Cara Memilih: Laptop vs PC Desktop Game

Apakah Anda harus membeli laptop atau PC desktop? Ini adalah pilihan besar yang terutama menentukan apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan dengan komputer baru. Kami akan membahas kelebihan keduanya, sehingga Anda dapat memutuskan yang paling cocok untuk Anda.1

Ada beberapa faktor penting yang perlu diingat saat memilih antara laptop vs desktop game. Laptop game lebih kecil dan portabel, sedangkan desktop game lebih besar dan lebih dapat dikustomisasi. Keduanya adalah pilihan yang bagus, tetapi keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Manakah faktor bentuk yang paling mendukung pengalaman PC Anda? Mari lihat berbagai atribut dan beberapa contoh penggunaan masing-masing.

Performa

Meskipun bisa tampak berlawanan saat membeli PC, performa mungkin tidak seharusnya menjadi faktor besar dalam keputusan Anda. Jika sistem laptop pernah memiliki reputasi yang lebih rendah dibandingkan desktop yang setara, hal itu tidak selalu demikian lagi.

Laptop game modern dapat menjadi sangat efisien dan kuat. Meskipun desktop masih memiliki keunggulan performa dalam hal komponen yang mutakhir dan pertimbangan termal, perbedaannya jauh lebih sedikit dari sebelumnya.

Performa sebagian besarnya imbang, jadi mari lihat faktor lain yang ingin Anda pertimbangkan.

Portabilitas

Ketika membandingkan laptop vs desktop game, pertanyaan pertama yang ingin diajukan kepada diri sendiri adalah apakah Anda lebih memilih komputer yang bisa digunakan di mana saja, atau komputer yang lebih besar dan berat, tetapi menyediakan lebih banyak port dan opsi yang dapat dikustomisasi.

Laptop

Kelebihan utama laptop adalah portabilitas. Dengan laptop yang tepat, Anda dapat melakukan hampir semua hal yang bisa dilakukan di desktop, di mana saja.

Jika Anda sering bepergian, fleksibilitas ini akan sangat bermanfaat. Laptop terbaru jadi semakin ringkas, sehingga dapat digunakan di tempat di mana Anda tidak mungkin (atau tidak seharusnya) menggunakan desktop, misalnya di pesawat terbang, atau kedai kopi favorit Anda.

Sedangkan laptop game kebanyakan memiliki perangkat keras mutakhir yang memungkinkan pengalaman bermain game AAA dan kompetitif di mana pun Anda berada.

Laptop dijalankan dengan baterai dan memiliki layar tertanam, disertai keyboard dan trackpad, tetapi Anda juga dapat memiliki pengalaman menyerupai desktop di rumah dengan periferal yang tepat. Peralatan tambahan seperti docking station, mouse, keyboard, dan layar game eksternal dapat semakin meningkatkan keserbagunaan laptop, walaupun harganya jadi jauh lebih mahal dari pembelian awal.

Desktop

Sebaliknya, desktop berukuran jauh lebih besar, dan tidak portabel sama sekali. Bahkan, desktop dengan faktor bentuk terkecil tetap membutuhkan stop kontak dan monitor. Meskipun beberapa orang tidak keberatan untuk mengangkut perangkat berukuran besar untuk peristiwa khusus seperti pesta LAN, kebanyakan orang membatasi pengalaman desktop mereka pada satu tempat.

Desktop juga memungkinkan dukungan I/O yang luas — atau kemampuan menghubungkan perangkat eksternal — umumnya tersedia melalui motherboard atau penambahan slot perangkat yang terhubung melalui PCIe*, seperti kartu grafis yang terpisah. Casing mungkin juga menawarkan lebih banyak opsi, seperti USB dan port audio yang menghadap ke depan. Itu memungkinkan dukungan untuk berbagai monitor, periferal non-standar, opsi konektivitas USB tambahan, serta stasiun kerja atau game yang lebih dinamis dan fleksibel.

Peningkatan Perangkat Keras

Portabilitas laptop memiliki kekurangan — yaitu faktor bentuk yang ringkas membuatnya sulit untuk ditingkatkan. Pada berbagai laptop, prosesor dan kartu grafis disolder pada motherboard, atau sangat sulit diakses. Desktop memiliki kelebihan dalam hal ini, dengan komponen internal yang mudah diakses.

Laptop

Karena desain yang ringkas, desain tersebut sangat sulit untuk ditingkatkan. Anda mungkin dapat meningkatkan RAM atau penyimpanan laptop, tetapi pada umumnya pengguna hampir tidak pernah meningkatkan CPU atau GPU karena sangat sulit. Saat membeli laptop, anggaplah Anda akan menggunakan lebih banyak atau lebih sedikit komponen internal yang sama selama Anda memiliki mesinnya.

Desktop

Di samping itu, kebanyakan komputer desktop mudah ditingkatkan. Dengan tata letak modular, komponen dapat diganti dengan mudah dan memungkinkan peningkatan perangkat keras sesuai kebutuhan. Daripada membeli mesin baru ketika PC Anda mulai usang, Anda dapat memperbarui sesuai kebutuhan secara bertahap, agar desktop selalu dilengkapi dengan perangkat keras terbaru.

Bahkan PC yang dirangkai sejak awal cenderung bisa ditingkatkan, meskipun Anda selalu ingin memastikan bahwa produsen yang memproduksi sistem tidak akan melanggar ketentuan garansi.

Kustomisasi

Dengan kemampuan yang sama, ukuran fisik desktop memungkinkan kustomisasi yang melampaui laptop.

Laptop

Saat membeli laptop, Anda biasanya dapat memilih berbagai komponen core, seperti penyimpanan dan RAM, CPU dan GPU, kadang termasuk layar.

Anda fleksibel untuk meningkatkan performa, tetapi yang terpenting, Anda akan menggunakan perangkat keras tersebut dari sejak pembelian hingga Anda menggantikannya.

Hal yang sama juga berlaku untuk desain visual laptop Anda. Pilihan jauh lebih beragam dari sebelumnya, tetapi Anda masih memilih dari bentuk dan ukuran yang sudah ada, dengan jumlah opsi kustomisasi yang cukup terbatas, seperti pengecatan khusus dan lampu latar keyboard.

Desktop

Pada desktop, kustomisasi adalah salah satu kelebihan terbesar. Karena Anda dapat menukar perangkat keras dengan mudah, pastikan Anda memiliki hal yang dibutuhkan, dan menghilangkan yang tidak perlu. Desktop menyediakan:

  • Keragaman opsi perangkat keras khusus. Jika Anda ingin melakukan overclock CPU 2 dan memastikan suhu optimal dengan loop pendinginan cair khusus, atau sekadar ingin menggabungkan desktop game terkecil di sekitar Anda, semuanya hampir bisa dilakukan dengan kontrol akurat atas apa yang masuk ke sistem Anda.
  • Performa yang sangat diatur. Perangkat keras khusus memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa PC bekerja dengan performa unggul. Area permukaan desktop yang lebih besar dari laptop berarti lebih banyak ruang untuk solusi pendinginan yang tangguh. Pada desktop, Anda dapat memasang kipas, pendingin CPU All-in-One (AIO), atau loop pendingin kustom kompleks untuk solusi termal yang direkayasa secara tepat bagi kebutuhan spesifik perangkat keras Anda.
  • Pilihan estetika yang lebih banyak. Desktop juga memungkinkan variasi estetika yang lebih banyak. Selain warna case, Anda juga dapat memilih berbagai ukuran, merek, spesifikasi, dan desain visual untuk setiap komponen PC. Bukan hanya pemilihan cermat kustomisasi performa mesin dengan solusi perangkat keras dan pendinginan, Anda juga dapat mewujudkan visi kreatif Anda dengan mesin bervisual unik.

Jika lebih menyukai rute yang sudah dibuat, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari kemampuan kustomisasi tingkat tinggi. Sebagian vendor memberikan pilihan perangkat yang akan disertakan ke PC baru sebelum sistem dirakit, artinya, Anda mendapatkan keunggulan desktop buatan sendiri, bahkan jika Anda tidak membuatnya sendiri.

Perbandingan secara Berdampingan

Saat membeli laptop vs desktop game, tidak ada jawaban yang tepat. Yang satu tidak lebih baik dari yang lain.

Semua tergantung pada apa yang penting bagi Anda, baik yang lebih menginginkan portabilitas laptop game, atau lebih memilih PC game untuk opsi kustomisasi yang luas, termasuk opsi untuk merakit PC sendiri.

Laptop: Kelebihan Utama
Desktop: Kelebihan Utama
Dapat digunakan untuk game kelas tinggi
Dapat digunakan untuk game kelas tinggi
Dapat digunakan di dalam atau di luar rumah
Biasanya memiliki port I/O yang lebih beragam, dan lebih banyak
Solusi menyeluruh dan mudah
Desain modular dan dapat ditingkatkan
Laptop: Kekurangan Utama
Desktop: Kekurangan Utama
Opsi peningkatan komponen dan kustomisasi yang terbatas
Tidak dapat dibawa bepergian

Informasi Produk dan Performa

1

Teknologi Intel® mungkin mengharuskan diaktifkannya perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Tidak ada produk atau komponen yang sepenuhnya aman. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda. Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi.

2

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.