Apa Itu Thunderbolt 4?

Fokus Utama:

  • Anda dapat menghubungkan monitor eksternal, Thunderbolt™, dan perangkat USB dengan satu kabel Thunderbolt 4.

  • Teknologi Thunderbolt 4 berkecepatan tinggi memanfaatkan kekuatan CPU Anda untuk meningkatkan performa data dan video.

  • Tingkatkan rakitan gaming Anda dengan gaming dock dan solusi perekam video untuk merekam gameplay pada pengaturan tertinggi.

  • Menghubungkan SSD kecepatan tinggi ke port Thunderbolt 4 memungkinkan Anda untuk membawa game Anda ke mana pun.

  • Kabel unversal Thunderbolt 4 membantu menyederhanakan pilihan kabel.

author-image

By

Menghubungkan perangkat keras yang tepat ke sistem Anda dapat meningkatkan rakitan gaming Anda, tetapi proses tersebut tidak harus rumit. Apa pun yang perlu Anda hubungkan — monitor gaming, keyboard dan mouse, perangkat perekam video untuk live streaming — Thunderbolt 4 dapat membantu.

Port Thunderbolt 4 telah dirancang untuk membuat perangkat terhubung lebih mudah, menjaga ruang gaming Anda tetap rapi dan aman, membebaskan port untuk ketersediaan yang lebih luas, dan memungkinkan Anda menghubungkan semua perangkat yang Anda inginkan dengan mudah.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu Thunderbolt 4, dan memberikan Anda gambaran tentang bagaimana Anda dapat menggunakan teknologi serbaguna ini untuk meningkatkan rakitan gaming Anda.

Apa Itu Thunderbolt 4?

Teknologi Thunderbolt™ adalah antarmuka sambungan kabel yang dikembangkan oleh Intel selama satu dekade terakhir. Berikut adalah tiga fitur paling penting dari teknologi Thunderbolt™:

  • Port Thunderbolt™ menyediakan bandwidth tinggi untuk menghubungkan perangkat berkecepatan tinggi.
  • Kabel Thunderbolt™ membantu memastikan sambungan berkualitas antara perangkat dan PC.
  • Aksesori Thunderbolt™ memudahkan perluasan kemampuan PC Anda dengan opsi docking dan perangkat eksternal.

Manfaat Thunderbolt 4

Meskipun semua port memenuhi tujuan dasar menghubungkan perangkat input/output ke PC, port Thunderbolt 4 memiliki beberapa manfaat signifikan:

  • Fleksibilitas. Beberapa port memberi daya ke perangkat Anda. Lainnya mentransfer data dari perangkat ke PC. Masih ada port lain yang mentransfer sinyal video dari PC Anda ke monitor eksternal. Port Thunderbolt™ dapat melakukan ketiganya. Port ini memberikan transfer data kecepatan tinggi, menghasilkan sinyal video, dan dapat memberikan daya ke perangkat kompatibel (termasuk mengisi daya laptop ringan) secara bersamaan.
  • Bandwidth. Port Thunderbolt 4 memiliki bandwidth dwiarah 40 Gbps (gigabit per second). Itu berarti data dapat dipindahkan ke dan dari penyimpanan eksternal dengan cepat, dan hingga lima perangkat Thunderbolt dapat terhubung untuk konfigurasi perangkat fleksibel—semuanya didukung oleh satu port.
  • Konektivitas serbaguna. Port Thunderbolt 4 kompatibel dengan banyak standar koneksi, termasuk versi Thunderbolt™ sebelumnya, USB, DisplayPort, dan PCIe. Port dapat tersambung dengan konektor tipe USB-C standar.

Apa yang dapat Anda sambungkan dengan Thunderbolt 4?

  • Perangkat Thunderbolt™. Sambungkan perangkat dengan logo Thunderbolt™, termasuk dock, layar, penyimpanan, dan perangkat perekam video. Perangkat dan kabel Thunderbolt™ 3 kompatibel dengan port Thunderbolt 4. Perangkat Thunderbolt yang lebih lawas juga dapat berfungsi, namun memerlukan adaptor.
  • Monitor eksternal. Sambungkan beberapa layar. Satu port Thunderbolt 4 dapat terhubung hingga ke dua monitor DisplayPort atau HDP 4K 60 Hz melalui dock yang kompatibel atau adaptor. Monitor khusus Thunderbolt juga dapat terhubung langsung.
  • Penyimpanan. Hubungkan SSD Thunderbolt™ eksternal kecepatan tinggi untuk memperluas kapasitas penyimpanan sistem Anda dan mencapai kekuatan yang setara dengan drive internal.
  • Periferal USB. Hubungkan perangkat USB seperti mouse, keyboard, kontroler, dan headset untuk gaming.
  • Perangkat PCI Express (PCIe). Manfaatkan chassis ekspansi PCIe untuk mengakses perangkat PCIe yang kompatibel, seperti perangkat perekam video untuk live-streaming gameplay.
  • Jaringan. Hubungkan ke jaringan Ethernet 10 Gigabit kecepatan tinggi lewat adaptor atau gunakan kabel Thunderbolt untuk menghubungkan dua komputer melalui jaringan peer-to-peer. Ini memungkinkan transfer data volume besar dari satu PC ke PC lain, yang idel saat meningkatkan ke sistem baru.
  • Mengisi daya. Sambungkan ponsel Anda, PC notebook ringan (yang memerlukan kurang dari 100W), dan perangkat USB kompatibel lain untuk mengisi daya dengan cepat.

Apa Yang baru di Thunderbolt 4?

Thunderbolt 4 merupakan generasi Thunderbolt terbaru. Port tersebut ditemukan pada PC dengan prosesor mobile Intel® Core™ Generasi ke-11 atau sistem yang dilengkapi kontroler Thunderbolt 4.

Thunderbolt 4 menghadirkan berbagai peningkatan dan fitur baru ketika dibandingkan dengan Thunderbolt 3.

  • Kecepatan. Port Thunderbolt 4 memiliki bandwidth 40 Gbps kecepatan tinggi yang sama seperti Thunderbolt™ 3. Namun, persyaratan data PCIe minimal telah meningkat dari 16 Gbps menjadi 32 Gbps. Ini berarti bahwa perangkat PCIe eksternal kecepatan tinggi seperti penyimpanan dan grafis eksternal dapat meningkatkan laju transfer dan performa secara signifikan.
  • Keamanan. Perlindungan DMA berbasis VT-d membantu mencegah ancaman keamanan dengan memetakan ulang permintaan dari perangkat eksternal dan memeriksa izin yang tepat.
  • Bangun dari mode tidur. Fitur ini memungkinkan PC untuk keluar dari mode hibernasi dengan periferal yang terhubung melalui dock.

Manfaat Gaming dengan Thunderbolt 4

Thunderbolt 4 memberikan manfaat yang signifikan, tetapi bagaimananya cara meningkatkan rakitan gaming Anda?

Docking

Dock multiport Thunderbolt 4 dapat tersambung lewat kabel Thunderbolt 4 ke satu port Thunderbolt 4 di PC Anda.

Manfaat docking Thunderbolt 4 termasuk:

  • Ekspansi port. Tingkatkan jumlah perangkat yang dapat terhubung ke laptop atau PC desktop Anda dengan dock Thunderbolt 4. Misalnya, hubungkan keyboard gaming, mouse gaming kabel, monitor eksternal, dan SSD ke dock, kemudian ke PC dengan satu kabel Thunderbolt 4. Berapa banyak dan berapa jenis port yang didukung akan bervariasi tergantung pada desain dan model dock. Kebanyakan dock Thunderbolt 4 meningkatkan jumlah port Thunderbolt 4 yang tersedia dan sering memiliki port tambahan untuk USB 3.0 Type-A, DisplayPort, dan audio.
  • Kemudahan throughput. Dengan bandwidth 40 Gbps, port Thunderbolt 4 memudahkan terhubung ke perangkat performa tinggi — seperti monitor gaming dan SSD berkecepatan tinggi — dan menggunakannya pada kecepatan yang diharapkan tanpa membebani kapasitas port. Karena bandwidth-nya bersifat dwiarah, sinyal video yang keluar tidak akan bertabrakan dengan data yang masuk dari periferal atau drive penyimpanan.
  • Manajemen kabel. Gunakan dock untuk menjaga ruang gaming Anda tetap rapi, dengan semua aksesori gaming tersambung ke hub pusat dan tidak tersambung langsung ke PC. hanya dengan satu kabel yang tersambung dari dock ke PC Anda, area gaming akan tetap bersih dan rapi.
  • Mobilitas. Cukup lepaskan satu kabel ketimbang tiga atau empat ketika Anda ingin memindahkan laptop.

Upgrade Eksternal

Port Thunderbolt 4 juga memberikan akses eksternal ke bus PCIe kecepatan tinggi, memungkinkan komponen yang menggunakan PCIe untuk terhubung tanpa harus dipasang secara internal.

  • SSD Eksternal. Jalankan game dari SSD NVMe eksternal, seperti Samsung Portable SSD X5 dan drive bawaan di dalam Seagate FireCuda Gaming Dock. Karena penyimpanan NVMe menggunakan PCIe alih-alih konektor SATA lawas yang digunakan oleh SSD SATA dan HDD tradisional, kecepatan baca/tulisnya cukup cepat untuk bermain game dari perangkat penyimpanan eksternal. Hal ini memungkinkan game untuk dipindahkan ke drive eksternal, sehingga dapat dimainkan pada sistem apa pun yang mendukung Thunderbolt 4.
  • Perangkat perekaman video. Kemungkinan lainnya adalah menyambungkan perangkat perekaman video eksternal untuk streaming, seperti AVerMedia Live Gamer BOLT. Anda dapat merekam gameplay dalam 4K pada 60 Hz atau 1080p pada 240 Hz. Memiliki unit khusus untuk merekam gameplay membebaskan sumber daya sistem, sehingga Anda dapat bermain game pada pengaturan yang lebih tinggi sembari mempertahankan kualitas video yang jernih.
  • Grafis Eksternal. Hubungkan GPU eksternal untuk meningkatkan performa grafis laptop atau PC ringan, yang memungkinkan Anda memainkan lebih banyak game pada pengaturan yang lebih tinggi.

Penyederhanaan Kabel

Ada beberapa manfaat mengganti kabel USB dalam rakitan gaming Anda dengan Thunderbolt 4, terutama untuk kesederhanaannya.

  • Sederhana saja. Dengan banyaknya revisi USB, mencari kabel yang tepat dapat membingungkan. USB 2.0? USB 3.2 5Gbps? USB 3.2 10Gbps? USB 3/DP? Satu kabel Thunderbolt 4 dapat melakukan semua fungsi mereka.
  • Kabel ini mudah dikenali. Dengan beberapa kabel USB, sulit mengidentifiksi versi kabel yang Anda gunakan dan fitur apa yang didukungnya. Semua konektor Thunderbolt 4 ditandai dengan simbol Thunderbolt dan angka 4, jadi Anda mengetahui persis apa yang Anda dapatkan.
  • Mereka mengirimkan data lebih jauh. Dengan jarak transmisi data lebih panjang, kabel Thunderbolt 4 memberikan kecepatan transfer tertinggi pada panjang 2 meter (6,56 kaki) — ideal untuk pengaturan laptop gaming.
  • Mereka bersertifikat. Kabel Thunderbolt teruji kualitasnya dan diwajibkan memenuhi standar sertifikasi.

Hubungkan Lebih Banyak Perangkat dengan Thunderbolt 4

Jika fungsionalitas I/O yang sederhana, serbaguna, dan canggih adalah prioritas, cari PC dengan port Thunderbolt 4. Dock Thunderbolt™ dengan beberapa port Thunderbolt™ memungkinkan Anda menghubungkan semua aksesori gaming dan monitor kecepatan tinggi Anda, sembari menjaga ruang gaming Anda tetap rapi dan tertata.

Perangkat Thunderbolt™ juga memberikan performa eksternal yang hebat. SSD Thunderbolt™ dan dock Thunderbolt™ dengan penyimpanan terintegrasi memungkinkan Anda menyimpan game berukuran file besar dan memainkannya dengan kecepatan tinggi, sedangkan perangkat perekam eksternal Thunderbolt meningkatkan kualitas stream Anda, dan dapat membantu meningkatkan jumlah penonton.

Baik Anda memilih desktop atau laptop untuk sistem gaming selanjutnya, teknologi Thunderbolt 4 memberikan opsi yang beragam untuk memperluas rakitan Anda.