Apa yang Dimaksud Dengan Wi-Fi 6?

Fokus Utama:

  • Wi-Fi 6 adalah iterasi terbaru dari protokol jaringan Wi-Fi dan merupakan peningkatan yang substansial dibandingkan pendahulunya.

  • Wi-Fi 6 dapat menjadi lebih cepat karena teknologi seperti penentuan prioritas lalu lintas, OFDMA, dan beamforming.

  • Protokol baru ini juga lebih aman dan menggunakan teknologi enkripsi baru seperti SAE.

  • Perangkat yang didukung Wifi 6E dapat memanfaatkan pita frekuensi 6 GHz yang lebih baru untuk konektivitas yang lebih baik.

  • Seiring Wi-Fi 6 menjadi menjadi standar yang baru, peningkatan ke perangkat keras yang kompatibel akan membawa banyak manfaat.

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Wi-Fi 6 menjanjikan perubahan besar pada jaringan nirkabel di semua tempat. Dapatkan jawaban dari pertanyaan yang sering kali ditanyakan tentang fitur & peningkatan terbaru.1 2 3

Dalam satu dekade terakhir ini semakin banyak aktivitas hidup kita yang beralih ke online, dan internet nirkabel telah membantu mewujudkan transisi tersebut. Versi terbaru teknologi ini adalah Wi-Fi 6, yang juga disebut dengan 802.11ax.

Apa Itu Wi-Fi?

Istilah "Wi-Fi" diciptakan oleh organisasi nirlaba Wi-Fi Alliance dan mengacu pada kumpulan protokol jaringan nirkabel yang berbasis standar jaringan IEEE 802.11. Wi-Fi telah hadir sejak tahun 90-an akhir, namun kehadirannya meningkat pesat dalam dekade terakhir.

Bagan Protokol Jaringan

Generasi/Standar IEEE

Frekuensi

Linkrate Maksimum

Tahun

Wi-Fi 6 (802.11ax) 2,4/5 GHz 600–9608 Mbit/dtk 2019
Wi-Fi 5 (802.11ac) 5 GHz 433–6933 Mbit/dtk 2014
Wi-Fi 4 (802.11n) 2,4/5 GHz 72–600 Mbit/dtk 2009

Untuk membuat perbedaan yang lebih jelas antara setiap generasi, Wi-Fi Alliance baru-baru ini mengadopsi konvensi penamaan yang lebih tradisional, dengan menghilangkan penamaan 802.XX untuk akhiran numerik yang disederhanakan. Konvensi pelabelan yang lebih sederhana ini (Wi-Fi 6 vs. 802.11ax) memudahkan untuk mengetahui generasi teknologi apa yang sedang digunakan dan untuk menentukan kompatibilitas dengan perangkat yang mendukung versi tersebut.

Bagaimana Wi-Fi 6 Berbeda?

Wi-Fi 6 adalah upgrade besar atas generasi sebelumnya, meskipun perbedaan mungkin tidak kentara bagi rata-rata pengguna. Perubahan ini mungkin tidak mengubah cara kita menggunakan router nirkabel atau jaringan nirkabel secara dramatis, tetapi perubahan ini terdiri dari banyak peningkatan inkremental yang menumpuk hingga menjadi peningkatan yang substansial.

Perubahan besar pertama adalah bahwa Wi-Fi 6 memungkinkan kecepatan koneksi yang berpotensi lebih cepat.

Kecepatan yang Lebih Tinggi

Wi-Fi yang lebih cepat berarti kecepatan unggah dan unduh (atau throughput) yang lebih tinggi karena peningkatan bandwidth yang ditawarkan oleh Wi-Fi 6. Hal ini menjadi semakin penting karena ukuran file terus bertambah, seiring dengan tuntutan data yang lebih tinggi dari streaming video berkualitas-tinggi dan game online yang sarat komunikasi. Memainkan game multipemain sambil melakukan streaming Twitch* memerlukan bandwidth yang besar dan koneksi yang andal serta stabil.

Jadi, seberapa cepat Wi-Fi 6?

  • 9,6 Gbps adalah throughput maksimum dari Wi-Fi 6 di berbagai saluran. Sebagai perbandingan, Wi-Fi 5 menawarkan maksimum 3,5 Gbps. Namun begitu, ini adalah angka maksimum teoretis; dalam dunia nyata, jaringan lokal mungkin tidak mencapai kecepatan terbaik ini. Dengan begitu, karena angkat maksimum dibagi dengan berbagai perangkat, perangkat dengan Wi-Fi 6 dapat menikmati kecepatan yang lebih tinggi secara signifikan bahkan jika perangkat tersebut tidak mencapai potensi maksimumnya.
  • Kecepatan dapat lebih cepat ketika dibandingkan dengan Wi-Fi 5. Ini dengan berasumsi bahwa Anda menggunakan router Wi-Fi dengan satu perangkat. Wi-Fi 6 dapat mencapai kecepatan transfer data yang lebih tinggi melalui berbagai teknik, mulai dari enkode data yang lebih efisien dan penggunaan cerdas dari spektrum nirkabel yang dimungkinkan oleh prosesor yang lebih kuat.
  • Wi-Fi 6 dapat menghasilkan latensi hingga 75% lebih rendah. Ini dicapai dengan menangani sejumlah besar lalu lintas jaringan dengan lebih efisien. Bagi gamer, ini berarti pengunduhan game yang lebih cepat, kecepatan pengunggahan yang lebih baik untuk permainan game streaming, dan multitugas media yang lebih dapat diandalkan.
  • Wi-Fi 6 menjadikan sinyal nirkabel dan kabel lebih dekat dengan paritas. Hal ini berpotensi membebaskan lebih banyak pengguna dari kendala terhubung ke modem mereka dengan kabel. Banyak gamer atau kreator konten masih terhubung ke router atau switch jaringan melalui kabel Ethernet alih-alih memanfaatkan fleksibilitas yang disediakan jaringan nirkabel. Wi-Fi 6 membantu menjembatani gap antara konektivitas kabel dan nirkabel.

Apa yang Membuat Wi-Fi 6 Lebih Cepat?

Sebagian besar rumah saat ini memiliki perangkat berkemampuan Wi-Fi yang lebih banyak secara signifikan dibandingkan lima tahun lalu. Dari ponsel cerdas dan tablet hingga televisi dan perangkat IoT seperti termostat dan bel pintu, hampir semuanya dapat terhubung dengan router nirkabel. Wi-Fi 6 berkomunikasi lebih baik dengan banyak perangkat yang memerlukan data secara bersamaan, dan lebih efisien memprioritaskan lalu lintas di seluruh perangkat itu.

Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) adalah salah satu cara meraih hal ini. OFDMA bekerja dengan membagi beberapa kanal menjadi beberapa subcarrier dan memungkinkan transmisi ke banyak endpoint (perangkat) pada waktu yang sama. Router Wi-Fi 6 dapat mengirim sinyal berbeda dalam jendela transmisi yang sama. Ini membuat satu transmisi tunggal dari router dapat berkomunikasi dengan banyak perangkat, daripada setiap perangkat harus menunggu gilirannya karena router melayani data di seluruh jaringan.

Dengan jaringan Wi-Fi tradisional (Atas), perangkat mungkin harus menunggu klien untuk mengirim atau menerima data pada jaringan yang ramai. OFDMA (Bawah) memungkinkan lebih banyak perangkat untuk disajikan data dalam jendela transmisi yang sama, yang menghasilkan komunikasi yang lebih efisien dengan banyak perangkat secara bersamaan.

Overlapping Basic Service Sets (OBSS) adalah fitur Wi-Fi 6 lain yang dapat membantu meningkatkan kemacetan jaringan. Dengan versi Wi-Fi yang lebih lama, perangkat mencoba terhubung ke satu jaringan menggunakan proses "dengar sebelum bicara", yang berarti mereka harus "mendengarkan" derau di kanal sebelum mentransmisikan.

Jika ada derau pada kanal, bahkan jika berasal dari jaringan yang jauh, maka harus menunggu hingga kanal bersih sebelum mentransmisikan agar terhindar dari interferensi potensial. OBSS memungkinkan memungkinkan titik akses menggunakan "warna" untuk mengidentifikasi jaringan secara unik. Jika lalu lintas lain terdeteksi di kanal, namun warna jaringan lokal tidak sama, perangkat dapat mengabaikannya dan melanjutkan transmisi. Hal ini dapat membantu menambah reliabilitas dan memperbaiki latensi.

Dengan bekerja bersama, OFDMA dan OBSS memungkinkan komunikasi yang lebih efektif pada jaringan yang ramai. Dengan semakin banyaknya perangkat kita menggunakan Wi-Fi, hal ini akan membantu menjaga kecepatan dan stabilitas koneksi kita.

Beamforming adalah teknologi lain yang dapat meningkatkan Wi-Fi 6 untuk meraih kecepatan yang lebih tinggi. Metode transmisi data yang terkesan futuristik ini sebenarnya relatif sederhana. Daripada menyiarkan data ke semua arah, router mendeteksi lokasi perangkat yang meminta data dan mentransmisikan arus data yang lebih terlokalisir ke arah itu.

Router Wi-Fi standar (Kiri) menyiarkan sinyal nirkabel ke segala arah. Beamforming (Kanan) memungkinkan penyasaran yang lebih langsung ke perangkat tertentu, yang berpotensi menghasilkan kecepatan koneksi yang lebih tinggi.

Beamforming bukan hal baru pada Wi-Fi 6, tetapi efektivitasnya telah ditingkatkan di generasi ini.

Manfaat Jaringan Di Luar Kecepatan

Kecepatan mungkin adalah hal terpenting bagi rata-rata pengguna, terutama bagi gamer, namun masih ada hal lain pada jaringan nirkabel. Wi-Fi 6 juga menjanjikan peningkatan dalam hal keamanan.

WPA3

Wi-Fi Protected Access (WPA) adalah protokol keamanan Wi-Fi yang menggunakan kata sandi untuk enkripsi. Setiap kali kata sandi dibutuhkan untuk masuk ke jaringan Wi-Fi, saat itulah WPA beraksi. WPA2 telah menjadi standar sejak lama, namun hal itu berubah dengan kehadiran Wi-Fi 6.

Salah satu peningkatan terbesar adalah implementasi keamanan kata sandi yang ditingkatkan melalui sistem Dragonfly Key Exchange, yang juga disebut SAE atau Simultaneous Authentication of Equals. Metode autentikasi ini membantu membuat kata sandi menjadi lebih sulit diretas dengan metode pembentukan handshake yang lebih canggih dengan jaringan Wi-Fi. Lapisan keamanan tambahan ini, dipadukan dengan enkripsi yang lebih kuat, berarti Wi-Fi akan memiliki opsi keamanan yang lebih kuat dari sebelumnya.

Lapisan keamanan ekstra ini adalah contoh bagus dari cara Wi-Fi 6 mengubah sesuatu menjadi lebih baik tanpa berdampak negatif pada pengalaman pengguna.

Daya Tahan Baterai dan TWT

Pengembangan forward-facing lainnya yang dimasukkan ke dalam Wi-Fi 6, Target Wake Time (TWT), memiliki kemampuan yang berpotensi meningkatkan daya tahan baterai pada beberapa perangkat.

Teknologi ini memungkinkan komunikasi lebih efisien antara router dan perangkat Anda yang menyangkut kapan harus tidur atau bangun. Dengan berkomunikasi secara efektif dengan radio Wi-Fi dan hanya mengaktifkannya saat diperlukan untuk terjaga, perangkat Anda akan menghabiskan waktu dan energi lebih sedikit untuk mencari sinyal nirkabel.

Hal ini dapat menambah daya tahan baterai.

Apa Itu Wi-Fi 6?

Sebagai tambahan dari Wi-Fi 6, teknologi Wi-Fi baru lainnya yang baru saja hadir: Wi-Fi 6E.

Perangkat Wi-Fi sebelum dibatasi dalam menggunakan hanya frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, tetapi hal itu baru-baru ini berubah. Perangkat berkemampuan Wi-Fi 6E dapat memanfaatkan pita frekuensi 6 GHz, yang memberikan 1.200 MHz bandwidth, yang membuatnya ideal untuk mengirimkan sejumlah besar data dalam jarak yang lebih pendek. Hal ini dapat membantu meringankan kemacetan dan gangguan lalu lintas untuk perangkat yang didukung. Pikirkan Wi-Fi 6E sebagai suatu jalur baru yang lebih luas, yang ditambahkan ke jalan tol Wi-Fi dua jalur sebelumnya, dengan menyertakan semua keunggulan dari Wi-Fi 6.

Tidak semua perangkat yang mendukung Wi-Fi 6 akan mendukung Wi-Fi 6E, jadi pastikan untuk memeriksa apakah perangkat keras yang Anda pertimbangkan mendukung Wi-Fi 6E saat melakukan peningkatan.

Apa yang Saya Butuhkan Agar Wi-Fi 6 Bekerja?

Berikut yang harus Anda pertimbangkan ketika beralih ke Wi-Fi 6:

  • Apakah router Anda mendukung Wi-Fi 6? Peningkatan yang paling penting yang Anda harus manfaatkan dari protokol baru ini adalah router yang mampu mendukung Wi-Fi 6. Kebanyakan pabrikan menawarkan router yang sudah berkemampuan Wi-Fi 6, jadi ada banyak pilihan.
  • Apakah perangkat Anda mendukung Wi-Fi 6? Anda juga akan membutuhkan perangkat yang mampu menggunakan Wi-Fi 6. Meskipun Wi-Fi 6 kompatibel ke belakang dengan 802.11ac (Wi-Fi 5) lama, Anda akan membutuhkan perangkat berkemampuan Wi-Fi 6 untuk memanfaatkan semua hal yang kami sebutkan di sini. Karena Wi-Fi 6 semakin menjadi standar selama beberapa tahun ke depan, perangkat yang lebih baru akan mulai memasukkan teknologi ini, dan hal ini akan menjadi hal normal yang baru.
  • Apakah PC Anda mendukung Wi-Fi 6? Jika Anda memiliki CPU Intel® Generasi terbaru dan motherboard yang kompatibel, kebanyakan dari komponen yang diperlukan agar Wi-Fi 6 berfungsi telah disertakan, yang memudahkan untuk memanfaatkan keunggulan teknologi baru ini. Meskipun antena eksternal M.2 masih dibutuhkan jika motherboard Anda tidak memilikinya, implementasi dari Intel® Integrated Connectivity (CNVi) berarti banyak teknologi yang mendukung Wi-Fi 6 telah tersedia di sistem Anda.

Jika Anda mencari solusi Wi-Fi 6 Gig+ yang berfokus pada bermain game, lihat kartu Wi-Fi 6 Killer® Wi-Fi 6 AX1650 ini yang dirancang dalam kemitraan dengan Intel. Semua perangkat ini menggunakan channel 160 MHz yang memungkinkan kecepatan nirkabel Gigabit — hingga 1700 Mbps — atau tiga kali lebih cepat daripada Wi-Fi 5 standar dalam keadaan ideal.

Ingat, semua perangkat dan komponen yang kompatibel dengan Wi-Fi 6 atau Wi-Fi 6E akan diberikan label terkait, jadi pastikan untuk mencari tanda tersebut saat mempertimbangkan peningkatan.

Apakah Ini Waktu untuk Meningkatkan Wi-Fi Anda?

Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E akan berdampak besar pada cara kita berinteraksi dengan perangkat nirkabel kita. Di antara kecepatan yang lebih tinggi, prioritasisasi lalu lintas yang lebih baik, dan keamanan tambahan, Wi-Fi 6 adalah langkah sangat maju dalam teknologi jaringan nirkabel.

Baik Anda bermain game, bekerja, atau sekadar streaming video, peningkatan ke Wi-Fi 6 patut dipertimbangkan.

Informasi Produk dan Performa

1

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus meninjau konten ini, mempelajari sumber lainnya, dan memastikan apakah data yang dirujuk akurat.

2

Produk Wi-Fi 6 (Gig+) Intel® mendukung saluran160 MHz opsional, memungkinkan kecepatan maksimum teoretis tercepat (2402 Mbps) untuk produk sejenis Wi-Fi PC 2x2 802.11 AX. Produk Wi-Fi 6 (Gig+) Intel® memungkinkan kecepatan maksimum teoretis 2-4X lebih cepat dibandingkan dengan produk Wi-Fi PC standar 2x2 (1201 Mbps) atau 1x1 (600 Mbps) 802.11 AX, yang hanya mendukung persyaratan wajib saluran 80 MHz.

3

Reduksi Latensi 75%: Didasarkan pada data simulasi Intel (79%) 802.11ax dengan dan tanpa OFDMA menggunakan 9 klien. Latensi rata-rata tanpa OFDM adalah 36 ms, dengan latensi rata-rata OFDMA berkurang menjadi 7,6 ms. Peningkatan latensi mengharuskan router 802.11ax (Wi-Fi 6) dan semua klien mendukung OFDMA. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi intel.co.id/wifi6disclaimers.