Cara Melakukan Streaming

Pamerkan keterampilan bermain game Anda dengan menyiapkan streaming langsung yang dapat ditonton siapa saja.

Yang Anda Perlukan untuk Memulai Streaming

  • Perangkat Keras

  • Perangkat lunak

  • Aksesori

  • Game yang suka Anda mainkan

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Ingin memamerkan kepiawaian Anda dalam gaming? Berkat layanan streaming seperti Twitch, Mixer, dan YouTube, siapa pun dengan perangkat keras PC yang banyak dan sedikit kesabaran dapat mulai menyiarkan sesi game mereka pada dunia.

Streaming tidak hanya sekadar pamer. Ini adalah tentang memupuk rasa kebersamaan di seputar minat yang sama, baik membunuh naga di Skyrim atau bersaing dalam kampanye berkecepatan tinggi di game seperti Overwatch. Layanan streaming seperti Twitch menarik hingga 15 juta pemirsa setiap harinya untuk mencari turnamen game online yang menarik, jalannya permainan game, dan bahkan sesi solo, di mana orang-orang dapat berkumpul dan mengobrolkan apa saja.

Baik Anda tertarik bergabung dengan peringkat penyiar tingkat atas, atau sekadar bergaul secara online dengan beberapa teman dekat, menyiapkan streaming langsung cukup mudah untuk dilakukan semua orang. Ikuti petunjuk yang akan disampaikan untuk mempelajari cara melakukan streaming game.

Dasar-Dasar Streaming

Apakah Anda ingin bergabung dengan komunitas yang suka bermain game yang sama? Mencari umpan balik tentang strategi dalam game Anda untuk menjadi pemain yang lebih baik? Atau, mungkin Anda berharap mencari ketenaran dan sedikit kekayaan? Apa pun alasan Anda memulai streaming, layanan seperti Twitch dan Mixer siap menerimanya, karena hasrat Andalah yang membuat streaming online ramai dan aktif.

Cukup pastikan untuk berkomunikasi dengan pengikut Anda, seberapa pun sedikit jumlahnya, ketika Anda berencana untuk melakukan streaming. Mematuhi jadwal adalah bagian penting untuk membangun audiens atau membuat teman Anda tetap terlibat, dan cara terbaik untuk memupuknya adalah dengan sedikit konsistensi. Memilih waktu dan hari tertentu dalam seminggu juga membantu pemirsa mengetahui kapan rencana untuk menyaksikan dan mengobrol. Dan yang terbaik adalah dapat secara eksplisit menyampaikan semua hal ini di profil Anda, meskipun semua keputusan ada di tangan Anda.

Selain frekuensi, pikirkan tentang tipe streamer seperti apa yang Anda inginkan. Apakah Anda kebanyakan diam, bermain menyelesaikan tujuan game, dan memberi komentar di sana sini? Streaming memungkinkan Anda melakukannya, sesuai keinginan Anda di rumah dengan teman di sofa. Atau apakah Anda berspesialisasi dalam berakting dialog yang aneh tetapi tajam dengan karakter yang tidak bisa dimainkan di MMO favorit Anda? Streaming ada untuk menimbulkan kreativitas semacam itu, dan tentu saja akan ada yang merasa hal itu layak ditonton.

Jika Anda berkeinginan untuk bergabung dalam peringkat legion para gamer yang kompetitif, layanan seperti Twitch dan Mixer menawarkan direktori yang bisa Anda baca saksama untuk melihat sesuatu yang suka dimainkan orang-orang. Anda dapat menggunakan direktori untuk melakukan pencarian cepat game favorit Anda guna mendapatkan wawasan tentang apa yang ingin orang tonton dari judul itu.

Yang Anda Perlukan untuk Memulai Streaming

Anda tidak perlu menyatukan perangkat besar untuk melakukan streaming asalkan perangkat keras Anda saat ini memenuhi persyaratan minimal, tak perlu pula membeli perangkat lunak apa pun. Inilah yang Anda butuhkan:

1. Perangkat Keras

Kebanyakan game dioptimalkan untuk bekerja pada CPU empat core, dan perlu sekitar dua core untuk streaming, sehingga untuk hasil terbaik, komputer yang menjalankan prosesor Intel® Core™ i7 atau lebih baik disertai RAM setidaknya 8 GB cukup untuk bermain game dan melakukan streaming pada saat yang sama. Jika Anda mengharapkan dampak yang lebih kecil pada performa game Anda, prosesor Intel® Core™ i9 akan menghasilkan pengalaman yang lebih halus lagi.

Jika Anda menyadari perangkat keras Anda perlu sedikit peningkatan setelah beberapa sesi streaming, ada PC prarakit terjangkau yang siap digunakan untuk streaming dan bermain game pada saat yang sama. Atau, Anda juga bisa menggunakan penyiapan PC ganda yang memungkinkan Anda bermain game dan streaming secara bersamaan.

Jika Anda lebih suka membawa kemampuan bermain game kemana saja, atau tidak memiliki banyak ruang khusus untuk monitor, casing, dan periferal yang disertakan, ada pula berbagai laptop game yang tersedia dan dapat melakukan tugas tersebut.

Sebagai alternatif, jika Anda merasa sudah merakit perangkat yang sempurna dan memilih untuk mencurahkan semua sumber daya tersebut pada pengalaman bermain game, Anda dapat membuat PC terpisah atau membeli PC mini dengan semua komponen yang tepat. Perusahaan seperti Shuttle, Simply NUC, dan Acer telah bekerja sama dengan Intel dan pembuat perangkat lunak streaming, Streamerlab dalam menghasilkan perangkat dengan spesifikasi sesuai yang dapat menangani semua pekerjaan streaming yang berat, termasuk merekam dan mengkode video untuk web. Jangan lupakan monitor kedua dan set periferal lain.

2. Perangkat lunak

Sebelum menginstal perangkat lunak streaming apa pun, Anda perlu mencari tahu kecepatan koneksi internet Anda. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah menggunakan layanan uji kecepatan seperti Speedtest.net, yang akan memberi tahu Anda angka kecepatan pengunggahan dan pengunduhan. Setelah menjalankan tes, Anda perlu mendasarkan frame rate dan pengaturan resolusi berdasarkan angka tersebut. Ambil angka “Mbps” dan konversikan ke "Kbps” untuk melakukan acuan silang dengan sumber daya seperti diagram konversi Twitch atau Mixer's yang berguna. Bagan ini juga akan memandu Anda pada jenis streaming yang didukung pengaturan, dan apakah Anda akan melakukan streaming aksi cepat atau game permainan giliran, karena yang pertama memerlukan bitrate yang lebih tinggi. Pertimbangkan untuk mengatur buffer pada sekitar 500 kbps untuk cadangan, karena Anda memerlukan angka minimal tersebut untuk log on.

Jangan khawatir jika Anda tidak mendapatkan angka yang tepat untuk pertama kalinya. Anda dapat mengoptimalkan pengaturannya setiap kali Anda melakukan streaming. Anda bahkan dapat memutuskan untuk mengubah parameter berdasarkan jenis game yang sedang Anda mainkan. Misalnya, game FPS bergerak lebih cepat daripada permainan kartu online seperti Hearthstone, jadi Anda mungkin ingin meningkatkan bitrate untuk menangani perubahan adegan sambil mengurangi resolusinya dari misalnya 1920x1080 ke 1609x900.

Selanjutnya, Anda perlu mengunduh suite streaming. Untuk pengguna pertama kali, Perangkat Lunak Siaran Terbuka (OBS) mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur berguna, seperti studio video langsung yang memungkinkan Anda memilih transisi siap-pakai (atau Anda bisa memuat buatan sendiri) dan Adegan yang dapat disesuaikan, yang memungkinkan Anda menetapkan setelan sendiri untuk streaming jenis konten yang berbeda. Anda juga dapat mengimpor pengaturan dari aplikasi streaming lain jika Anda memilih memulai di tempat lain. Jika semua ini terlalu berat untuk dihadapi ketika yang ingin Anda lakukan hanyalah melakukan streaming, Intel menawarkan Easy Streaming Wizard, yang mengatur OBS dengan adegan stok dan otomatis mengonfigurasi pengaturan perangkat keras berdasarkan CPU Anda.

OBS memberikan opsi berguna yang dapat meningkatkan kualitas streaming Anda dengan memanfaatkan kekuatan CPU Anda. Ini cukup mudah untuk disiapkan. Di panel pengaturan, di bawah Output, pilih pengaturan Advanced dari menu tarik-turun Output mode. Dari sana, gunakan sumber daya dari layanan streaming Anda, seperti panduan pengodean Twitch, untuk mengisikan sebanyak mungkin opsi yang bisa Anda letakkan. Kemudian, pilih opsi dari menu tarik-turun CPU Usage Preset. Opsi berbeda-beda antara ultra cepat hingga sangat lambat. Ultra cepat akan me-render streaming dengan daya komputer minimal, menghasilkan streaming yang berkualitas lebih rendah, sementara sangat lambat memerlukan daya komputasi yang lebih besar, tetapi akan memberikan streaming game yang berkualitas lebih tinggi. Sekali lagi, jangan terlalu khawatir dengan opsi mana yang Anda pilih, karena pengaturan ini dapat disetel pada setiap sesi streaming. Jika Anda beroperasi pada pengaturan perangkat keras minimum dan berharap ada opsi preset yang lebih tinggi, cobalah menggunakan opsi pengodean Quick Sync Video (QSV) Intel®, yang tersedia di tab Recording pada halaman pengaturan Output yang sama. Ini akan membantu mengurangi beban sistem Anda dengan membebaskan sumber daya yang tersedia untuk streaming. Namun, jika Anda tidak melihatnya di menu tarik-turun di bawah opsi Encoder, maka memang tidak tersedia untuk perangkat keras Anda.

OBS bukan satu-satunya suite streaming yang tersedia. Banyak streamer juga menyukai Streamlabs OBS (SLOBS) karena proses memulainya yang lebih mudah dan akses ke fitur-fitur seperti pemberitahuan sembul, yang tidak ditawarkan secara bawaan oleh OBS (meskipun ada solusinya). Sebaliknya, SLOBS tidak memiliki mode studio seperti OBS. Aplikasi streaming lainnya, Bebo, tidak menawarkan banyak fitur seperti OBS atau SLOT dan dibatasi untuk streaming ke Twitch. Tetapi karena memiliki kebutuhan perangkat keras sistem yang lebih rendah, perangkat ini juga populer di antara para pengguna pertama.

3. Aksesori

Jika Anda benar-benar serius membangun pemirsa online, Anda membutuhkan webcam eksternal seperti Logitech* HD Pro Webcam C920, pilihan yang tetap populer, atau Razer* Kiyo, yang dilengkapi dengan lampu lingkar bawaan untuk menerangi wajah Anda. Meskipun menggunakan laptop, Anda mungkin perlu mempertimbangkan kamera eksternal, karena kamera web terintegrasi sering tidak berjalan dengan frame rate yang sangat tinggi dan akan tampak tersendat-sendat pada streaming Anda. Jika tujuan Anda adalah siaran streaming premium yang disertai video yang jelas, pertimbangkan kamera premium seperti Logitech* 4K Pro Webcam, yang mendukung streaming 4K definisi tinggi, atau DSLR seperti Canon EOS 5D Mark IV. Pencahayaan juga membuat perbedaan di sini, karena membantu kamera web dan DSLR tetap fokus pada wajah Anda.

Agar terhubung dengan pemirsa Anda, Anda juga akan memerlukan input audio yang baik untuk komunikasi sebening kristal. Banyak streamer cenderung berinvestasi dalam mikrofon berkualitas studio yang layak untuk sesi podcast yang panjang, seperti Blue Yeti atau Razer Seiren X yang lebih murah. Ada juga serangkaian headset game terkenal yang tersedia dengan mikrofon terintegrasi, termasuk Antulion ModMic 5, headset modular yang sangat keren, dan Astro A40 TR, yang dilengkapi dengan mixer-nya sendiri yang dapat dicolokkan ke PC dan membantu memfilter audio. Semua mikrofon ini mengambil suara dengan cara yang sedikit berbeda; mikrofon dengan dudukan, misalnya, paling baik digunakan jika Anda duduk santai di depan meja, sementara mikrofon yang terintegrasi pada headset game bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk para gamer yang banyak bergerak.

Mengatur Streaming Anda

Setelah Anda mengetahui apa yang akan di-streaming dan memiliki semua hal yang diperlukan untuk menjalankannya, saatnya untuk mendaftar akun streaming.

Pada browser Anda, buka layanan tempat Anda ingin melakukan streaming, baik Twitch, YouTube, atau Mixer. Mendaftarlah untuk mendapatkan akun. Ketika Anda memasukkan nama pengguna, pastikan Anda memilih nama yang mewakili Anda dan konten yang Anda streaming, karena akan menjadi bagian dari tautan Anda.

Isikan informasi lainnya yang dibutuhkan layanan dari Anda, seperti email dan tanggal lahir Anda, lalu kirimkan. Sebagian besar layanan streaming akan menanyakan game favorit Anda setelah Anda mendaftar dalam upaya untuk mencari tahu apa yang akan Anda tonton dan apa yang mungkin akan di-streaming.

Setelah Anda mendaftar dan dikategorikan, inilah waktunya untuk mengatur profil Anda. Situs seperti Twitch dan Mixer memungkinkan Anda menyesuaikan halaman agar follower Anda mengetahui apa yang lakukan sebelum memutuskan untuk melihat streaming Anda. Twitch, misalnya, akan memungkinkan Anda menggunakan gambar tertanam dan khusus untuk mengubah profil Anda menjadi halaman arahan semacam itu. Meskipun Anda tidak memilih untuk menyesuaikan halaman profil sepenuhnya, pertimbangkan untuk menyertakan informasi yang relevan kepada pemirsa, seperti kapan mereka sebaiknya menyetel saluran dan tempat mereka dapat mengikuti Anda saat tidak sedang streaming.

Menautkan Layanan untuk Streaming

Setelah merasa nyaman dengan akun baru Anda, inilah waktu untuk menyiapkan streaming. Layanan seperti Twitch dan Mixer memerlukan "stream key”" untuk diaktifkan sebelum Anda bisa melakukan siaran langsung. Kunci ini biasanya tersembunyi dalam pengaturan akun streaming Anda; pada Twitch ada di bawah Channel settings, dan pada Mixer ada di Broadcast Dashboard. Untuk streaming YouTube, ada di bawah opsi Encoder Setup. Jika Anda menggunakan layanan lain, lakukan pencarian cepat “stream key” dan nama yang Anda gunakan akan membantu menunjukkan jalannya.

Jika Anda menggunakan OBS untuk streaming, buka panel Settings untuk memasukkan stream key Anda. Pilih kategori “Stream”, dan di bagian atas halaman, pastikan layanan tempat Anda lakukan streaming dipilih, dan pengaturan server menggunakan "Otomatis”. (Beberapa layanan juga memungkinkan Anda memilih server berdasarkan wilayah dari menu tarik-turun). Salin rekatkan stream key Anda ke bidang yang sesuai—OBS akan menyarankan pengaturan streaming berdasarkan setelan Anda, yang dapat Anda terapkan secara otomatis. Kemudian, klik “Apply” di sudut kanan bawah untuk menyimpan perubahan Anda.

Jika memilih opsi pengaturan server otomatis, Anda tidak perlu khawatir untuk menyesuaikan pengaturan bitrate Anda. Tetapi jika Anda ingin memeriksanya, pilih opsi Output di sebelah kiri panel pengaturan. Streamer berpengalaman juga memiliki keuntungan dari mode Advanced, yang memiliki fitur rekayasa untuk berbagai hal seperti track audio terpisah, buffering, dan banyak lagi. Setelah Anda menerapkan perubahan, keluarlah dari panel pengaturan untuk kembali ke halaman utama.

Mengatur Streaming Langsung

Jika Anda sudah sampai sejauh ini, ada berita bagus: Anda hanya perlu beberapa langkah lagi untuk melakukan streaming. Kini setelah kunci stream dimasukkan ke aplikasi desktop dan profil streaming Anda tampak sedang ditempati oleh publik lainnya, bersiap untuk hidup dengan menutup aplikasi streaming Anda lalu menjalankan game di PC.

Jika Anda menggunakan OBS, jalankan kembali, lalu buka Sources di area kiri bawah aplikasi dan ketuk tombol “+”. Pilih apa yang harus ditampilkan dalam adegan kosong yang paling banyak mengambil jatah bagian halaman. Jika game Anda dimuat di latar belakang, Anda dapat mengatur opsi “Game Capture” untuk men-streaming jendela tersebut. Pilih sebagai sumber, lalu jendela dialog akan muncul dengan opsi tambahan.

Di jendela dialog, di sebelah entri pertama berlabel “Mode”, pilih opsi “Capture specific window” sehingga ditetapkan untuk judul tersebut. Lalu, di sebelah Window, pilih nama game yang Anda mainkan. Jangan khawatir dengan opsi sisanya—Anda dapat menekan “OK” untuk kembali ke halaman utama. Perhatikan bahwa saat mengaktifkan OBS untuk streaming game lain, Anda harus mengubah konfigurasi penangkapan gambar agar mengarah ke judul baru.

Berikutnya, pastikan OBS menggunakan mikrofon yang tepat untuk menangkap audio. Di panel bawah tengah, pada “Mixer”, klik ikon roda gigi di samping Mic/Aux atau klik kanan pada opsinya lalu pilih Properties. Jendela lain akan muncul dengan opsi untuk memilih perangkat audio Anda. Klik menu tarik-turun untuk memilih mikrofon eksternal, lalu klik OK setelah selesai. Pastikan juga untuk mengatur volume audio desktop agar musik dan efek suara yang Anda miliki di layar tidak mengambil alih dialog.

Jika Anda sudah memilih tampilan webcam selagi Anda melakukan streaming, pilih tombol “+” di bawah Sources lagi, kemudian pilih opsi untuk menambahkan perangkat Video Capture. Seperti dalam opsi pertama tempat Anda mengatur mode Game Capture, Anda akan melihat opsi muncul untuk kamera. Jika melihat pratinjau langsung pada jendela yang sama, artinya ini berhasil, dan Anda dapat menekan “OK” untuk kembali ke layar utama. Anda akan melihat umpan webcam terisi di atas pratinjau adegan yang ada di layar OBS utama, dan bisa memindahkannya ke sekitar area dan mengubah ukurannya sesuai keinginan. Jika Anda tidak dapat melihat pratinjau, pastikan ikon mata di sebelah opsi tidak disilang. Ini adalah cara yang mudah agar tidak membebani sumber daya pemirsa Anda.

Sources diletakkan sedemikian rupa seperti lapisan pada pratinjau adegan, dan Anda dapat memindahkannya ke atas dan ke bawah, ke tempat yang Anda ingin menampilkannya. Anda juga dapat mengubah ukuran resolusi setiap sumber secara manual dalam pratinjau adegan untuk mengakomodasi rasio aspek dan frame rate yang berbeda. Kemudian, Anda dapat menambahkan lebih banyak sumber untuk ditempatkan di atas jendela game, seperti file video, gambar, dan jendela browser, menggunakan langkah yang sama di atas. Ingat: semakin banyak konten yang Anda suguhkan, semakin berat streaming Anda.

Jika jendela pratinjau adegan terlihat seperti sampel sesuatu yang ingin Anda saksikan, tekan tombol berlabel “Start Streaming” untuk memulai acaranya. Layar game dan webcam Anda akan mulai streaming live. Hanya ada kelambatan beberapa detik antara apa yang Anda lakukan dan ketika publik melihatnya, sehingga tidak ada banyak ruang untuk kesalahan. Kendati demikian, jangan terlalu memikirkannya. Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tetapi setelah beberapa belas sesi streaming solo, Anda akan semakin nyaman setiap kali streaming.

Jika Anda sudah selesai melakukan streaming, beralihlah dari jendela game ke OBS dan tekan “Stop Streaming” di panel opsi di sebelah kanan. Perhatikan bahwa OBS tidak menyimpan video sesi Anda, meskipun beberapa layanan streaming, seperti Twitch, akan menyimpan rekaman Anda untuk waktu tertentu.

Beberapa Kiat Berguna untuk Pemecahan Masalah

Hal positif dari memilih OBS adalah bahwa tim pengembangan di belakang aplikasi ini telah menyusun daftar lengkap tentang cara memecahkan masalah umum, seperti buffering. Bahkan ada diagram pengguna yang membantu menunjukkan apa yang terjadi bagi orang yang tidak terlalu paham teknologinya.

Namun jika Anda tidak ingin mendalami hal ini, berikut ini ada beberapa hal yang harus diingat: Jika Anda mengalami masalah bandwidth ketika melakukan streaming, cobalah mengalihkan daya CPU Anda untuk membantu streaming menggunakan petunjuk yang disebutkan sebelumnya dalam proses penyetelan. Jika Anda masih mengalami masalah gambar, cobalah streaming dengan frame rate lebih rendah, misalnya 30 fps. Anda tidak perlu mengunggah permainan game di pengaturan maksimal yang disarankan—sedikit menurunkan skalanya akan menyediakan bandwidth yang cukup untuk melakukan streaming game. Jika masih belum teratasi, pertimbangkan untuk memutakhirkan perangkat keras Anda sepenuhnya — ingat, prosesor Intel® Core™ i7 atau yang lebih baik diperlukan, paling tidak, untuk streaming game melalui sebagian besar platform. Anda juga dapat mencoba streaming dengan dua komputer.

Jika Anda menemukan bahwa Anda menikmati rasa persahabatan dari komunitas streaming online, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberikan usaha penuh dengan meningkatkan peralatan ke kit yang berperforma tinggi. Kemudian, setelah membangun komputer baru, Anda dapat menggunakan serangkaian petunjuk yang sama ini untuk menyiapkan PC yang lebih baik dan lebih cepat untuk men-streaming semuanya lagi.