5 Hal Yang Perlu Dilakukan dengan PC Gaming Anda

Dari bersiap untuk gameplay kompetitif hingga mengoptimalkan PC gaming Anda dengan perangkat lunak1 overclocking, ada banyak cara menikmati PC baru Anda.2 3

Salah satu hal yang paling menarik tentang mendapatkan PC baru, baik Anda membeli atau membangunnya sendiri, adalah mencari tahu apa yang harus dilakukan dengannya setelah berhasil dinyalakan. Mungkin Anda ingin melakukan overclock PC Anda dan mengoptimalkan performa, atau mulai memainkan game kompetitif untuk bersenang-senang. Memiliki beberapa sasaran dapat menambahkan kesenangan membeli sistem baru.

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa rekomendasi hal menarik yang bisa Anda lakukan selagi PC Anda masih baru.

Coba Gaming Kompetitif

Gaming kompetitif memiliki sejumlah manfaat positif, termasuk meningkatkan peringkat Anda dalam game, menguji kemampuan melawan musuh yang lebih sulit, dan merasakan sisi lain dari game yang mungkin sudah sering Anda mainkan. Setelah Anda menemukan game tempat Anda ingin mengasah kemampuan, ada beberapa cara untuk memulainya.

  • Berlatih. Menjadi ahli dalam gaming kompetitif dimulai dari menaiki tangga peringkat matchmaking. Untuk berkembang, Anda harus berlatih. Alat dan peta latihan game tertentu dapat membantu mengembangkan refleks yang lebih baik, dan membantu Anda memahami mekanisme game.
  • Pelajari dengan menonton. Selagi Anda meningkatkan kemampuan mekanisme game, tonton pertandingan antara pemain ahli atau tim profesional dan cobalah belajar dari permainan tingkat tinggi mereka.
  • Coba beragam periferal. Preferensi pribadi Anda akan menentukan periferal apa yang paling cocok untuk Anda, tetapi pertimbangkanlah mouse dengan DPI (dots per inch) yang dapat diatur, keyboard dengan switch mekanis, dan headset gaming untuk berkomunikasi dengan rekan tim agar pengalaman gaming Anda makin sempurna.
  • Tingkatkan ke monitor gaming dengan refresh tinggi. Dalam permainan cepat seperti Overwatch dan Counter Strike: Global Offensive, monitor 144 Hz dan 240 Hz dapat memberikan keunggulan kompetitih dibandingkan monitor 60 Hz karena informasi visual yang ditampilkan lebih banyak. Mereka dapat membantu meningkatkan waktu reaksi Anda dan membantu Anda melacak target bergerak di layar.

Satu hal yang perlu diperhatikan: monitor refresh rate tinggi memiliki persyaratan sistem yang lebih tinggi dibandingkan monitor 60 Hz jika Anda ingin mengakses fungsionalitas tambahan tersebut. Jika sistem Anda tidak bisa menyediakan frame rate yang cukup tinggi, Anda tidak akan melihat keunggulan memiliki monitor dengan refresh rate tinggi.

Penting untuk memastikan bahwa CPU dan GPU Anda cukup cepat untuk menyediakan frame ke monitor Anda. Untuk bermain dengan frame rate lebih tinggi, kemampuan CPU dan GPU Anda harus setara dengan kemampuan monitor Anda. CPU performa tinggi disarankan, bersama dengan kemampuan GPU yang setara. Anda dapat belajar lebih lanjut tentang dampak CPU pada gaming di sini.

Cara termudah untuk memeriksa apakah CPU dan GPU Anda mampu mendukung refresh rate tinggi untuk game tertentu adalah dengan melihat benchmark FPS dalam game. Cari FPS rata-rata yang memenuhi atau melampaui refresh rate monitor, dan eksperimen menggunakan pengaturan dalam game sampai Anda menemukan performa yang Anda cari.

Go Live

Layanan streaming langsung memungkinkan siapa pun menyiarkan sesi gameplay mereka ke seluruh dunia — atau setidaknya, teman-teman dekat. Streaming menambahkan interaksi sosial terhadap pengalaman gaming Anda.

Menyiapkan streaming itu mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dengan kecepatan unggahan yang memadai dan perangkat lunak streaming seperti Open Broadcast Software untuk membantu Anda terhubung. Mic dan webcam sepenuhnya opsional, meskipun mereka dapat membantu meningkatkan kualitas streaming.

Saat menyiapkan PC untuk streaming, penting untuk memiliki komponen yang tepat — khususnya prosesor multi inti yang cepat. Streaming video definisi tinggi sembari menjalankan game dengan sistem yang sama dapat membebani sumber daya sistem. Tanpa cukup inti, aplikasi encoding video dan game akan saling berebut sumber daya di inti yang sama. Keduanya akan kesulitan menjalankan tugas.

CPU dengan jumlah inti tinggi adalah pilihan terbaik untuk streaming karena mereka dapat mengalokasikan sumber daya dari beberapa inti untuk gaming sementara menggunakan inti lain untuk mengenkode sinyal video. Prosesor Intel® Core™ i7 dengan RAM setidaknya 8 GB disarankan untuk bermain game dan streaming secara bersamaan.

Untuk semua yang Anda butuhkan dalam memulai streaming, lihat panduan lengkap kami.

Jadilah Pengguna Tingkat Lanjut

Jarang ada yang lebih memuaskan dari mengonfigurasi sistem baru tepat seperti yang Anda inginkan. Ini juga berlaku untuk perangkat lunak yang Anda jalankan di sistem baru Anda. Aplikasi pihak ketiga dan penyempurnaan pengguna tingkat lanjut memungkinkan Anda mengkustomisasi sistem operasi melebih apa yang ditawarkan saat membeli. Mereka dapat membuat pengalaman pengguna desktop lebih lancar, mulus, dan lebih dipersonalisasi.

Berikut adalah beberapa cara untuk menyempurnakan lingkungan operasi:

  • Luncurkan aplikasi dengan tombol. Gunakan peluncur tombol untuk secara cepat membuka aplikasi dan dokumen dari baris perintah dibandingkan dengan mengklik menu. Ueli dan Launchy adalah dua opsi populer.
  • Tambahkan pemanis di desktop Anda. Kustomisasikan tampilan visual sistem operasi Anda dengan skin ramping yang dibuat pengguna. Utilitas kustomisasi desktop seperti Rainmeter dan Wallpaper Engine memungkinkan Anda menampilkan animasi wallpaper, mengubah susunan informasi di dalam desktop, dan menambahkan aplikasi cuaca, visuaizer musik, dan monitor sistem yang menarik secara visual.
  • Instal semua perangkat lunak Anda dalam sekali jalan. Daripada mengunduh dan memasang aplikasi secara terpisah, gunakan instalasi paket perangkat lunak untuk mengelola dan memperbarui semua aplikasi di PC Anda dari satu daftar. Chocolatey dan Ninite adalah yang paling populer.
  • Lakukan tugas dengan lebih efisien. Siapkan beberapa desktop untuk mengatur ruang kerja Anda dengan lebih baik. Ubah kombinasi tombol untuk tugas umum seperti penangkap layar video menjadi sesuatu yang bisa Anda tekan apa pun tanpa harus melihat keyboard. Tetapkan pintasan yang sering digunakan ke tombol mouse tambahan.
  • Boot ganda. Instal Linux pada partisi disk untuk beralih antara sistem operasi dengan cepat. Anda dapat menjalankan aplikasi yang dirancang untuk sistem operasi lain dengan mesin virtual bila perlu.
  • Perbarui driver Anda. Setelah PC Anda berjalan, penting untuk memperbarui Sistem Operasi dan driver Anda. Ini akan memastikan semua perangkat dan perangkat keras berfungsi secara benar. Kebanyakan dari proses ini dilakukan secara otomatis saat memperbarui OS Anda, tetapi Anda mungkin perlu mengunduh driver GPU khusus secara terpisah. Rangkaian perangkat lunak GPU akan memberitahukan Anda saat driver baru dirilis, jadi Anda dapat memastikan Anda selalu memiliki versi terbaru. Rangkaian perangkat lunak tersebut juga dilengkapi utilitas untuk mengoptimalkan pengaturan grafis dalam game, dan sering kali termasuk alat yang dapat meningkatkan pengalaman gaming, seperti penghitung frame rate atau perangkat lunak penangkap layar.
  • Perhatikan performa sistem. Aplikasi pemantauan sistem membantu memastikan sistem Anda berjalan optimal. Mereka dapat menunjukkan penggunaan, kecepatan, dan suhu komponen sistem. Mereka dapat memberi tahu Anda seberapa cepat kipas berputar dan seberapa banyak yang berfungsi. Beberapa memberi analisis spesifik komponen kepada Anda. Misalnya aplikasi CPU-Z, dapat menunjukkan kecepatan clock CPU untuk setiap inti.

Uji Sistem Anda

Utilitas benchmarking mendorong sistem Anda ke batasnya. Tantangan komputasi berat tersebut menghantam komponen sistem dengan beban kerja berat, memberikan skor berdasarkan kemampuan mereka di bawah tekanan. Anda dapat menggunakan benchmark untuk menilai keunggulan build PC Anda, dan bahkan menggunakannya untuk membandingkan dengan build orang lain secara online.

  • Uji responsivitas sistem Anda. Anda dapat melakukannya dengan mensimulasikan lingkungan kerja dan santai Anda PCMark 10 misalnya, memberikan skor sistem Anda terkait seberapa baik sistem menangani berbagai kasus penggunaan, dari alur kerja kreatif hingga melakukan panggilan video sambil menelusuri internet.
  • Berikan uji stres ke CPU Anda. Pengujian Benchmarking di Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU) dapat dijalankan selama 5 menit, atau hingga 30 hari. CINEBENCH merupakan aplikasi thread penuh yang menilai seberapa cepat CPU multi inti dapat menyelesaikan tugas rendering besar. Handbrake memainkan file video resolusi tinggi dan menilai seberapa cepat prosesor Anda dapat mendekode file tersebut.
  • Berikan peringkat performa grafis. Uji Benchmark GPU-sentris menilai kemampuan PC Anda membuat lingkungan 3D yang kompleks. Heaven Benchmark merupakan pengujian yang sejak lama digunakan untuk menilai performa gaming.
  • Membandingkan kecepatan memori dan penyimpanan. Aplikasi lain memiliki spesialisasi menilai seberapa cepat SSD dan HDD dapat mentransfer informasi. Bahkan ada alat untuk menguji kecepatan RAM.

Benchmark Dalam Game

Satu alasan Anda mungkin ingin menjalankan benchmark adalah mengetahui game mana yang bisa Anda mainkan, dan berapa FPS yang bisa Anda capai saat bermain. Banyak game (seperti Civilization VI, Assassin’s Creed Odyssey, dan Horizon Zero Dawn) memiliki benchmark bawaan dan akan memberikan Anda gambaran kemampuan sistem untuk menjalankan game tersebut.

Cara lain untuk menjalankan benchmark adalah dengan memainkan game dan melihat seberapa baik performa mereka. Alat pemantauan frame rate seperti Fraps secara aktif menampilkan FPS Anda di sudut layar saat Anda bermain, dan dapat digunakan untuk mengukur frame rate rata-rata dalam bagian spesifik dari game, atau selama keseluruhan sesi permainan.

Ingatlah bahwa tidak ada dua game yang dibuat sama. Performa game akan berfluktuasi tergantung pada tuntutan tertentu dari game yang sedang Anda dimainkan.

Panduan kami tentang cara membaca benchmark CPU akan menyediakan detail lebih lanjut.

Overclock CPU Anda

Melakukan overclocking CPU melibatkan mengaturan voltase dan frekuensi untuk mencapai kecepatan lebih dari yang tertera di spesifikasi produsen. Ini mungkin terdengar rumit, namun dasar-dasar overclocking cukup sederhana, dan perangkat lunak overclocking dari Intel makin mempermudah overclocking.

Anda harus memastikan Anda memiliki jenis prosesor yang tepat sebelum memulai. Overclocking hanya didukung pada prosesor yang tidak terkunci. CPU yang tidak terkunci memiliki tanda “K,” “KF,” atau “KS” setelah nomor produk, seperti prosesor Intel® Core™ i7-10700K .

Nikmati PC Baru Anda

Setelah Anda memaksimalkan potensi PC baru Anda, saatnya bersenang-senang dengan PC gaming Anda yang optimal. Ekosistem gaming PC sangat beragam dan menawarkan berbagai pengalaman yang menarik. Cobalah judul-judul eksklusif, unduh mod yang dibuat pengguna, atau siarkan permainan Anda di saluran streaming Anda.

Apa pun yang ingin Anda lakukan dengan sistem baru Anda, bersenang-senanglah!

Informasi Produk dan Performa

1

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi kestabilan, keamanan, performa, dan umur prosesor serta komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.

2

Teknologi Intel® mungkin mengharuskan diaktifkannya perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.

3

Intel, logo Intel, dan Core adalah merek dagang Intel Corporation atau anak perusahaannya di A.S. dan/atau negara-negara lainnya. Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain. © Intel Corporation.