Cara Memilih CPU Gaming

Fokus Utama:

  • Dari pengaturan kecepatan frame hingga gameplay yang dapat diskalakan, CPU merupakan komponen yang sangat penting untuk gaming.

  • Kecepatan clock CPU dan jumlah inti membantu untuk menunjukkan kemampuan performanya.

  • CPU tertentu memiliki fitur tambahan seperti kemampuan overclock dan grafis terintegrasi.

  • Prosesor Intel® Core™ memberikan beragam performa dari tingkat pemula hingga tingkat tertinggi.

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Prosesor tersedia dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang dapat memengaruhi performa gaming. Kami akan membantu Anda mempersempit daftar kandidat sehingga Anda dapat menemukan CPU gaming yang sempurna untuk Anda.1

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari PC desktop atau laptop, penting bagi Anda untuk memastikan CPU siap untuk menghadapi tantangan.

Meskipun CPU tahan lama dan mampu bertahan bertahun-tahun bila dirawat dengan benar, teknologi PC terus berevolusi. CPU game baru memanfaatkan kecepatan clock yang lebih cepat, ukuran cache yang lebih besar, dan jumlah thread lebih tinggi, memungkinkan peningkatan performa bila dipasangkan dengan perangkat keras modern.

Gaming adalah salah satu bidang yang mendapat manfaat dari evolusi ini. CPU secara substansial memengaruhi berbagai aspek game terbaru, termasuk:

Pada akhirnya, menemukan prosesor gaming terbaik untuk PC Anda tergantung pada pengalaman gaming seperti yang Anda harapkan, dan bagaimana sistem Anda akan digunakan.
Langkah pertama ada memilih sistem tersebut.

Langkah 1: Mencari tahu yang Anda perlukan dari CPU

Sebelum Anda dapat menentukan CPU, pertimbangkan di mana Anda ingin menggunakan PC. Apakah Anda mencari portabilitas, atau apakah Anda suka pengalaman desktop? (Untuk membantu memutuskan, pelajari lebih lanjut tentang Laptop Gaming dan Desktop Gaming).

Berikutnya, pertimbangkan bagaimana rencana Anda menggunakan sistem baru Anda. Untuk kepentingan dari artikel ini, kami akan berasumsi Anda menggunakan PC untuk gaming, tetapi tugas-tugas seperti streaming, pengeditan video, atau aplikasi profesional juga dapat memengaruhi pilihan perangkat keras Anda.

Ingatlah hal-hal yang perlu dipertimbangkan tersebut saat kita membahas beberapa istilah seperti jumlah inti dan kecepatan inti yang penting untuk diketahui saat membandingkan CPU.

Langkah 2: Pelajari Cara Kerja CPU

Setelah Anda mengetahui jenis sistem yang akan Anda gunakan untuk bermain, langkah selanjutnya adalah untuk mempersiapkan diri Anda dengan pengetahuan dasar tentang bagaimana prosesor memengaruhi performa sistem Anda. Mengetahui bagaimana kecepatan clock dan jumlah inti memengaruhi pengalaman gaming akan membantu memastikan bahwa Anda membeli CPU yang dapat melakukan semua yang Anda inginkan.

Jumlah Inti CPU

CPU game modern memiliki banyak core. Masing-masing core tersebut bertindak seperti prosesor tambahan, yang memungkinkan CPU untuk memproses banyak instruksi secara bersamaan.

Banyak game PC yang memanfaatkan banyaknya core, namun jumlah core yang lebih banyak menjadi semakin penting saat menjalankan tugas yang menyita CPU di luar game, seperti video encoding atau penggunaan program yang rumit untuk kreasi konten tingkat tinggi.

Jika Anda menggunakan CPU untuk lebih dari sekedar game — misalnya, streaming permainan game sambil bermain game — core tambahan dapat membuat perbedaan. CPU dengan jumlah core yang lebih tinggi mampu menangani beban kerja yang membuat CPU core tunggal harus berjuang, bahkan bila CPU itu memiliki kecepatan clock yang sangat tinggi sekalipun.

Kecepatan Clock CPU

Kecepatan clock CPU (juga disebut kecepatan clock atau frekuensi) adalah jumlah siklus yang dapat dijalankan CPU setiap detik. Ini adalah hal dasar tetapi menjadi pertimbangan penting saat memilih CPU. CPU modern menjalankan miliaran siklus per detik, jadi kecepatan clock diukur dalam gigahertz (GHz). Anda dapat membaca lebih lanjut tentang kecepatan clock dan siklus CPU di sini dan mempelajari bagaimana metrik ini dapat memengaruhi pengalaman bermain game Anda.

Secara umum, semakin tinggi kecepatan clock per core, semakin baik. Ketika memilih CPU baru, cari kecepatan clock tertinggi yang sesuai dengan anggaran Anda, dan pastikan Anda memiliki inti/thread yang dibutuhkan untuk beban kerja Anda.

Langkah 3: Pertimbangkan Fitur CPU Tambahan

Selain ukuran-ukuran sederhana seperti kecepatan clock dan jumlah core, ada sejumlah fitur lain yang patut dipertimbangkan saat memilih CPU baru.

Grafik Terintegrasi

Kebanyakan CPU Intel® menggunakan grafis terintegrasi, yang berarti CPU dapat menampilkan gambar pada layar tanpa GPU terpisah. Grafis terintegrasi dapat bermanfaat, khususnya saat memecahkan potensi masalah yang melibatkan GPU terpisah.

Grafis terintegrasi juga dapat membantu jika Anda bekerja dengan pengeditan atau video streaming. Sebagai contoh, Intel® Quick Sync video adalah fitur yang dimasukkan ke dalam CPU modern Intel® yang dengan cepat melakukan encoding dan decoding file video, membebaskan potensi sumber daya sistem yang bisa digunakan di tempat lain.

Satu-satunya CPU Intel® yang tidak memiliki grafis terintegrasi adalah CPU dengan penandaan F seperti prosesor Intel® Core™ i7-12700KF. CPU tersebut dirancang untuk pengguna yang tahu mereka akan menggunakan GPU terpisah untuk sistem mereka.

Fitur Khusus Laptop

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa laptop dapat memiliki performa layaknya desktop saat bermain game. Bahkan jika Anda memprioritaskan performa di atas yang lain, laptop modern dibuat untuk menangani beban kerja gaming yang menuntut.

Saat memilih laptop gaming, cari CPU Intel® dengan penandaan H seperti Intel® Core™ i7-10750H. Prosesor ini dirancang khusus untuk memprioritaskan konsumsi daya dan masa pakai baterai untuk PC yang portabel.

Overclocking

Faktor lain untuk dipertimbangkan saat memilih CPU adalah apakah Anda ingin melakukan overclok atau tidak.

Overclock2 juga dapat meningkatkan kecepatan clock, dan alat seperti Intel® Performance Maximizer membuatnya menjadi lebih mudah untuk mencapai clock yang stabil.

Jika gemar menyetel performa perangkat keras Anda, carilah penandaan “K” pada akhiran nama prosesor, seperti pada prosesor Intel® Core™ i7-12700K. Hal ini menunjukkan bahwa CPU dirancang untuk dapat dioverclock. Dengan asumsi Anda memiliki perangkat keras yang tepat, seperti solusi pendinginan yang layak dan motherboard yang mendukung overclocking, Anda dapat menikmati kecepatan clock yang lebih tinggi dengan CPU yang tidak terkunci.

Langkah 4: Temukan Prosesor Intel® Core™ yang Tepat untuk Anda

Setelah kita bahas hal-hal yang mendasar, mari kita cari tahu tingkat performa CPU yang tepat untuk Anda.

Kemampuan prosesor dan chipset sering kali ditentukan oleh generasi CPU (misalnya, Generasi ke-11, atau Generasi ke-12). Sebagai aturan umum, semakin tinggi angka, semakin kaya fitur CPU tersebut, dengan jumlah core dan thread, serta kecepatan clock yang lebih tinggi, dan ukuran cache lebih besar. Tingkatan performa ini menawarkan cara yang berguna untuk menemukan keseimbangan fitur yang Anda cari.

Meskipun ada banyak opsi dalam setiap kategori, dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Intel® Core™ i3, untuk performa tingkat pemula
  • Intel® Core™ i5, untuk performa tingkat menengah
  • Intel® Core™ i7, untuk performa tingkat tinggi
  • Intel® Core™ i9, untuk performa tingkat tertinggi

Sebagai contoh, berikut adalah jumlah inti dan thread untuk beberapa prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 tertentu:

Mulai dengan memilih segmen prosesor Intel® Core™ yang berhubungan dengan kebutuhan Anda, lalu cari fitur tambahan — seperti kemampuan melakukan overclock2 — yang penting bagi Anda. Lihat panduan ini untuk nama CPU Intel® yang menyoroti banyaknya pilihan yang tersedia.

Salah satu kekuatan pasar perangkat keras PC saat ini adalah banyaknya pilihan yang memungkinkan Anda untuk menemukan produk yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran Anda. Keragaman CPU yang tersedia berarti terdapat satu prosesor ideal untuk sistem apapun, entah seperti apa Anda ingin menggunakannya.

Langkah 5: Periksa Benchmark

Sementara hal-hal dasar tersebut akan memberi Anda alat untuk memilih CPU, akan sangat mungkin terdapat beberapa model CPU yang menawarkan performa yang Anda butuhkan sesuai anggaran Anda.

Salah satu cara terbaik membantu mempersempit pencarian adalah menggunakan benchmark yang menyerupai cara Anda ingin menggunakan PC. Sebagai contoh, cari game tertentu yang akan Anda mainkan, bersama dengan model prosesor yang Anda pertimbangkan, dan evaluasi metrik performa seperti FPS untuk menemukan CPU game yang cocok dengan kebutuhan dan harapan Anda. Perangkat keras lain perlu dipertimbangkan juga, seperti GPU dan RAM sistem, tetapi ini dapat menjadi tempat yang baik untuk memulai pencarian CPU Anda.

Untuk bacaan lebih lanjut, lihat panduan kami tentang memahami benchmark CPU dan, jika Anda berencana untuk memasang CPU baru sendiri, bagaimana mengaplikasikan pasta termal dengan benar.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Kemampuan prosesor dan chipset sering kali ditentukan oleh generasi CPU (misalnya, Generasi ke-10, atau Generasi ke-11). Generasi CPU dapat memengaruhi fitur yang didukung seperti opsi I/O, konektivitas jaringan, dan kompatibilitas dengan perangkat keras terbaru. Memprioritaskan prosesor generasi terbaru memastikan Anda dapat memanfaatkan semua fitur dan dukungan perangkat keras terbaru dalam sistem Anda. Klik di sini untuk mempelajari tentang generasi laptop dan desktop terbaru, serta teknologi baru yang didukungnya.

Seri X memiliki jumlah inti tertinggi dalam rangkaian Intel® Core™. CPU ini dirancang khusus untuk alur kerja pembuat konten ahli, dan mungkin tidak praktis untuk digunakan sebagai komputer gaming. Misalnya, Intel® Core™ i9-10920X Seri X memiliki 12 inti dan 24 thread.

Pastikan CPU memenuhi atau melebihi persyaratan sistem minimum untuk game yang ingin Anda mainkan. Judul game PC AAA yang menuntut akan mendapat manfaat dari prosesor Intel® Core™ i7 atau prosesor Intel® Core™ i9 baik pada laptop maupun desktop.

Mempertahankan kecepatan frame secara konsisten di atas 60 gram per detik memerlukan prosesor dengan kemampuan performa yang cukup. Kondisi ini akan bervariasi dari game ke game. Benchmark akan memberikan indikasi yang bagus prosesor yang Anda butuhkan.

Tergantung. Kebutuhan perangkat keras untuk output video HDR relatif sederhana. Semua prosesor Intel® Core™ Generasi ke-7 dan lebih baru memiliki dukungan monitor HDR bawaan. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa persyaratan perangkat keras untuk menjalankan game dengan kecepatan frame yang lebih tinggi meningkat jika Anda menggunakan monitor dengan resolusi lebih tinggi.

Untuk hasil yang ideal, komputer yang menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 atau lebih baik dengan RAM setidaknya 8 GAM cukup untuk memainkan game dan streaming secara bersamaan. Jika Anda mengharapkan dampak yang lebih kecil terhadap performa game Anda, prosesor Intel® Core™ i9 akan menghasilkan pengalaman yang lebih halus lagi. Cari tahu selengkapnya.

Informasi Produk dan Performa

1

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus meninjau konten ini, mempelajari sumber lainnya, dan memastikan apakah data yang dirujuk akurat.

2

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.