Pendinginan PC: Pentingnya Menjaga PC Anda Tetap Dingin

Fokus Utama:

  • Dampak panas

  • CPU/GPU

  • Perangkat keras lainnya

  • Aliran udara dan debu

  • Menjaga tetap dingin

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Jika Anda menginginkan PC Anda berperforma terbaik, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang pendinginan PC.1 2 

Pendinginan PC merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat merakit PC.

Ini sudah merupakan pengetahuan umum bagi banyak perakit PC, tetapi mencari tahu mengapa pendinginan merupakan bagian integral dari suatu pembuatan dapat berguna, sebagaimana menerapkan prinsip-prinsip ini pada rakitan baru.

Dasar-dasarnya sederhana: beban kerja yang berukuran besar (seperti game) menyebabkan panas yang dihasilkan perangkat keras. Komponen yang mengalami panas berlebih dapat mengakibatkan masalah kinerja. Penyetelan yang ideal menjaga semua komponen Anda tetap dingin dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan kinerja terbaik dari sistem.

Bagaimana Panas Dapat Memengaruhi Performa

Panas merupakan produk yang tidak bisa dihindari dari pengoperasian perangkat keras komputer, tetapi terlalu banyak panas bisa menyebabkan perlambatan di seluruh sistem Anda.

Jika suhu CPU terlalu tinggi, sebuah mekanisme akan memicu kinerja yang dikurangi untuk menghindari kerusakan pada prosesor. Menurut Mark Gallina, System Thermal & Mechanical Architect di Intel, “CPU Intel® menghasilkan fitur manajemen termal yang sangat kokoh, yang dengan cepat menyesuaikan frekuensi operasi untuk mengurangi daya ketika solusi pendinginan sistem tidak mencukupi.”

Mekanisme keselamatan ini, yang terkadang disebut sebagai penskalaan frekuensi dinamis, berguna untuk melindungi prosesor Anda dari potensi kerusakan. Namun, perlindungan ini memengaruhi kinerja saat aktif. Pilihan yang lebih baik adalah membiarkan CPU cukup dingin sehingga mekanisme tersebut tidak terpicu sama sekali.

Banyak laptop yang menggunakan prosesor Intel® Core™ terbaru menggunakan fitur yang disebut Dynamic Tuning. Proses ini menggunakan AI untuk memprediksi beban kerja, dan dapat meningkatkan atau menurunkan kinerja CPU sebagaimana yang diperlukan untuk mengimbangi alur kerja tersebut. Ini semua dilakukan secara otomatis oleh komputer, tanpa memerlukan penyesuaian manual oleh pengguna.

Pengguna mempunyai kontrol penuh atas kinerja prosesor, melalui overclocking3 atau underclocking. Dengan mengubah tegangan yang tersedia ke CPU Anda, baik melalui BIOS atau dengan perangkat lunak overclocking, Anda dapat menambah atau mengurangi kecepatan prosesor, dan sebagai hasilnya, menambah atau mengurangi jumlah panas yang dihasilkan. Overclocking biasanya dilakukan untuk meningkatkan kinerja, tetapi jika konsumsi daya lebih rendah atau suhu lebih rendah adalah prioritas, underclocking juga dapat dicoba.

Cara Prosesor Tetap Dingin

Ada banyak cara untuk menjaga CPU tetap dingin, dari minyak mineral hingga pendinginan pasif, tetapi sejauh ini solusi yang paling populer adalah pendingin CPU udara atau cair. Pendingin ini menawarkan berbagai fitur dan opsi untuk kasus penggunaan apa pun, dari desktop ke sistem portabel. Laptop biasanya menggunakan sistem pendinginan udara canggih yang dirancang khusus untuk chassis yang lebih kecil dan biasanya tidak dirancang untuk ditingkatkan atau diganti.

Pasta termal yang diterapkan dengan benar juga merupakan bagian kunci dari solusi pendinginan, karena berfungsi sebagai jembatan antara CPU dan pelat pendingin dari pendingin CPU.

Untuk memastikan pengoperasian dalam rentang suhu CPU yang ideal, bukalah halaman ini, lihat prosesor spesifik Anda, buka Spesifikasi Paket, dan periksa "Tjunction" prosesor tersebut. Jika CPU Anda berada di dekat suhu tersebut (yang bisa ditentukan dengan perangkat lunak pemantauan suhu seperti Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU)), sudah waktunya untuk mendiagnosis kemungkinan masalah. Mulailah dengan memastikan bahwa pasta termal dioleskan dengan benar, pendingin CPU Anda telah dipasang dengan benar, dan sistem Anda memiliki aliran udara yang memadai.

Jika Anda mencari suhu ideal untuk CPU Anda, tetapi tidak tahu mana yang ada dalam sistem, ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Langkah pertama adalah membuka Informasi Sistem di Windows* 10 (TOMBOL WINDOWS+i). Kemudian, buka bagian "System (Sistem)", lalu pilih tab "About (Tentang)" di sebelah kiri. Informasi prosesor Anda akan ditampilkan di bagian "Device Specifications (Spesifikasi Perangkat)". Jika Anda lebih suka informasi yang lebih lengkap seperti metrik kinerja langsung, buka Task Manager (Pengelola Tugas) (CTRL+SHIFT+ESC). Selanjutnya, pilih tab "Performance (Kinerja)", kemudian tab "CPU".

Bukan hanya CPU yang memerlukan manajemen suhu. GPU (graphics processing unit) adalah komponen penting lain dalam sebuah PC game dan juga perlu didinginkan dengan memadai. Solusi pendinginan GPU telah dipasang sebelumnya dan biasanya terdiri dari kipas yang dipasang dalam selubung di sekitar prosesor grafis. Selain itu, tersedia solusi purna jual seperti blok pendinginan cairan serta pendingin udara khusus untuk perakit tingkat lanjut yang tidak segan mencopot kartu grafis untuk opsi pendinginan yang lebih disesuaikan.

Suhu GPU dan CPU harus diprioritaskan, karena ini adalah pusat pemrosesan utama PC game. Namun pertimbangan tersebut bukanlah satu-satunya.

Perangkat Keras Lainnya

Semua komponen yang menggunakan listrik — berarti semua yang ada di PC — menciptakan panas ketika digunakan. Sebagian besar memiliki sistem pendinginan yang telah terintegrasi. RAM biasanya dilengkapi dengan heatsink logam yang dirancang untuk menyebarkan panas, dan catu daya biasanya memiliki kipas yang dirancang untuk tujuan ini. Bahkan motherboard memiliki heatsink untuk komponen yang menjadi panas, dan opsi modern kadang dilengkapi pelindung panas untuk penyimpanan M.2 sebagai pencegahan potensi perlambatan yang disebabkan oleh panas berlebih.

Namun, menjauhkan panas dari komponen hanya separuh perjuangan. Jika semua komponen menyebarkan panas ke area kecil, seperti bagian dalam kotak PC, suhu di sekitarnya dapat meningkat dengan cepat. Jika tidak berventilasi baik, udara panas dapat mengakibatkan sistem mengalami panas berlebih, dan kinerja bisa juga berubah.

Itulah fungsi aliran udaranya.

Pentingnya Aliran Udara

Casing PC yang baik harus memperhitungkan aliran udara, baik dengan mengoptimalkan penempatan kipas, atau dengan memberikan opsi aliran udara kepada perakit. Banyak casing yang dilengkapi kipas terpasang, tetapi bahkan untuk yang tidak dilengkapi kipas, akan ada area untuk memasangnya - biasanya di bagian depan, belakang, atau di dekat bagian atas. Kipas PC dapat berbeda secara drastis dalam desain dan ukuran, dari kipas casing 120 mm umum hingga konfigurasi lebih khusus dengan ukuran, kedalaman, level bising, dan pertimbangan estetika yang berbeda-beda.

Walaupun kipas casing PC memiliki tujuan yang sama, kipas yang berbeda dirancang untuk skenario yang berbeda. Kipas tekanan statis, misalnya, dirancang untuk menggerakkan sejumlah kecil udara dalam jarak yang lebih pendek, seperti melalui heatsink. Kipas yang dirancang untuk aliran udara yang lebih tinggi lebih berfokus pada jumlah udara yang dapat dipindahkan.

Sesuatu yang harus diingat saat memasang solusi aliran udara: Kipas PC menarik udara melalui rumah motor, yang berarti semua stiker, jaringan kabel, merek, atau kisi pelindung kemungkinan besar akan terpasang di bagian belakang kipas. Ini adalah sisi yang akan mengeluarkan udara, jadi pastikan untuk memasangnya dengan benar.

Motor yang memberi daya kipas PC dirancang untuk berputar pada kecepatan tertentu saat dihidupkan. Memaksa kipas berputar terlalu cepat, baik saat dinyalakan atau tidak, dapat merusak motor.

Hati-hati saat membersihkan kipas, khususnya bila menggunakan udara bertekanan. Untuk mencegah stres pada kipas, pegang bilah di tempatnya, dan pastikan bilahnya tidak berputar saat dibersihkan.

Aliran Udara Positif dan Debu

Jika kipas kotak menyedot lebih banyak udara daripada yang ditiupkan, kipas akan menciptakan tekanan positif dalam casing. Saat kipas meniupkan lebih banyak udara daripada saat menyedot, hasilnya adalah tekanan negatif. Jika sistem memiliki tekanan negatif, udara akan ditarik melalui celah kecil dan ventilasi pada casing. Ini juga dapat menarik debu di dekatnya, yang berarti harus lebih sering dibersihkan untuk menjaga sistem berjalan secara optimal.

Konfigurasi tekanan positif membantu mengontrol debu, karena udara akan didorong keluar dari celah dan ventilasi casing. Debu tetap dibawa oleh udara yang masuk melalui kipas masuk, tetapi filter yang ditempatkan dengan benar dapat membantu mengatasinya. Tekanan udara positif lebih baik untuk mengurangi debu secara keseluruhan dengan memfokuskannya ke area dengan filter, yang kemudian dapat dibersihkan sebelum memasuki PC.

Aliran Udara Ideal

Seperti yang diketahui, tekanan positif yang terlalu banyak dapat memaksa kipas PC bekerja bertentangan satu sama lain saat mendorong udara ke dalam ruang yang terbatas pada chassis. Konfigurasi yang ideal adalah keseimbangan, dengan sedikit penekanan pada tekanan positif untuk mencegah penumpukan debu. Perakit dapat bereksperimen dengan tekanan udara positif dan negatif dengan mengubah penempatan, orientasi, dan kecepatan kipas dalam casing untuk menemukan pengaturan aliran udara yang sesuai untuk konfigurasi perangkat keras mereka.

Aliran udara tidak terlihat, tetapi cara sederhana untuk mengidentifikasi secara visual bahwa kipas arah menggerakkan udara dalam casing adalah dengan tongkat dupa. Secara hati-hati dekatkan dupa bakar di dekat saluran masuk atau keluar, dan perhatikan arah asap yang bergerak. Ini dapat menjadi alat bantu visual yang berguna, tetapi pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk abu atau baranya.

Melihat rakitan lain bahwa penggunaan casing tertentu mungkin berguna untuk memetakan strategi aliran udara yang ideal. Komunitas online merupakan tempat sempurna untuk mengajukan pertanyaan, dan menemukan sistem yang menggunakan perangkat keras yang sama. Mempelajari sistem ini dan solusi aliran udara yang mereka terapkan dapat menjadi referensi berguna untuk membuat milik Anda sendiri.

Pertimbangan Pendinginan Lain

Walaupun pengaturan kipas yang diterapkan dengan baik dan perangkat keras pendinginan yang tepat akan menangani kerja beratnya, ada faktor lain yang dapat memengaruhi suhu sistem.

  • Penempatan perangkat keras. Pertimbangkan tempat perangkat keras dipasang pada motherboard. Misalnya, menempatkan SSD M.2 langsung di bawah GPU tidak ideal, karena dapat menempatkan perangkat penyimpanan langsung di jalur udara panas yang keluar dari GPU. Opsi Anda mungkin dibatasi oleh pertimbangan seperti ukuran motherboard, tetapi cobalah mempertimbangkan ruang untuk pendinginan yang efektif saat menyatukan sistem.
  • Manajemen kabel. Memastikan kabel diatur dengan benar untuk mencegah halangan yang tidak perlu, tidak hanya akan membuat rakitan Anda menjadi lebih memukau secara estetika, tetapi juga dapat membantu aliran udara yang lebih baik. Hal ini terutama terjadi dalam rakitan faktor bentuk kecil, saat ruang menjadi sangat berharga. Manfaatkan opsi manajemen kabel yang disediakan oleh casing Anda, dan pertimbangkan catu daya modular untuk lebih mengurangi kekacauan kabel.
  • Kebersihan. Kumpulan banyak debu dapat menyebabkan masalah, termasuk halangan yang menghentikan kipas Anda dari operasi dengan kinerja puncak. Disarankan untuk membuka casing Anda dan membersihkannya dengan saksama dengan udara kompresi setiap beberapa bulan, serta gunakan tekanan udara positif sebagaimana dijelaskan di atas. Selalu lihat dokumentasi yang relevan untuk cara terbaik membuka casing Anda, cara membersihkan sistem Anda dengan benar, dan apakah Anda melanggar garansi atau tidak.
  • Suhu kamar. Mungkin tidak praktis jika terus-menerus menyalakan AC, tetapi suhu ruang yang lebih tinggi dapat berkontribusi terhadap panas berlebih pada PC. Jika Anda tinggal di tempat yang panas, ingatlah akan hal ini saat memilih solusi pendinginan.

Tetap Dingin

Pendinginan yang tepat mensyaratkan beberapa gagasan saat menyusun sistem Anda, tetapi jika Anda mengikuti panduan di atas, tidak akan sulit. Pengaturan pendinginan yang ideal bekerja untuk menjaga semua komponen dalam sebuah sistem pada temperatur optimalnya, dan harus dirancang untuk melengkapi konfigurasi perangkat keras tertentu dalam sistem tersebut.

Rencanakan pendinginan PC secara hati-hati tidak sekadar praktik yang baik. Hal ini juga baik untuk mendapatkan performa terbaik dari rakitan, dan berpotensi menambah masa pakai komponen Anda.

Informasi Produk dan Performa

1

Fitur dan keunggulan teknologi Intel® bergantung pada konfigurasi sistem dan mungkin memerlukan perangkat keras yang didukung, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Performa beragam tergantung pada konfigurasi sistem. Tidak ada sistem komputer yang bisa benar-benar aman. Hubungi produsen maupun peritel sistem Anda, atau pelajari lebih lanjut di http://www.intel.co.id.

2

Intel menyangkal setiap jaminan yang dinyatakan secara tegas atau tersirat, termasuk namun tidak terbatas pada, jaminan tersirat atas kelayakan untuk diperdagangkan, kesesuaian untuk tujuan tertentu, dan non pelanggaran, serta setiap garansi yang muncul akibat dari kinerja, transaksi, atau penggunaan dalam perdagangan.

3

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.