Cara Membuat Konfigurasi Laptop Gaming yang Sempurna

Laptop gaming sangat sesuai saat Anda bepergian, tetapi dengan perangkat keras dan aksesori yang tepat, Anda juga bisa mendapat pengalaman layaknya desktop di rumah.1 2

Laptop gaming mudah untuk dibuka dan dipakai saat bepergian. Tetapi, saat Anda di rumah Anda mungkin ingin memanfaatkan perangkat keras tambahan, dan menikmati pengalaman layaknya desktop.

Dengan konfigurasi yang tepat, Anda dapat hanyut di dalam game dengan layar yang lebih besar, nikmati kendali yang lebih presisi menggunakan periferal gaming, dan kabel Thunderbolt™ 3 untuk tersambung ke stasiun dok yang berfungsi sebagai penghubung untuk semua aksesori dan layar Anda.

Dengan kata lain, Anda akan mendapat banyak keunggulan desktop game sementara masih menikmati portabilitas yang diberikan oleh laptop gaming.

Langkah pertama untuk merakit konfigurasi laptop adalah menemukan laptop yang tepat.

Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik: Dasar-Dasar

Menemukan sistem yang seimbang dengan tepat adalah tantangan utama saat memilih laptop gaming. Anda perlu memperhatikan pilihan perangkat keras, desain, dan konektivitas untuk memastikan sistem baru tersebut dapat memberikan pengalaman yang Anda inginkan.

  • Komponen. Memilih GPU dan CPU yang akan memberikan ruang performa tambahan yang Anda butuhkan. Ingat, di sebagian besar laptop Anda tidak dapat mengganti dua komponen penting ini dengan mudah. Pilih laptop dengan komponen yang Anda butuhkan untuk memainkan game pilihan Anda dengan resolusi dan kecepatan frame yang Anda inginkan.
  • Konektivitas. Pastikan sistem tersebut memiliki cukup port, khususnya port yang fleksibel seperti Thunderbolt™ 3 yang dapat terhubung ke monitor dan penyimpanan eksternal. Dengan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, port Thunderbolt™ 3 sangat berguna saat memindahkan file besar dari drive eksternal. Tidak semua laptop mendukung port Thunderbolt™ 3, jadi pastikan mempertimbangkan hal ini saat memilih.
  • Desain. Pilih desain yang Anda sukai, seperti sasis yang ramping, bezels (batasan di sekitar layar) yang tipis, dan bahan bingkai yang tahan lama seperti aluminium. Laptop dengan layar lebih besar (17 inci ke atas) membutuhkan lebih banyak ruang dibandingkan model 13 atau 15 inci, tetapi akan membuat lebih imersif. Berkat peningkatan desain termal, beberapa laptop canggih dapat memiliki desain yang cukup tipis, bahkan beberapa sistem memiliki tebal kurang dari satu inci. Meskipun berat dan harga tetap dipengaruhi oleh komponen yang Anda pilih, tetapi Anda tetap mungkin memiliki laptop gaming dengan performa tinggi dalam sasis yang kecil.

Pelajari lebih lanjut tentang cara memilih laptop gaming terbaik.

Pilih Aksesori Penting

Periferal yang tepat akan membantu mengubah konfigurasi laptop gaming menjadi setara dengan desktop saat digunakan di rumah, tetapi memilih ruang yang tepat merupakan langkah penting dalam proses ini.

Gunakan kesempatan ini untuk merencanakan tata letak meja yang tidak hanya memenuhi kebutuhan Anda, tetapi juga berfungsi sebagai tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Pilih lokasi yang Anda sukai, dan rencanakan untuk hal-hal seperti letak steker, jarak ke router, dan segala hal yang unik dalam situasi rumah Anda. Saat mengatur konfigurasi Anda, pastikan Anda punya ruang untuk aksesori yang Anda inginkan, seperti mouse pad besar atau perlengkapan audio.

Pertimbangkan juga di mana Anda akan menempatkan monitor. Tempatkan meja Anda di tempat yang terhindar dari kilap atau pantulan di layar dari jendela atau sumber cahaya lain.

Layar Eksternal

Satu cara sederhana untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda adalah dengan beralih dari layar laptop ke monitor yang lebih besar. Menghubungkan laptop gaming Anda ke layar terpisah memiliki sejumlah potensi manfaat:

  • Membagi tugas di beberapa layar. Bermain di satu layar sementara membuka klien chat, perangkat lunak streaming, atau pekerjaan di layar yang lain.
  • Letakkan monitor Anda di tengah di posisi yang ergonomis. Atur ketinggian monitor Anda agar bagian atas monitor sejajar (atau sedikit di bawah) tinggi mata, sehingga Anda dapat tetap mempertahankan sudut pandang yang nyaman. Hal ini dapat membantu mencegah sakit leher yang disebabkan oleh kepala mendongak atau menunduk saat melihat layar.
  • Pertimbangkan monitor dengan resolusi yang lebih tinggi. Menaikkan resolusi hingga 1440p atau 4K (jika lebih tinggi daripada resolusi asli laptop Anda) dapat memberikan gambar yang lebih tajam, selama laptop Anda memiliki komponen yang diperlukan untuk bermain dengan resolusi yang lebih tinggi ini. Beralih dari layar laptop 13”-17" ke monitor 27" (atau lebih besar) dapat meningkatkan kejernihan gambar, dan juga memungkinkan opsi tingkat refresh yang lebih tinggi atau solusi sync adaptif yang dapat membantu mencegah koyakan pada layar (screen tearing).
  • Nikmati aksi cepat tanpa hambatan menggunakan monitor dengan tingkat refresh yang lebih tinggi, misalnya model 144 Hz (atau lebih tinggi). Banyak laptop memanfaatkan layar dengan tingkat refresh yang tinggi, tetapi tidak semuanya, dan melakukan upgrade ke layar lebih besar yang memanfaatkan teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman bermain game Anda.
  • Lihat lebih banyak sekaligus dengan monitor ultralebar yang memungkinkan Anda memilih bidang pandang yang luas di dalam game. Monitor ultralebar memiliki rasio aspek yang melebihi standar layar lebar 16:9, seperti 21:9 (yang memungkinkan Anda menonton film layar lebar tanpa letterboxing) atau bahkan 32:9.

Untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang perlu diperhatikan saat memilih layar eksternal, lihat panduan lengkap kami untuk memilih monitor.

Mouse dan Keyboard Gaming

Touchpad dan keyboard laptop gaming telah meningkat secara dramatis selama beberapa tahun, dan beberapa model memiliki tata letak tombol penuh dengan papan tombol angka, dan pencahayaan yang dapat disesuaikan. Namun, saat Anda terhubung dengan konfigurasi di rumah, keyboard atau mouse khusus dapat mengubah pengalaman bermain game di laptop Anda dengan cara yang menarik.

Keyboard mekanis berukuran penuh menawarkan banyak pilihan model—retro lab komputer, lampu latar neon, atau minimalis—dan keycap berkualitas tinggi serta pengalaman mengetik yang memuaskan. Pilih model tombol yang Anda inginkan untuk mendapatkan rasa yang pas dan pengalaman taktil. Pilihan yang berbeda memerlukan kekuatan tekan yang berbeda untuk memicu tombol, dan bisa bervariasi dari segi volume bunyi, sehingga Anda perlu menentukan jenis tombol yang paling sesuai untuk Anda.

Touchpad laptop sangat sesuai untuk beberapa tugas, tetapi mouse game yang bagus sulit untuk digantikan saat bermain di rumah. Tombol yang dapat diatur dan sensor optik yang canggih dapat meningkatkan pengalaman gameplay secara substansial, dan dengan banyaknya pilihan mouse memungkinkan semua jenis pengalaman terpenuhi untuk berbagai preferensi.

Mouse pad yang tepat juga dapat membantu meningkatkan konfigurasi gaming dengan memberikan permukaan yang dirancang secara khusus untuk bekerja dengan sensor mouse.

Mouse pad dapat memberikan gerakan kursor yang lebih presisi dalam game seperti Counter-Strike, di mana pemain sering kali mengatur sensitivitas mouse rendah dan menggerakkan tangan mereka lebih jauh untuk mengimbangi. Jumlah benang yang banyak serta lapisan yang mengurangi gesekan juga dapat memengaruhi presisi, sementara alas bertekstur membantu menjaga mouse pad tetap stabil saat mouse digerakkan.

Layaknya kebanyakan aksesori PC lainnya, ada berbagai pilihan yang tersedia, mulai dari mouse pad dengan kemampuan pengisian daya nirkabel hingga tekstur yang dirancang khusus dan profil friksi yang dirancang untuk menutup seluruh meja Anda.

Menemukan perangkat input yang sesuai dengan pengalaman gaming yang Anda inginkan merupakan salah satu kekuatan gaming pada PC, jadi sangat disarankan untuk mengeksplorasi opsi yang tersedia.

Audio

Speaker eksternal dan headset dapat secara signifikan meningkatkan opsi audio bawaan laptop gaming.

Sistem speaker dapat memberikan suara surround layaknya bioskop. Beberapa desain laptop memiliki cara yang inovatif untuk mengatasi keterbatasan fisik dari ukurannya yang kecil, tetapi kadang kala tidak ada pengganti untuk area permukaan, khususnya untuk musik yang lebih keras atau atmosfer suara yang imersif. Sistem dengan subwoofer dan tweeter dapat memberikan bass yang lebih dalam dan nada tinggi yang lebih jelas yang dapat membantu dalam imersi audio.

Headset memungkinkan sound stage detail yang dapat membantu menentukan sumber suara di dalam game, atau menyesuaikan keseimbangan antara suara obrolan dengan suara game menggunakan kontrol fisik. Mikrofon yang dapat disesuaikan dengan mudah mampu menangkap suara obrolan sementara mengisolasi suara latar termasuk suara klik keyboard.

Kebanyakan aksesori audio terhubung melalui Bluetooth, USB, atau jack 3,5 mm pada laptop.

Port Thunderbolt™ 3 dan Stasiun Dok

Contoh stasiun dok laptop yang mendukung port Thunderbolt™ 3

Port Thunderbolt™ 3 berkecepatan tinggi memungkinkan Anda untuk membuat konfigurasi beberapa monitor, terhubung ke beberapa perangkat USB, serta mentransfer file ke penyimpanan eksternal dengan kecepatan hingga 40 Gbps. Manfaat lain dari port Thunderbolt™ 3 adalah mempermudah koneksi ke stasiun dok yang kompatibel.

Berikut beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan tentang menambahkan dock dengan port Thunderbolt™ 3 pada konfigurasi Anda:

  • Menghubungkan stasiun dok ke laptop Anda dengan satu kabel Thunderbolt™ 3. Fungsi dasar stasiun dok adalah sebagai penghubung yang memberikan lebih banyak port pada laptop Anda—USB, DisplayPort, HDMI, audio, dan Ethernet—serta memberikan cara yang mudah dan tidak merepotkan untuk menghubungkan semua aksesori Anda.
  • Menghubungkan ke beberapa monitor eksternal menggunakan port DisplayPort atau HDMI di stasiun dok Anda. Hal ini memungkinkan digunakannya layar 4K dan fitur layar canggih yang lain seperti tingkat refresh yang lebih tinggi yang mungkin tidak didukung secara natif.
  • Memanfaatkan koneksi Ethernet kabel di stasiun dok. Beberapa pengguna lebih memilih menggunakan koneksi Ethernet untuk stabilitas, tetapi tidak semua laptop memiliki port RJ-45. Stasiun dok yang tepat dapat memitigasi permasalahan ini.
  • Mengelola drive penyimpanan eksternal dengan menghubungkannya secara permanen ke dok, meskipun drive disimpan tanpa terlihat. Saat terhubung ke dok, Anda dapat memanfaatkan kecepatan transfer 40 Gbps, tanpa perlu khawatir tentang kabel atau port yang tidak digunakan. Beberapa dok juga memiliki opsi penyimpanan tambahan internal.
  • Menjaga kerapian konfigurasi Anda tanpa harus mencabut beberapa kabel saat melepas laptop Anda. Melepas dari dok laptop biasanya lebih mudah dibandingkan secara manual melepas setiap aksesori, dan bahkan bisa mencegah keausan pada port.
  • Menggunakan hub USB untuk memecahkan masalah pengelolaan port jika Anda tidak memiliki port Thunderbolt™ 3. Hub biasa dapat mengubah satu port USB menjadi beberapa port, atau menghubungkan konektor USB-A lama dengan slot USB Tipe-C baru.

Meng-upgrade Ruangan Anda

Langkah terakhir dalam mendesain konfigurasi laptop Anda adalah untuk menyesuaikan dengan perabot dan aksesori yang menyatukan semuanya.

  • Pilih kursi yang tepat, baik itu kursi gaming bergaya balap yang mencolok dan atau kursi kantor yang ergonomis dengan sandaran yang lentur. Jika Anda berencana meluangkan banyak waktu di depan konfigurasi Anda, kursi yang berkualitas merupakan investasi yang bagus sekali.
  • Pasang lengan monitor agar mudah menyesuaikan ketinggian dan kemiringan monitor Anda untuk mendapatkan konfigurasi yang ergonomis. Lengan monitor bisa memberikan tampilan yang lebih rapi dibandingkan stand bawaan, khususnya jika Anda memiliki beberapa layar monitor.
  • Gunakan dudukan dinding speaker atau tiang speaker untuk merapikan meja Anda dan membuat lebih banyak ruang untuk elemen lain, seperti lampu atau gantungan headset.
  • Pasang pencahayaan kustom seperti lampu pintar yang berkedip mengikuti audio dalam game, lampu ambient untuk menerangi dinding di belakang monitor, atau setrip LED untuk menambahkan cahaya RGB di ruangan Anda.
  • Atur kabel yang ada di atas meja Anda dengan mengikat beberapa kabel menggunakan pengikat kabel dan memasukkannya pada rongga yang ada di bagian bawah atau belakang meja Anda.
  • Tambahkan kepribadian dengan poster, tanaman rumah kecil, atau koleksi yang membuat ruangan menjadi lebih cerah.
  • Pasang pelindung lonjakan listrik sehingga Anda dapat nyaman bermain dengan laptop Anda tersambung. Meskipun adaptor laptop memberikan sebagian perlindungan terhadap lonjakan listrik, pelindung lonjakan memiliki rating joule yang lebih tinggi, dan juga membantu melindungi perangkat lain yang tersambung. Agar terlihat lebih rapi, tempelkan di bagian bawah meja Anda, ketimbang meletakkannya di lantai.
  • Pilih cara untuk terhubung: sambungkan kabel ethernet dari meja ke router Anda untuk stabilitas ekstra, atau kurangi penggunaan kabel dengan menggunakan koneksi Wi-Fi 6.

Mendesain Konfigurasi Streaming Laptop Impian Anda

Jika Anda berencana untuk melakukan streaming atau mengedit video gameplay, aksesori profesional dapat memberikan sentuhan yang diperlukan konten Anda untuk menonjol.

  • Pertimbangkan mikrofon eksternal untuk meningkatkan kualitas audio Anda, mengurangi suara bising di latar belakang, serta menghilangkan letupan dan distorsi yang mengganggu. Meskipun jika Anda tidak memerlukan perangkat berkualitas studio, mikrofon cardioid standar (yang merekam suara tepat dari arah depan) mungkin akan menjadi peningkatan yang besar dari mikrofon bawaan Anda.
  • Gunakan kamera web 1080p atau 4K untuk meningkatkan kualitas gambar dan kendali atas gambar Anda. Kamera web yang canggih dapat merekam 60+ frame per detik, memiliki fitur pencahayaan bawaan, dan dapat menangkap bidang yang lebih luas dibandingkan kamera laptop rata-rata.
  • Gunakan hard drive eksternal untuk menyimpan video dan gameplay cuplikan tanpa menghabiskan ruang penyimpanan bawaan.

Memaksimalkan Potensi Laptop Anda

Membuat konfigurasi yang tepat di rumah memungkinkan laptop gaming Anda berfungsi sebagai komputer yang digunakan saat bepergian dan stasiun game layaknya desktop. Setelah Anda merancang ruangan yang tepat—lengkap dengan monitor eksternal, keyboard berukuran penuh, dan aksesori yang berguna—yang perlu Anda lakukan adalah memasang laptop gaming Anda untuk hanyut dalam judul game terbaru.

Masih mencari inti yang ideal untuk konfigurasi Anda? Lihat panduan untuk memilih laptop yang tepat kami, atau bandingkan kekuatan laptop baru dengan desktop sebelum membuat keputusan.

Informasi Produk dan Performa

1

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus meninjau konten ini, mempelajari sumber lainnya, dan memastikan apakah data yang dirujuk akurat.

2

Teknologi Intel® mungkin mengharuskan diaktifkannya perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.