Pertanyaan Umum Tentang PC: Ask the Experts dari Intel Gaming

Ajukan pertanyaan kepada pakar game Intel misalnya: Berapa jumlah RAM yang cukup? Peralatan apa saja yang diperlukan untuk merakit PC? Dan manakah yang lebih baik: Horde atau Alliance?1 2

Komputer game adalah mesin yang kompleks, sehingga dengan berbagai spektrum perangkat keras, merek, komponen, serta konfigurasi yang ada dapat menimbulkan pertanyaan dan menjadi perdebatan besar.

Kami berdiskusi dengan Bryn Pilney, salah satu pakar game PC Intel, untuk menjawab beberapa pertanyaan pendahuluan mengenai perangkat keras.

Manakah yang Lebih Baik, Merakit atau Membeli PC?

Tergantung pada kebutuhan Anda. Saya sudah mencoba keduanya, merakit PC pertama sekitar 15 tahun yang lalu dan membeli beberapa unit siap pakai setelahnya.

Secara pribadi, setidaknya untuk desktop, saya lebih condong untuk “merakit” sendiri. Dengan merakit build yang menantang, saya mendorong keterampilan dan pengetahuan saya hingga batas maksimal. Saya menggunakan pendinginan cair tabung keras pada build terbaru, dan hal ini merupakan peningkatan dari tabung lembut yang digunakan sebelumnya. Anda dapat membeli PC siap pakai dengan tabung keras, tetapi karena saya tertarik dengan perangkat keras dan merasa tertantang, maka saya memutuskan untuk merakitnya sendiri.

Dengan merakit PC, Anda juga dapat belajar mengenai komponen. Anda dapat memahami manfaat berbagai konfigurasi penyimpanan seperti RAID, atau mengapa sebaiknya Anda menggunakan CPU daripada jalur PCIe yang terpasang di PCH pada perangkat tertentu.

Tetapi ada juga orang yang tidak terlalu mementingkan alasan penggunaan komponen komputer, dan hanya menginginkan pengalaman bermain game yang luar biasa, tanpa perlu repot atau kesulitan merakit komputer sendiri.

Terdapat beberapa keunggulan dalam membeli sistem siap pakai. Secara umum, Anda dapat menghubungi bantuan jika mengalami masalah. Jika merakit komputer sendiri, Anda mungkin harus memecahkan masalah sendirian.

Singkatnya: Jika Anda tertarik dengan perangkat keras, merakit komputer dapat memberikan kepuasan tersendiri karena Anda dapat membuat komputer yang sesuai dengan keinginan Anda, dan lebih sedikit kompromi. Tetapi jika menginginkan komputer yang langsung dapat digunakan, sebaiknya Anda membeli komputer siap pakai.

Jika Anda tidak terlalu senang mengulik, hanya ada satu pilihan saat mencari laptop.

Apakah Mac Andal untuk Bermain Game?

Saya bukan ahli ekosistem Mac, jadi saya tidak dapat membuat pernyataan umum. Mungkin ada komunitas khusus game Mac. Memang terdapat cara untuk meniru pengalaman Windows di Mac, tapi sepengetahuan saya, sebagian besar game PC ditujukan bagi ekosistem berbasis Windows.

Bukan berarti Anda tidak dapat bermain game di Mac, tapi ekosistem game di PC pasti akan lebih baik.

Berapa Ukuran RAM yang Direkomendasikan?

Untuk beban kerja game standar, sebaiknya gunakan RAM minimal 16 GB, apalagi sekarang harga memori semakin murah.

Jika Anda hanya ingin bermain game, ukuran 8 GB mungkin sudah cukup. Untuk aktivitas lainnya seperti menggunakan Discord atau menonton streaming sambil bermain game, maka sebaiknya gunakan 16 GB.

Seberapa Sering Sistem Harus Ditingkatkan?

Singkatnya: Berbeda-beda untuk setiap pengguna.

Hal ini tergantung pada preferensi pribadi dan apakah pengguna tersebut menginginkan integrasi teknologi terbaru pada pengaturannya.

Misalnya, jika ingin meningkatkan ke resolusi yang lebih tinggi, Anda juga harus memenuhi persyaratan perangkat keras sistem tersebut. Seseorang yang ingin terus beralih ke teknologi monitor terbaru mungkin akan lebih cenderung melakukan upgrade daripada orang yang tidak keberatan menggunakan teknologi yang lebih lama.

Hal ini juga berlaku dalam pemilihan laptop, di mana Anda dapat meningkatkan perangkat keras komputer serta periferal lain seperti layar dan keyboard yang lebih baik. Umumnya, semakin lama jeda di antara peningkatan, maka perbedaan performa game akan semakin signifikan.

Dengan merakit komputer, Anda juga dapat melakukan peningkatan sebagian daripada peningkatan sistem penuh. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli sistem penuh sekaligus karena dapat meningkatkan komponen tertentu secara bertahap.

Apa Hal yang Sering Luput dari Perhatian Saat Mencari PC Baru?

Saat mempertimbangkan PC baru, Anda harus memastikan bahwa pengaturan sudah seimbang.

Seiring dengan kemajuan pesat teknologi monitor, dalam hal resolusi dan refresh rate, gamer harus dapat menentukan perangkat keras yang tepat bagi pengaturan mereka. Jika ingin meningkatkan resolusi dan refresh rate, Anda harus memastikan bahwa komputer Anda mampu menanganinya.

Bila Anda tidak mengutamakan monitor saat merakit atau membeli sistem, maka sebaiknya pertimbangkan hal lain terlebih dahulu. Jika ingin membeli komputer dengan sistem yang sangat bagus, Anda harus memastikan bahwa monitor memiliki kemampuan yang dapat mendorong sistem hingga batas maksimal. Dengan membeli sistem mahal tapi menggunakan monitor 1080p 60 Hz, artinya Anda tidak memaksimalkan sistem tersebut.

Menurut saya, orang yang merakit PC untuk pertama kalinya sering mengesampingkan catu daya yang baik. Kebanyakan orang yang pertama kali merakit sistem ingin menghemat dengan membeli PSU murah, dan mengalokasikan uangnya untuk membeli komponen yang dianggap lebih penting. Merupakan hal penting untuk memahami bahwa catu daya adalah bagian kritikal dari sistem apa pun.

Di Manakah Saya Dapat Menemukan Saran Pemecahan Masalah, atau Pertanyaan Mengenai Perangkat Keras PC?

Kami melakukannya di sini: Mengumpulkan sumber daya berkualitas tinggi mengenai PC yang dapat diakses di satu tempat. Dengan banyaknya informasi yang ada, kami ingin memaksimalkan pengetahuan para pakar mengenai cara PC beroperasi, untuk membangun pusat segala informasi yang bermanfaat mengenai game PC.

Ada juga komunitas online lain yang dapat membantu orang baru dalam perakitan sistem, atau orang yang ingin memecahkan masalah pada sistem mereka.

Peralatan Apa Saja yang Diperlukan untuk Merakit PC?

Yang pertama dan terutama adalah obeng berkualitas tinggi. Sebaiknya obeng magnetik dengan batang yang cukup panjang. Anda dapat menggunakan obeng berfitur premium, tapi yang paling penting adalah fitur magnetiknya. Hal ini sangat penting untuk merakit PC, dengan anggapan bahwa Anda menggunakan komponen standar.

Hal lain yang juga penting: Ruang kerja yang memadai. Atur ruang di atas meja agar ukurannya memadai — Anda pasti tak ingin bekerja di lantai. Anda juga harus memiliki lampu berkualitas baik. Sebaiknya gunakan tempat untuk menyimpan sekrup saat Anda membongkar pasang sistem.

Apakah Obeng Listrik Berfungsi Lebih Baik untuk Merakit PC?

Saya belum pernah menggunakannya. Tapi jika ingin mencobanya, pastikan untuk tidak menekan obeng terlalu keras saat mengencangkan sekrup.

Perakitan PC memerlukan tenaga yang lebih kecil dari proses pengeboran sekrup ke dinding, jadi sebaiknya jangan gunakan bor. Memang ada obeng magnetik listrik yang canggih, tapi saya belum pernah menggunakannya, mungkin saya patut mencobanya nanti.

Apakah Artinya Monitor 60 Hertz Tidak Dapat Menampilkan Frame Rate Lebih dari 60 Frame Per Detik?

Untuk menjawabnya, saya bertanya kepada pakar monitor Intel, Kepala Teknisi dan Display Technologist, Roland Wooster. Berikut adalah jawabannya:

“Singkatnya, benar.

Sebagian besar monitor berjalan pada 60 Hz. Biasanya monitor hanya berjalan pada 60 Hz, tidak lebih, tidak kurang. Kekurangan ini terasa saat Anda bermain game dan menonton atau membuat konten video.

Kadang saat bermain game, GPU kelebihan beban karena harus merender adegan yang begitu kompleks, dan kecepatan render frame ke layar pada GPU 60 FPS tidak terlalu cepat. Maka layar akan menampilkan frame parsial — setengah frame baru di bagian atas layar, dan setengah frame sebelumnya di bagian bawah layar — yang disebut screen tearing. Saat menggunakan V-Sync, hiraukan pembaruan frame parsial dan tunggu pembaruan frame berikutnya. Artinya, monitor hanya dapat menampilkan frame dengan efektif secara bergantian, yang setara dengan 30 Hz.

Kekurangan panel 60 Hz untuk pemutaran film adalah panel harus mengonversi sebagian besar konten Hollywood dari 24 fps ke 60 fps. Caranya adalah dengan menampilkan setiap frame film pada layar dengan pola bergantian 3 frame layar, lalu 2 frame layar, 3 frame, 2 frame, dan seterusnya. Proses ini disebut sebagai 3:2 pull down, dan dapat menyebabkan guncangan yang terlihat jelas. Khususnya pada adegan cepat yang bergerak dari kiri ke kanan, atau naik turun, atau pada benda yang bergerak cepat, misalnya mobil. Gunakan monitor dengan dukungan integer beberapa frame rate konten video untuk menghindari guncangan. Misalnya, layar yang ideal untuk konten Hollywood adalah pada 48 Hz, 72 Hz, atau 120 Hz.

Monitor game memiliki frame rate yang lebih tinggi dari 60 Hz, umumnya 144 Hz, beberapa diantaranya bahkan lebih cepat. Namun, yang lebih penting saat memilih monitor game bukanlah kecepatan maksimum, tapi juga refresh rate minimum. Misalnya, monitor Anda berjalan pada 75-144 Hz, akan lebih bagus lagi jika GPU memiliki frekuensi minimal 75 Hz. GPU yang tidak mampu mengirimkan frekuensi 75 Hz secara konsisten akan menyebabkan screen tearing. Pengguna yang menginginkan resolusi lebih tinggi atau pengaturan berkualitas tinggi dalam game, harus memiliki refresh rate minimum layar yang lebih baik daripada refresh rate maksimal. Tergantung pada resolusi, pengaturan kualitas, dan kerumitan adegan game, layar 48-100 Hz dapat menghasilkan pengalaman yang jauh lebih baik daripada layar 75-144 Hz jika GPU tidak dapat mengirimkan 75 Hz secara konsisten.”

Berapakah Suhu yang Ideal Saat CPU Digunakan?

Tergantung pada prosesor, dan hal ini dijelaskan dalam dokumentasi spesifikasi prosesor. Saya juga bertanya kepada pakar pendinginan internal, dan mereka menyuruh saya untuk mengacu kepada Intel ARK, karena tidak ada satu jawaban yang berlaku bagi semuanya. ARK adalah database pencarian mudah yang memungkinkan Anda untuk mencari CPU tertentu, dan melihat suhu maksimal yang diizinkan pada bagian "TJunction" dalam "Spesifikasi Paket". Anda tidak boleh melebihi angka tersebut.

Jika demikian, sistem akan mengalami thermal throttling, penurunan performa, atau dalam keadaan ekstrem, sistem mati. Pastikan bahwa suhu Anda selalu lebih rendah dari target.

Yang Terpenting: Horde atau Alliance?

Saat pertama kali memainkan World of Warcraft 15 tahun lalu, saya memainkan undead mage, di hampir keseluruhan versi standar dan bagian awal Burning Crusade. Belakangan di Burning Crusade, saya memainkan ulang Alliance untuk bermain bersama teman, dan sejak itu, saya terutama bermain sebagai Alliance.

Untuk WoW Classic*, saya akan mengulangi masa-masa kejayaan di tim lawan — menjadi pelindung (tanking) utama untuk guild saya di Alliance Rattlegore (US).

Informasi Produk dan Performa

1

*Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.

2

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang diperlihatkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat cadangan untuk detail konfigurasi. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.