai masalah yang Anda hadapi saat merakit build.

Berpikir Sederhana

Merakit PC gaming SFF bukan berarti Anda harus mengorbankan kemampuan atau fitur.

Walaupun bentuk dan ukuran yang lebih kecil memiliki tantangan termal dan logistik unik tersendiri, ragam perangkat keras SFF memungkinkan Anda untuk menyesuaikan build dalam ukuran lebih kecil.

Jika Anda merupakan kalangan antusias PC yang sudah membuat beberapa rakitan, tingkatkan kemahiran dan tantang diri Anda dengan PC yang lebih kecil!

Informasi Produk dan Performa

1

Fitur dan keunggulan teknologi Intel® bergantung pada konfigurasi sistem dan mungkin memerlukan perangkat keras yang didukung, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Performa bervariasi, bergantung pada konfigurasi sistem. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Tanyakan pada produsen atau retailer sistem Anda untuk mempelajari selengkapnya.

2

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.