Bagaimana Cara Melakukan Overclock RAM

Melakukan overclock RAM dapat menghasilkan kecepatan memori yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik dari PC Anda. Berikut cara Anda melakukannya.1 2 3 4

Melakukan overclock sering dipikirkan di dalam konteks CPU dan GPU, namun Anda dapat juga melakukan overclock RAM (memori akses acak) untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi.

kecepatan RAM, diukur dalam MHz, mengacu pada tingkat transfer data. Semakin cepat tingkat transfer data, semakin baik kinerja RAM. Melakukan overclock RAM mencakup memodifikasi parameter tertentu seperti pengaturan waktu dan voltase untuk memungkinkan modul dioperasikan dengan kecepatan yang lebih tinggi dari yang mereka bisa di luar kebiasaan.

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi stabilitas, performa, dan umur prosesor dan komponen lainnya.

Bagaimana Cara Overclock RAM Bekerja?

RAM PC menyimpan data yang digunakan oleh prosesor. Seperti halnya leher botol apa pun, semakin lama CPU menunggu informasi yang dibutuhkan dari RAM, semakin berkurang pula efisiensi operasi. RAM dengan kecepatan yang lebih tinggi dapat menyediakan data ke prosesor lebih cepat, yang berpotensi meningkatkan kinerja PC Anda.

Kinerja RAM utamanya tergantung pada frekuensi operasinya, dan juga karakteristik latensi, yang sering disebut sebagai "pengaturan waktu".

RAM dengan frekuensi yang lebih tinggi akan mengeksekusi transfer data yang lebih cepat. Tetapi dalam hal pengaturan waktu, lebih rendah sebenarnya lebih baik. Hal ini karena setiap pengaturan waktu berkorespondensi pada latensi tertentu, atau waktu di antara operasi. Semakin sedikit waktu di antara operasi, semakin baik.

Frekuensi dan Pengaturan Waktu

Di dunia yang ideal, RAM akan memiliki frekuensi yang tinggi dan pengaturan waktu yang rendah. Keduanya harus dipertimbangkan bersama untuk menentukan kinerja keseluruhan RAM.

Kompromi biasanya perlu dibuat dalam rangka meningkatkan salah satu atau menurunkan yang lain. Sederhananya, saat modul memori dioperasikan di frekuensi tingi, lebih sulit untuk menjaganya tetap stabil. Untuk menghadapi tantangan stabilitas di kecepatan tinggi, pengaturan waktu memori sering ditingkatkan. Ini meningkatkan waktu (latensi) di antara operasi, dan membantu menjaga transfer tetap stabil. Latensi yang meningkat akan mengurangi kinerja dan berpotensi menghilangkan keuntungan dari frekuensi yang lebih tinggi, tergantung pada ukuran peningkatan frekuensi.

Pabrikan modul memori mengetahui hal ini dan secara hati-hati memilih cip memori untuk setiap stik, menguji, dan mencocokkan modul memori yang dapat mencapai kemungkinan kinerja tertinggi. Kualifikasi dan usaha tambahan ini sering berdampak pada harga yang lebih tinggi, yang menjadi alasan mengapa RAM latensi-rendah berkecepatan-tinggi cenderung lebih mahal.

Keduanya penting, namun secara umum, frekuensi lebih tinggi sering lebih penting dari pengaturan waktu dalam hal dampak kinerja untuk pengguna pada umumnya.

Ini adalah contoh label RAM yang menunjukkan frekuensi dan spesifikasi pengaturan waktu. Ini adalah modul DDR4 yang beroperasi di frekuensi 3200 MHz. Rangkaian angka, dalam kasus ini 14-14-14-34, merujuk pada pengaturan waktu stok dari RAM.

Menetapkan Garis Dasar

Ketika Anda melakukan overclock perangkat keras apa pun, termasuk RAM, penting untuk menetapkan tingkat garis dasar dari kinerja sebelum memodifikasi pengaturan apa pun. Ini akan memungkinkan Anda untuk secara jelas melihat hasil dari usaha Anda dan membandingkan perbedaan terhadap kinerja stok.

Sebelum mencoba melakukan overclock apa pun, jalankan program patokan untuk menetapkan garis dasar ini. Ada beberapa program yang memungkinkan Anda melakukan ini, seperti memtest86+ (yang memerlukan diska boot), Aida64. MaxxMEM2, atau perangkat lunak Performance Test. Setelah menjalankan program tolok ukur pilihan Anda, pastikan Anda tetap mengingat hasil Anda untuk dibandingkan nantinya.

Selanjutnya, saatnya memulai overclock. Kita akan mengulas tiga teknik berbeda untuk melakukan overclock RAM, tergantung pada apakah Anda pelaku overclock pemula, menengah, atau lanjutan.

Pengguna Pemula: Intel® XMP

Jika Anda baru mengenal overclock RAM, Anda mungkin menemukan bahwa teknologi Profil Memori Ekstrem Intel® (Intel® XMP) adalah cara hebat untuk mencapai kecepatan ultracepat tanpa harus tenggelam terlalu jauh ke dalam detail. Modul memori yang kompatibel dengan Intel® XMP memiliki pengaturan optimal yang sudah ditentukan, dan banyak motherboard dapat mendeteksi pengaturannya dan secara otomatis menerapkannya tanpa harus memodifikasi frekuensi, pengaturan waktu, dan voltase secara manual.

Untuk menemukan pengaturan XMP Intel®, Anda perlu memasuki BIOS PC Anda.

Pengaturan Intel® XMP sering akan menawarkan Anda kemungkinan untuk berpindah antara berbagai profil, yang menyediakan tingkat berbeda dari kinerja overclock. Ini dapat bervariasi tergantung pada pabrikan motherboard dan memori, namun biasanya salah satu akan menyediakan overclock yang lebih stabil, sementara yang lain mungkin lebih ambisius dalam hal target kinerja. Pilih apa pun yang masuk akal bagi Anda, dan ingat Anda dapat mengubahnya nanti.

Pilih profil yang ingin Anda gunakan, simpan dan terapkan pengaturan Anda, dan hidupkan ulang PC Anda.

Intel® XMP membuat overclock RAM sederhana dengan menerapkan pengaturan yang tepat untuk modul Anda sesuai rekomendasi dari pabrikan modul memori.

Di tangkapan layar di atas, Anda akan melihat pengaturan yang digunakan untuk modul RAM kami:

  • Atur frekuensi memori ke 3200 MHz.
  • Atur Pengaturan Waktu di 14-(14)-14-34.
  • Atur memori voltase ke 1.35 V.

Setelah menerapkan perubahan Anda dan menghidupkan ulang, kunjungi kembali perangkat lunak yang Anda gunakan untuk mendapatkan skor patokan pertama Anda, dan jalankan kembali. Dalam contoh di bawah, kami menggunakan Aida64, yang menawarkan percobaan gratis.

Stok: kami mendapat nilai antara 32 dan 33 GB/detik dengan latensi 60 ns (nanodetik).

Dengan Intel® XMP teraktivasi, kami mendapat nilai antara 46 dan 48 GB/detik. Latensi sekarang turun ke hanya 47 ns.

Pengguna Menengah: Profil Memori Lanjutan

Intel® XMP memang sederhana untuk digunakan dan mengoptimalkan kinerja menurut spesifikasi pabrikan, namun mungkin tidak menyediakan fleksibilitas dan tingkat pengubahsuaian yang diinginkan oleh pengguna.

Jika Anda tertarik membuat perubahan Anda sendiri, beberapa motherboard menyediakan akses ke alat untuk mengubah pengaturan memori Anda. (Tidak semua motherboard menawarkan profil memori lanjutan ini; profil ini biasa ditemukan di moetherboard kelas atas yang dirancang untuk pencinta overclock). Ini ideal untuk pengguna yang menginginkan kontrol lebih lanjut dari apa yang ditawarkan Intel® XMP, namun tidak terlalu tertarik dengan detail mendalam dari menyesuaikan secara manual pengaturan individual.

Untuk memulai proses ini, akses BIOS Anda.

Ketika berada di BIOS Anda, jelajahi menu hingga Anda menemukan bagian yang memungkinkan Anda untuk mengubah profil memori Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan pilihan ini, cek dokumentasi motherboard Anda untuk informasi lebih lanjut.

Setelah Anda menemukan bagian ini, Anda harus memiliki akses ke menu dari mana Anda dapat memilih di antara berbagai kombinasi frekuensi, pengaturan waktu, dan voltase memori. Uji coba sering kali merupakan jalan terbaik di sini: uji berbagai pilihan berbeda hingga Anda menemukan satu yang bekerja paling baik untuk konfigurasi perangkat keras Anda.

Dalam kasus kami, kami mencoba beberapa pilihan, dan akhirnya menggunakan profil 3400 MHz. Ini adalah peningkatan 200 MHz dari profil Intel® XMP 3200 MHz, dan 734 MHz lebih tinggi dari stok frekuensi 2666 MHz. Profil ini dilengkapi pengaturan waktu lebih ketat juga, yang meningkatkan kinerja RAM kami secara keseluruhan.

Kami sekarang mengukur antara 50 dan 53 GB/detik pada latensi 45 ns.

Keterbatasan yang jelas dari contoh kami adalah fakta bahwa kami menggunakan empat modul 8GB. Salah satu cara mencapai kinerja overclock yang lebih tinggi adalah dengan mengurangi modul yang terpasang kami menjadi dua, sebagaimana banyak motherboard mengalami kesulitan mempertahankan kecepatan yang lebih tinggi seiring beban lintas slot memori meningkat.

Seperti metode overclock RAM lain, Anda akan ingin memulai ulang sistem Anda dan menjalankan program patokan setelah setiap perubahan yang Anda buat untuk membandingkan hasil dan memastikan sistem stabil.

Pengguna Lanjutan: Overclock Memori Manual

Pelaku overclock lanjutan mungkin mencari kontrol yang lebih mendetail, melebihi Intel® XMP dan Profil Memori Lanjutan. Jika demikian, menciptakan perubahan secara manual mungkin menjadi cara terbaik. Ingat bahwa hal ini dapat memakan waktu. Tidak jarang bahkan bagi pelaku overclock berpengalaman untuk menghabiskan berjam-jam untuk menghasilkan peningkatan kecil dalam kinerja. Meskipun begitu, metode ini memungkinkan kontrol yang paling presisi terhadap overclock Anda, yang ideal untuk sebagian pengguna.

Prinsip dasar di balik overclock RAM secara manual cukup lugas, dan mirip dengan proses overclock CPU. Hal ini melibatkan secara hati-hati menyesuaikan pengaturan seperti pengaturan waktu memori dari BIOS dalam rangka menemukan kombinasi yang menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi, pengujian untuk melihat apakah proses berhasil, dan kemudian mencoba lagi hingga Anda mencapai keseimbangan yang ideal dari frekuensi stabil maksimal dengan pengaturan waktu yang paling ketat.

Ketika menyesuaikan frekuensi RAM, voltase, dan pengaturan waktu yang tepat untuk menemukan keseimbangan yang tepat bagi perangkat keras Anda, Anda akan ingin mengingat hal-hal berikut dalam pikiran:

  • Untuk menstabilkan frekuensi yang lebih tinggi, Anda perlu meningkatkan (mengendurkan) pengaturan waktu. Ini mungkin memerlukan peningkatan voltase juga.
  • Untuk meningkatkan kinerja saat frekuensi saat ini stabil, Anda harus mengurangi (mengetatkan) waktu.
  • Jika Anda akan melakukan pengaturan waktu yang lebih ketat, pastikan untuk melanjutkannya secara metodis. Pada kebanyakan motherboard, ada susunan pengaturan waktu yang lebar yang dapat diubah melalui BIOS.
  • Banyak perangkat utilitas BIOS BIOS menampilkan pengaturan waktu bawaan. Misalnya, jika memori Anda menggunakan 15-15-36, Anda mungkin ingin mencoba mengubahnya ke 14-14-34 sebagai langkah pertama.
  • Setelah bereksperimen dengan pengaturan waktu memori, Anda mungkin perlu memodifikasi voltase masukan memori. Sebagaimana overclock CPU, meningkatkan voltase masukan dari komponen akan menghasilkan konsumsi listrik yang lebih tinggi dan keluaran panas yang lebih besar.
  • Voltase memori adalah bahan utama untuk mencapai overclock yang stabil. Dalam kasus standar overclock memori, pertimbangkan 1.5V sebagai maksimum, namun cobalah untuk menyasar serendah mungkin. Jadilah konservatif dengan perubahan voltase, dan jaga mereka serendah mungkin saat pengujian.
  • Beberapa motherboard tidak mendukung voltase memori-tinggi, dan akibatnya akan menyebabkan peranti tidak dapat dihidupkan ulang (boot) saat Anda menekan voltase terlalu tinggi. Cobalah voltase lebih rendah.
  • Ketika overclock RAM, sering kali ada batas di titik mana mendorong hal lebih tinggi tidak akan memberikan peningkatan kinerja. Setelah frekuensi tertentu tercapai, peningkatan lebih lanjut mungkin tidak menghasilkan kinerja yang lebih baik karena motherboard secara otomatis menyesuaikan pengaturan waktu untuk menjaga sistem tetap stabil. Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak mendapatkan peningkatan kinerja setelah penyesuaian terus menerus, ada kemungkinan Anda telah mencapai batas dari apa yang dimiliki perangkat keras Anda.
  • Mungkin dibutuhkan percobaan yang cukup banyak hingga Anda menemukan kombinasi yang tepat dari frekuensi, voltase, dan pengaturan waktu untuk perangkat keras Anda.
  • Buat perubahan kecil dan inkremental ke pengaturan apa pun, dan lakukan pengujian terhadap stabilitas di setiap percobaan.

Ketika Anda telah memodifikasi pengaturan ke kombinasi yang Anda yakini sukses, masuk kembali ke Windows, dan uji dengan menggunakan program utilitas patokan untuk memverifikasi stabilitas dan peningkatan performa. Jika Anda ingin terus mencoba demi performa yang lebih baik, kembali ke BIOS dan lanjutkan proses pengujian.

Simpan pengaturan Anda setiap kali Anda menemukan kombinasi yang menghasilkan kesuksesan overclock dan boot, bahkan jika Anda ingin terus mencoba demi performa yang lebih baik. Ada kemungkinan bahwa banyak usaha Anda tidak akan berhasil, dan perubahan apa pun yang Anda buat akan hilang setelah percobaan yang gagal. Memastikan Anda menyimpan sesering mungkin akan menghemat waktu Anda, dan menghindarkan Anda dari harus memulai dari awal untuk setiap upaya baru.

Stabilitas Sistem

Jika sistem Anda tidak berjalan setelah menerapkan pengaturan baru:

  1. Cobalah sedikit meningkatkan voltase memori, dan voltase IMC, untuk memungkinkan frekuensi yang lebih tinggi. Berhati-hatilah saat menaikkan voltase. Lakukan hal itu secara sedikit demi sedikit, dan perhatikan peringatan apa pun yang diberikan motherboard Anda.
  2. Turunkan frekuensi ke tingkat yang lebih rendah, dan coba lagi.
  3. Ubah pengaturan waktu Anda. Sebagian kombinasi frekuensi dan pengaturan waktu tidak akan berfungsi. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melanjutkan pengujian hingga Anda berhasil.

Mendapatkan yang Terbaik dari RAM Anda

Melakukan overclock RAM adalah cara yang relatif sederhana untuk mendapatkan sedikit lebih banyak dari perangkat keras Anda, dan ini dapat memiliki dampak serius terhadap performa sistem. Dengan mengikuti langkah di atas, maka seharusnya Anda dapat terbantu mendapatkan kemungkinan kecepatan tertinggi dari RAM Anda, dan yang terbaik dari perangkat Anda.

Baca lebih lanjut tentang RAM di sini, atau periksa panduan kami tentang overclock CPU untuk mempelajari cara mengeluarkan yang terbaik dari CPU Anda juga.

Informasi Produk dan Performa

1Teknologi Intel® mungkin membutuhkan aktivasi perangkat keras, perangkat lunak, atau layanan. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.
2Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi stabilitas, performa, dan umur prosesor sure komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.
3

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex.

4Intel, logo Intel, dan merek Intel lainnya adalah merek dagang dari Intel Corporation atau anak perusahaannya.