Yang Harus Dicari pada Monitor Game Tahun 2020

Meningkatkan Tampilan Anda:

  • Pilihan Peningkatan

  • Tingkat Refresh Lebih Tinggi

  • Resolusi Lebih Tinggi

  • Superlebar + 4K

author-image

By

Prosesor, kartu grafis, hard drive, dan memori bekerja sama untuk menciptakan sistem game yang seimbang, tetapi monitor Anda juga penting untuk memfasilitasi keseimbangan tersebut. Monitor memungkinkan Anda untuk merasakan performa yang telah dioptimalkan melalui pemilihan komponen. Jika Anda telah berinvestasi dalam sistem siap pakai yang kuat untuk kinerja yang lebih baik —atau berpikir untuk membuat PC kustom Anda sendiri—, mengupgrade monitor Anda untuk mendapatkan nilai penuh dari perangkat keras Anda sungguh patut untuk dipertimbangkan.

Namun, upgrade ke apa? Kunjungan sebentar ke vendor online akan memastikan bahwa monitor dan layar tersedia dalam berbagai spesifikasi, beberapa di antaranya meliputi:

  • Resolusi
  • Ukuran layar
  • Refresh rate
  • Waktu respons
  • Tipe panel

Jika Anda tertarik untuk mendalami setiap spek yang Anda temui di pasar monitor, lihat panduan lengkap kami untuk monitor. Namun jika Anda cuma mencoba mengambil keputusan hari ini, bacalah terus.

Walaupun banyak dari faktor ini yang merupakan preferensi pribadi, beberapa genre game justru lebih memanfaatkan fitur tertentu. Sebaiknya Anda mengetahui manfaat setiap spesifikasi saat memilih monitor berikutnya, dimulai dari dua spesifikasi yang paling mengandalkan perangkat keras komputer yaitu: Resolusi dan refresh rate.

Untuk membantu Anda dalam proses memilih layar berikutnya, kita akan mengamati bagaimana fitur ini diterapkan di monitor game, dan apa yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Perlu diingat, monitor dengan spesifikasi yang sama mungkin memiliki fitur khusus pabrik, misalnya IO, pencahayaan, ergonomis, dan lainnya, yang tidak akan dibahas di sini.

Upgrade Pertama: Memanfaatkan Frame Rate yang Lebih Tinggi pada Monitor dengan Refresh Rate yang Lebih Cepat

1080p 144 Hz
Tampilan beresolusi 1080p dengan refresh rate 144 Hz unggul jika dibandingkan monitor 1080p 60 Hz: Refresh rate yang lebih tinggi. Teknologi panel dengan refresh rate lebih tinggi telah menjadi ciri khas monitor game, artinya layar 144 Hz untuk tingkat pemula terjangkau harganya, tersedia luas, dengan berbagai opsi ergonomis. (Layar dengan refresh rate antara 120 dan 180 juga tersedia, tetapi sekarang 144 Hz adalah yang paling umum.)

Alasan utama upgrade ke 144 Hz adalah refresh rate yang lebih cepat untuk memanfaatkan frame rate yang lebih tinggi. PC game mampu menghasilkan jumlah bingkai per detik (FPS) yang tinggi, namun tanpa upgrade monitor, Anda mungkin tidak dapat melihatnya. Monitor 144 Hz dapat menampilkan hingga 144 FPS, dua kali lebih besar dari panel 60 Hz standar, yang maksimal menampilkan 60 FPS. Dengan kata lain, refresh rate yang rendah akan memperlambat frame rate, namun monitor dengan refresh rate yang lebih tinggi akan menyempurnakan pengalaman bermain game. Komputer Anda mungkin dapat menampilkan lebih dari 100 FPS, tapi jika Anda menggunakan tampilan 60 Hz, Anda tidak akan dapat melihat bingkai ekstra tersebut. Untuk mempelajari selengkapnya tentang cara mendapatkan frame rate yang lebih tinggi, klik di sini.

Layar dengan refresh rate yang tinggi adalah monitor pilihan para gamer kompetitif, dan banyak gamer merasa bahwa monitor 144 Hz memberi mereka sisi kompetitif.

"Beralih dari monitor 60 Hz ke monitor 144 Hz sangat membantu saya untuk dapat melihat sesuatu lebih cepat di layar, dan dapat bereaksi lebih cepat pula secara fisik terhadap apa yang saya lihat", kata Tyler “Adaro” Oliver, pemain Counter-Strike: Global Offensive* kepada Eve Tech*.

Di peta Dust2 CS:GO* misalnya, ada celah kecil di tengah pintu ganda yang jadi tempat favorit para penembak jitu untuk mengintip. Kuncinya adalah kecepatan; hanya butuh beberapa milidetik sebelum lawan dapat menyergap. Di sinilah refresh rate yang lebih tinggi dapat membantu. Pemain dengan monitor 1080p 144 Hz akan melihat jumlah bingkai dua kali lebih banyak daripada pemain dengan monitor 1080p 60 Hz, sehingga memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengenai sasaran. Perbedaannya mungkin tidak begitu terlihat, tetapi dalam game cepat seperti CS:GO*, setiap bingkai berarti.

Meskipun Anda tidak mengejar gelar juara, refresh rate yang lebih tinggi memfasilitasi pengalaman bermain game yang lebih baik. Semakin banyak jumlah bingkai di layar, kualitas gambar semakin halus, dan gerakan lebih mengalir. Salah satu manfaat paling menonjol dari bermain game di PC adalah kemampuan di atas 60 FPS.

Level Berikutnya: Resolusi dan Refresh Rate yang Lebih Baik

1440p 144 Hz
Selain manfaat terkait dengan refresh rate yang lebih tinggi, monitor 1440p 144 Hz memiliki resolusi lebih tinggi untuk kualitas gambar yang lebih tajam.

Anda akan langsung merasakan keunggulan 1440p, baik sedang bermain game atau tidak. Jendela, ikon, dan panel tugas semua skala menyediakan bidang layar yang lebih besar untuk digunakan, sehingga bagus untuk produktivitas. Tapi kemampuan untuk menampilkan lebih banyak informasi di layar tidak terbatas pada desktop; efek hemat ruang ini juga memengaruhi game dengan antarmuka pengguna yang dapat diskalakan. Misalnya, di World of Warcraft*, antarmuka pengguna menggunakan lebih sedikit layar pada resolusi yang lebih tinggi. Artinya, Anda akan dapat melihat dunia Azeroth* lebih luas, dengan lebih sedikit UI yang menghalangi tampilan saat Anda sedang berburu.

Hal yang perlu dipertimbangkan: Seiring peningkatan resolusi, perangkat keras Anda harus bekerja lebih keras, dan hal ini dapat menyebabkan FPS yang lebih rendah. Jika meng-upgrade dari monitor 1080p 144 Hz ke monitor 1440p 144 Hz, maka mungkin Anda perlu meng-upgrade sistem untuk mempertahankan frame rate yang sama.

1080p 240 Hz
Monitor dengan refresh rate yang sangat tinggi, seperti tampilan 1080p 240 Hz, dapat menampilkan 240 FPS, yaitu empat kali lipat dari jumlah bingkai per detik pada monitor 60 Hz patokan. Dengan contoh sama kasus penembak jitu CS:GO* yang mengintip lewat celah-celah, pemain dengan monitor 240 Hz memiliki informasi visual untuk melacak target empat kali lebih banyak, dan hampir dua kali lebih besar daripada pemain dengan monitor 144 Hz. Ini mungkin menguntungkan, tetapi komunitas online memiliki opini yang berbeda terkait dengan peningkatan ke monitor 144 Hz. Sebaiknya Anda merasakan sendiri perbedaan yang ditawarkannya.

Ingatlah bahwa tingkat performa ini banyak menggunakan sumber daya. Jika ingin memaksimalkan monitor 240 Hz, Anda memerlukan sistem yang dapat menyediakan sekitar 240 FPS untuk game favorit Anda.

Upgrade Lanjutan: Monitor Superlebar dan Game 4K

Superlebar 100 Hz+
Monitor superlebar benar-benar melebarkan ukuran layar, secara harfiah. Layar standar memiliki rasio aspek 16:9 — atau proporsi lebar dan tinggi dalam satuan pengukuran enam belas banding sembilan — superlebar meningkatkan rasio aspek 21:9, atau bahkan 32:9. Layar tampil dalam resolusi vertikal yang konsisten dengan 1080p dan 1440p, plus bidang layar yang lebih besar di bagian samping. Carilah monitor superlebar dengan refresh rate yang tinggi jika Anda tertarik dengan pilihan untuk bermain game ini.

Keunggulan tampilan yang lebih luas ini sudah jelas: Anda dapat melihat game dengan lebih leluasa. Monitor superlebar menyediakan bidang tampilan yang lebih lebar kepada pemain, sehingga memperluas lanskap tampilan dunia game secara signifikan. Misalnya, layar 32:9 setara dengan dua monitor 16:9 yang digunakan berdampingan, tanpa bezel yang mengganggu bidang tampilan, dan dengan lebih sedikit kabel yang menghalangi.

Satu kekurangan dari monitor superlebar ini adalah karena tidak semua game mendukung format tampilan yang lebih lebar, meskipun hanya beberapa game saja. Mortal Kombat* 11Dirt Rally*, dan Destiny 2* (di antara game lainnya) mendukung rasio aspek yang lebih lebar, dan game yang tidak memiliki dukungan asli dapat menggunakan mod. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tampilan superlebar, periksa kembali apakah game favorit Anda mendukung rasio aspek monitor yang Anda pertimbangkan tersebut.

Superlebar umumnya sangat bagus untuk multitugas di luar game, tetapi ketahuilah bahwa mungkin ada kurva belajar saat mengelola jendela di bidang layar ekstra.

4K 120 Hz
Resolusi standar untuk monitor 16:9 mulai beralih dari 1080p (1920 x 1080) ke 1440p (2560 x 1440), namun standar akan terus meningkat, karena teknologi 4K (3840 x 2160) akan menjadi penerus 1440p. Meskipun monitor 4K sudah tersedia luas, model dengan refresh rate yang tinggi baru mulai muncul di pasar. Karena teknologi monitor masih tergolong baru, penggunaan 4K dengan 120 FPS pada game populer hanya dapat dilakukan pada perangkat keras komputer kualitas terbaik. Hingga saat ini, layar sudah sangat canggih, artinya harganya mungkin mahal, dilengkapi fitur premium, dengan ketersediaan dan variasi yang terbatas. Hal ini akan berubah dalam beberapa tahun ke depan.

Tingkatkan Pengalaman Bermain Game Anda dengan Upgrade Monitor

Di masa mendatang, monitor game akan terus meningkatkan pengalaman game. Teknologi seperti OLED*, HDR*, dan resolusi 8K segera hadir.

Sementara itu, tersedia banyak pilihan hebat saat ini. Apakah Anda ingin memainkan dengan resolusi lebih tinggi, dengan refresh rate lebih cepat, atau keduanya, upgrade ke monitor baru dapat berdampak besar terhadap pengalaman bermain game Anda.

Apa pun peningkatan yang dipilih, pastikan pilihannya sesuai dengan kemampuan perangkat keras Anda, karena peningkatan monitor biasanya memerlukan komputer yang lebih kuat pula. Meng-upgrade monitor Anda bisa menjadi langkah untuk merakit konfigurasi meja game yang optimal.