Apa Itu Refresh Rate dan Mengapa Penting?

Fokus Utama:

  • CPU, GPU, dan monitor bekerja bersamaan untuk mencapai refresh rate yang lebih tinggi.

  • Periksa frame rate Anda saat ini sebelum meningkatkan ke monitor dengan refresh rate tinggi.

  • Pertimbangkan refresh rate bersamaan dengan fitur lain seperti resolusi saat memilih layar.

  • Pertimbangkan peningkatan CPU dan GPU jika sistem Anda tidak mampu memberikan refresh rate yang Anda inginkan.

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Gaming dengan refresh rate tinggi dapat memberikan perbedaan besar. Berikut adalah yang perlu ketahui tentang menguji, mengoptimalkan, dan memilih layar dengan refresh rate tinggi.

Bermain game dengan refresh rate lebih tinggi dapat memberikan dampak besar pada pengalaman gaming Anda. Ini khususnya relevan dengan game cepat dan kompetitif, di mana setiap frame sangat berharga. Namun, hanya membeli layar 144 Hz atau 240 Hz belum cukup untuk melihat manfaatnya.

Sistem Anda harus mampu mendukung frame rate yang diperlukan untuk memanfaatkan refresh rate lebih tinggi.

Memahami Refresh Rate

Seperti ilustrasi di atas, refresh rate yang lebih tinggi mengacu pada frekuensi pembaruan gambar pada layar. Waktu antara pembaruan tersebut diukur dalam milidetik (ms), sedangkan refresh rate layar diukur dalam hertz (Hz).

Refresh rate layar Anda mengacu pada berapa kali per detik layar dapat membuat gambar baru. Ini diukur dalam Hertz (Hz). Misalnya, jika layar Anda memiliki refresh rate 144 Hz, maka ia akan me-refresh gambar 144 kali per detik. Saat dipasangkan dengan frame rate tinggi yang dihasilkan oleh kerja sama GPU dan CPU, ini dapat menghasilkan pengalaman yang lebih mulus dan FPS yang lebih tinggi.

Untuk memanfaatkan refresh rate yang lebih tinggi, tiga komponen terpenting untuk dipertimbangkan adalah:

  • Monitor dengan kemampuan refresh cepat.
  • CPU yang cukup cepat untuk menyediakan instruksi game kritis, termasuk AI, efek fisika, logika game, dan merender data.
  • GPU yang cukup cepat untuk menjalankan instruksi tersebut dengan cepat dan menciptakan grafis yang Anda lihat di layar.

Monitor hanya dapat menampilkan gambar pada kecepatan yang dihasilkan sistem, jadi penting agar CPU dan GPU Anda mampu menyelesaikan proses ini dengan cepat. Jika CPU dan GPU Anda tidak mampu memasok monitor dengan frame rate tinggi, maka monitor Anda tidak akan mampu menghasilkan gambar dengan refresh rate tinggi terlepas dari seberapa bagus spesifikasi PC Anda.

Jika monitor Anda memiliki refresh rate 144 Hz tetapi GPU hanya memasok 30 frame per detik, refresh rate tinggi tersebut tidak dimanfaatkan.

Konfigurasi Perangkat Keras

Tingkat perangkat keras yang dibutuhkan untuk mendorong performa refresh rate yang lebih tinggi berdasarkan pada refresh rate yang ingin Anda capai, dan game yang Anda mainkan. Secara umum, makin tinggi refresh rate monitor, makin banyak FPS yang perlu dipasok CPU dan GPU Anda, dan makin banyak manfaat yang Anda dapatkan dari pilihan performa yang lebih tinggi.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, besar beban yang diberikan pada CPU dan GPU berbeda untuk setiap game. Game lawas, atau game yang tidak menggunakan teknologi grafis terbaru akan memerlukan sumber daya lebih sedikit dibandingkan judul game terbaru. Itu berarti refresh rate yang lebih tinggi dapat dicapai dengan perangkat keras yang tidak terlalu kuat, tergantung pada game yang ingin Anda mainkan.

Pengaturan grafis yang digunakan juga akan memengaruhi seberapa berat pengalaman terhadap perangkat keras. Meningkatkan resolusi hingga 1080p akan menghasilkan peningkatan refresh rate dengan biaya performa lebih rendah, begitu juga mematikan atau menurunkan pengaturan grafis. Untuk mencapai resolusi lebih tinggi, makin rendah beban gameplay terhadap perangkat keras, makin mudah mencapai frame rate yang cukup tinggi untuk melihat manfaat layar refresh rate tinggi,

Ini dapat berarti menyesuaikan pengaturan dan resolusi game Anda untuk menemukan keseimbangan yang tepat untuk Anda.

Menentukan Kemampuan Sistem Anda

Sebelum meningkatkan ke monitor dengan tingkat refresh rate tinggi, sebaiknya pastikan sistem Anda mampu menjalankan tugas tersebut.

Cara terbaik dan termudah megnetahui refresh rate yang bisa didukung sistem Anda adalah dengan memainkan game dan melihat seberapa baik performanya. Gunakan utilitas pemantauan frame rate seperti Fraps untuk menampilkan FPS (frame per second) Anda saat ini sembari bermain. Sebagian besar utilitas pemantauan frame rate memiliki kemampuan benchmark FPS rata-rata, yang melacak bagaimana performa sistem Anda selama sesi gameplay.

Idealnya, Anda ingin frame rate game sesuai dengan refresh rate monitor 1:1. Misalnya, sistem Anda harus menghasilkan 144 FPS untuk mendapatkan manfaat penuh monitor 144 Hz.

Meskipun begitu, Anda masih bisa menikmati refresh rate tinggi meskipun tidak mencapai batasan kemampuan layar Anda. Bermain pada 110 Hz lebih baik daripada 60 Hz dan Anda dapat selalu meningkatkan CPU dan GPU Anda untuk mendapatkan 144 FPS.

Jika sistem Anda kesulitan menjalankan game lebih dari 60 FPS, Anda kemungkinan tidak dapat melihat manfaat layar refresh rate tinggi, tetapi akan sepadan jika PC Anda mampu menghasilkan lebih dari 60 FPS.

Apabila Anda belum memiliki game yang ingin Anda mainkan, cobalah judul serupa dan lakukan ekstrapolasi. Game yang dirilis di tahun yang sama, dalam genre yang sama, atau dibuat dengan engine sama seringkali memiliki persyaratan performa yang serupa. Anda juga dapat meriset pengalaman pemain lain dan bandingkan dengan konfigurasi perangkat keras Anda untuk mengetahui apa yang bisa diharapkan.

Adaptive Sync

Jika sistem Anda kesulitan mencapai FPS yang diinginkan, layar dengan adaptive sync mungkin berguna. Banyak layar modern yang memanfaatkan teknologi ini. Adaptive sync memungkinkan layar berkomunikasi langsung dengan GPU sehingga refresh rate layar tersinkron dengan setiap frame yang dihasilkan, bahkan ketika FPS tidak konsisten.

Vertical Sync (VSync) adalah fitur serupa yang dapat diaktifkan saat dalam game. Teknologi Adaptive Snc dan VSync dapat membantu mengurangi atau menghapus artefak visual seperti efek robek pada layar ketika frame rate berfluktuasi.

Memilih Monitor yang Tepat

Monitor dengan refresh rate tinggi tersedia dengan beragam refresh rate, dengan 144 Hz sebagai peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan monitor 60 Hz dan 240 Hz merupakan opsi kelas tinggi yang populer. Lihat pembahasan terperinci monitor gaming kami berdasarkan refresh rate dan resolusi untuk mempelajari lebih lanjut.

Anda tidak perlu membeli monitor dengan refresh rate tertinggi yang dapat didukung sistem Anda. Carilah monitor yang menawarkan perpaduan fitur yang tepat untuk Anda. Mencari layar dengan refresh rate, resolusi, ukuran layar, dan rasio aspek yang tepat dengan kemampuan PC Anda adalah prioritas utama.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan komprehensif tentang monitor kami.

Meningkatkan Sistem Anda untuk Gameplay yang Lebih Lancar

Layar dengan refresh rate tinggi dapat berdampak signifikan pada pengalaman gaming Anda, dengan asumsi perangkat keras cukup kuat untuk memenuhi persyaratan tinggi tersebut.

Berikut beberapa contoh konfigurasi sistem yang mendukung refresh rate tinggi:

1920x1080 144 Hz

  • CPU: Intel® Core™ i5-11600K
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 3060
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: Memori Intel Optane 32 GB/HDD 1 TB
  • Layar: 1920x1080/refresh rate 144 Hz

1920x1080 240 Hz

  • CPU: Intel® Core™ i7-11700K
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 3070
  • RAM: 16 GB
  • Penyimpanan: Intel SSD 512 GB/HDD 1 TB
  • Layar: 2560x1440/refresh rate 144 Hz, atau 1920x1080/refresh rate 240 Hz

1920x1080 360 Hz

  • CPU: Intel® Core™ i9-11900K
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 3080
  • RAM: 32 GB
  • Penyimpanan: Intel SSD 1 TB/HDD 2TB
  • Layar: 3840x2160/refresh rate 120 Hz, 2560x1440/refresh rate 240 Hz, atau 1920x1080/ refresh rate 360 Hz

Terlepas dari konfigurasi sistem Anda, ingat untuk memadukannya dengan layar yang memiliki fitur yang Anda cari. Saat CPU, GPU dan layar kompatibel dan bekerja bersama, hasilnya akan menunjukkan keunggulan dari refresh rate yang lebih tinggi.