Lakukan Overclock pada CPU dengan Intel® Performance Maximizer

Lakukan overclock dengan meyakinkan menggunakan pengujian CPU otomatis Intel®.

Fokus Utama:

  • Fungsi

  • Yang Anda butuhkan

  • Cara penggunaan

  • Unduhan

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Apa itu Overclocking?1

Anda pasti pernah mendengar tentang overclock — peningkatan kecepatan prosesor melebihi pengaturan pabrik. Ini berarti meningkatkan frekuensi siklus instruksi yang dilakukan CPU (Central Processing Unit) setiap detik, disebut “kecepatan clock”, dan menyesuaikan tegangan listrik yang dikirim ke CPU.

Mempercepat prosesor atau “otak” komputer, berarti mengambil dan memproses informasi dengan lebih cepat. Overclock dapat mempercepat CPU tanpa memerlukan perangkat keras baru. Hal ini dapat meningkatkan performa dalam program yang dibatasi oleh kecepatan CPU.

Tapi ada beberapa tantangan yang harus diatasi sebelum Anda dapat memulai proses overclock. Proses tradisional mencakup mengubah BIOS atau UEFI (antarmuka berbasis teks yang ditampilkan sebelum boot sistem operasi) dan menguji secara manual kestabilan CPU pada kecepatan yang lebih tinggi atau dengan beban yang berat.

Meskipun ini cara yang bagus untuk mempelajari cara overclock pada CPU, ini cukup memakan waktu. Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU) menyederhanakan proses pengujian tekanan dan pemantauan CPU Intel® untuk menemukan overclock yang stabil dengan memungkinkan pengguna bekerja di sistem operasi, bukan di BIOS.

Namun, ada metode overclocking yang lebih mudah untuk prosesor Intel® Core™ generasi terbaru: Intel® Performance Maximizer.

Apa Itu Intel® Performance Maximizer?

Intel® Performance Maximizer adalah perangkat lunak overlclocking yang menggunakan pengujian yang didukung mesin untuk overclocking otomatis pada prosesor Intel® Core™ generasi terbaru. Intel® Performance Maximizer menggantikan proses pengujian dan penyetelan overclock manual. Perangkat lunak ini melakukan pengujian cerdas, lalu menemukan frekuensi stabil maksimum untuk melakukan overclock berdasarkan karakteristik CPU masing-masing.

Bagaimana cara pengujian bekerja? Menurut Aaron Mcgavock dari departemen Performa Klien/Pemasaran Strategis Intel: “Intel® Performance Maximizer menggunakan pengujian berhak-milik untuk mencakup beragam tekanan dan algoritme yang mungkin dihadapi prosesor saat beroperasi. Cakupan ini diuji pada basis core-demi-core dan dapat berlangsung selama beberapa jam hingga selesai, tergantung pada jumlah core prosesor Anda.”

Intel® Performance Maximizer menggunakan ruang penyimpanan hingga 16GB untuk menciptakan partisi di mana ini dapat menguji CPU tanpa gangguan dari sistem operasi dan perangkat lunak lainnya. Proses ini dilakukan pada lingkungan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface), yaitu antarmuka yang di-boot sebelum OS, dan yang menggantikan BIOS (Basic Input/Output System) di kebanyakan komputer modern. Saat pengujian berlangsung, komputer akan di-boot ulang untuk memasuki lingkungan tersebut.

Selain ruang kosong sebesar 16 GB, Anda juga memerlukan hal berikut untuk memulai:

  • Prosesor Intel® Core™ generasi terbaru yang kompatibel dengan penandaan K.
  • Windows* 10.
  • Motherboard dengan kemampuan overclock, chipset Z390, dan BIOS terbaru
  • RAM minimal 8 GB.
  • Solusi pendinginan aksesori seperti pendingin udara multikipas atau pendingin cairan All-in-One (AIO). Pendinginan yang lebih baik dapat membantu CPU mencapai kecepatan yang lebih tinggi dengan aman.
  • Beberapa jam tanpa penggunaan PC (durasi pengujian tergantung pada jumlah core). Jangan mematikan PC selama pengujian berlangsung karena akan menghentikan proses.
  • Penyimpanan cadangan. Sebelum melanjutkan, cadangkan semua data penting ke drive yang akan dipartisi.

Bagaimana Cara Menggunakan Intel® Performance Maximizer?

Sebelum memulai instalasi, nonaktifkan semua perangkat lunak overclocking. Jika Anda sebelumnya telah mengubah pengaturan BIOS Anda, silakan mengacu ke halaman 7-8 dari panduan pengguna Intel® Performance Maximizer untuk mengembalikannya ke kondisi bawaan.

Selanjutnya, unduh Intel® Performance Maximizer. Buka file .exe dan berikan izin administrator jika diminta:

Mulai ulang sistem setelah Anda menerima perjanjian lisensi dan menginstal program.

Setelah sistem reboot, buka Intel® Performance Maximizer​​. Baca pelepasan tanggung jawab hukum mengenai efek overclocking dengan saksama.

Pilih perangkat penyimpanan internal (bukan drive atau stik USB eksternal) untuk membuat partisi UEFI. Jika ruang tidak tersedia, Intel® Performance Maximizer dapat mengecilkan partisi yang ada. Cadangkan semua data penting sebelum Anda melakukan langkah ini.

Intel® Performance Maximizer mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk menciptakan partisi. Kini Anda siap untuk memulai pengujian!

Perlu diperhatikan: Pengujian dapat berlangsung selama beberapa jam. Intel® Performance Maximizer secara individual dan saksama menguji setiap inti dari CPU Anda, yang lebih memakan waktu daripada mengandalkan data standar untuk memprediksi performanya. Dengan demikian, hasil akan lebih akurat karena hanya ada sedikit perbedaan dalam proses produksi setiap chip silikon. Artinya, pengujian pada CPU delapan core akan berlangsung lebih lama daripada CPU empat core. Boot ulang berkali-kali adalah hal yang normal selama pengujian berlangsung.

Jangan mematikan komputer selama pengujian berlangsung karena akan menghentikan proses. Hal ini dapat menyebabkan hasil yang tidak akurat.

Klik “Lanjutkan” jika Anda sudah siap memulai. Selama pengujian, Intel® Performance Maximizer akan melaporkan kemajuan dari lingkungan UEFI (tempat yang memungkinkan pengujian tanpa menjalankan windows):

Anda dapat membatalkan pengujian dengan aman saat muncul pesan “Tekan tombol apa pun dalam 10 detik untuk membatalkan pengujian”.

Setelah pengujian selesai, sistem akan reboot agar Intel® Performance Maximizer dapat menerapkan pengaturan baru. Lalu utilitas akan menampilkan ringkasan peningkatan kecepatan clock CPU:

Jika pesan galat muncul kapan pun selama proses, silakan mengacu ke bagian Memecahkan Masalah dari panduan pengguna Intel® Performance Maximizer.

Setelah mengklik “Selesai”, sebaiknya pastikan bahwa sistem sudah stabil. Mulai ulang satu kali lagi, lalu jalankan pengujian tekanan dengan Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU) untuk memastikan bahwa sistem sudah stabil.

Nikmati Hasil Overclock

Intel Performance Maximizer memudahkan Anda untuk tidak perlu lagi melakukan coba-coba saat overclock. Tidak seperti perangkat lunak overclocking lainnya, Intel Performance Maximizer mengandalkan hasil pengujian dengan bantuan mesin, bukan sekadar “karakter data yang sudah ditentukan sebelumnya”.

Seperti kata Mcgavock, Intel® Performance Maximizer menjalankan “analisis validasi performa yang sangat kokoh, lalu secara otomatis menyesuaikan pengaturan agar sesuai dengan kemampuan unik dari setiap prosesor yang tidak terkunci.”

Singkatnya, Intel® Performance Maximizer memudahkan proses overclocking bagi semua pemilik prosesor Intel® Core™ generasi terbaru tak terkunci.

Cukup ikuti langkah di atas untuk melepaskan kecanggihan CPU Intel® Anda.

Unduhan

Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU): Digunakan untuk menguji tekanan CPU setelah proses overclock.

Panduan Intel® Extreme Memory Profile (Intel® XMP): Pelajari lebih lanjut tentang meningkatkan kecepatan RAM dengan fitur ini, yang dapat diaktifkan pada PC dengan CPU Intel® dari layar BIOS.

Informasi Produk dan Performa

1

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.