Yang Diperlukan untuk Pengaturan Meja Game Terbaik

Fokus Utama:

  • Layar

  • Kursi Anda

  • Audio

  • Streaming

  • Pengaturan

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Pengaturan PC game yang baik lebih dari sekadar memilih PC Anda. Anda harus mempertimbangkan hal berikut saat mendesain pengaturan game terbaik.

Jika sering duduk lama di depan meja, Anda akan tahu betapa pentingnya kualitas pengaturan meja game.

Terdapat banyak elemen yang harus dipertimbangkan saat Anda merancang tata letak meja, terutama masalah kenyamanan dan fungsionalitas. Tetapi ada juga pertimbangan lain — seperti pengaturan audio, penempatan layar, posisi mouse dan keyboard, serta banyak fitur kecil lainnya — yang dapat berdampak besar pada cara interaksi Anda dengan PC.

Kami mementingkan ergonomis, atau ilmu untuk meningkatkan aksesibilitas manusia, serta estetika, atau tampilan pengaturan Anda. Dalam konteks mengatur stasiun game ideal, ergonomis ditentukan melalui interaksi tubuh dengan teknologi, tanpa mengesampingkan kesehatan dan kenyamanan. Karena selera orang berbeda-beda, dan tidak ada cara yang ”benar” dalam pengaturan stasiun game, maka kami akan membahas beberapa opsi yang harus dipertimbangkan saat Anda mengatur PC game ideal.

Meja Anda

Meja game merupakan pusat pengaturan; tempat Anda meletakkan semuanya. Ada beberapa area utama yang harus dipertimbangkan saat mencari meja game PC yang ideal: kenyamanan (ergonomis), area permukaan, material konstruksi, dan estetika. Apakah meja Anda menggunakan kaki dan bilah meja dari produsen furniture Swedia, atau logam dan bilah meja kaca dari museum seni modern, Anda memerlukan meja dengan bentuk dan fungsi yang selaras.

Mulailah dengan menentukan permukaan meja yang ideal. Kaca, misalnya, mungkin terlihat bagus, tetapi sulit untuk melacak pergerakan mouse, dan meja yang dapat pecah kurang efektif. Pertimbangkan berat yang akan diletakkan di atas meja — seperti beberapa lengan monitor atau layar yang berat — dan pastikan permukaan tersebut cukup kokoh. Pertimbangkan juga tampilannya; kayu poles akan membuat kesan yang sangat berbeda dari marmer.

Penting juga halnya untuk mempertimbangkan ruang kerja Anda. Jika ruang kerja Anda lebih kecil, sebaiknya gunakan pengaturan yang lebih minimalis, mungkin menggunakan PC dengan faktor bentuk kecil. Pada ruang kerja yang lebih besar, gunakan meja berbentuk L agar Anda dapat memiliki ruang yang lebih luas. Sebaiknya pertimbangkan juga seberapa sering Anda berpindah. Anda akan lebih mudah untuk memindahkan empat kaki meja daripada sebuah casing PC raksasa yang juga berfungsi sebagai meja.

Anda harus mengutamakan kenyamanan dan kesehatan. Meja berdiri menjadi opsi yang populer karena Anda dapat bekerja atau bermain game sambil berdiri atau duduk. Duduk sepanjang hari dapat membebani tubuh Anda, maka sebaiknya gunakan meja yang fleksibel agar tetap dapat digunakan saat berdiri. Terdapat berbagai macam meja berdiri, mulai dari meja berukuran besar lengkap dengan motor, hingga meja kecil seukuran desktop yang tingginya dapat disesuaikan saat Anda ingin meregangkan kaki. Menurut Dr. Menarik Schwartz, seorang chiropractor penuh waktu dan gamer paruh waktu, “Meskipun meja berdiri tidak dapat mengatasi masalah yang timbul akibat duduk terlalu lama, tetapi mengubah postur dan posisi secara berkala dapat membantu secara signifikan.”

Fitur pengaturan lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah manajemen kabel. Menyusun semua kabel dalam pengaturan dengan rapi dapat meningkatkan estetika, memudahkan pembersihan, dan memperkecil kemungkinan tersandung. Terdapat berbagai pilihan penyusunan dan opsi manajemen kabel, seperti sarung, pengikat kabel velcro, dan kotak kabel.

Layar

Anda harus dapat melihat game dengan jelas, jadi sebaiknya gunakan layar yang tepat, juga temukan posisi layar yang paling baik. Sebagai streamer Freya Fox berkata, “Penempatan monitor akan memengaruhi sensasi pengaturan Anda. Triknya adalah dengan menyeimbangkan ergonomis dan estetika.”

Sebelum memutuskan tempat untuk meletakkan monitor, Anda harus menentukan berapa banyak monitor yang ingin Anda gunakan. Pengaturan multi-monitor semakin populer karena orang sudah menyadari keunggulan layar terpisah untuk bekerja dan bermain game, tetapi monitor ultralebar juga merupakan opsi yang sangat baik.

Setelah memilih monitor, pertimbangkan posisi terbaiknya. Anda dapat menggunakan gaya klasik dengan dua monitor identik yang berdampingan, tetapi ada juga opsi lainnya. Anda dapat memasang televisi dinding di atas monitor game di depan Anda, atau menggunakan layar dengan satu layar tambahan yang dipasang secara vertikal.

Jika Anda ingin berpindah-pindah dan menyesuaikan layar, sebaiknya gunakan mekanisme pemasangan yang memungkinkan fleksibilitas tersebut. Dengan anggapan bahwa monitor Anda kompatibel dengan VESA — sebagian besar layar modern demikian — terdapat beragam opsi selain dudukan bawaan layar. Terdapat opsi lengan monitor yang dapat dipasang ke meja dalam berbagai cara, atau dudukan dinding jika Anda tidak ingin menggunakan lengan meja. Dengan lengan meja, Anda dapat mengatur kembali posisi layar sesuka hati, tanpa mengurangi ruang meja yang terbatas. Jika ingin menggunakan lengan meja atau dudukan dinding, pastikan kembali apakah opsi tersebut dapat menanggung beban layar Anda.

Penempatan lebih dari sekadar kemudahan — hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan Anda. “Monitor utama harus selalu berada di depan Anda, agar otot leher tidak menjadi tegang karena terus menengok ke satu sisi,” kata Dr. Schwartz. “Jika menggunakan sistem monitor ganda, sebaiknya gunakan layar sekunder yang menempel dengan layar utama, lebih baik lagi jika posisinya vertikal. Monitor harus berjarak minimal sepanjang jangkauan lengan, dan tingginya harus disesuaikan agar mata sejajar dengan sepertiga bagian atas layar.”

Takhta Anda

Demi kenyamanan, Anda harus memilih kursi yang baik. Popularitas kursi "game" melonjak dalam satu dekade terakhir. Mungkin terdapat beragam pendapat mengenai estetika kursi bergaya balap ini, tetapi popularitas desainnya tidak perlu diragukan lagi. Jika tidak mementingkan estetika game, Anda dapat menggunakan kursi kantor nyaman yang tak akan pernah ketinggalan zaman, atau kursi lain dengan berbagai gaya, tingkat kenyamanan, dan harga.

Selain tampilan, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih kursi. “Anda wajib memilih kursi yang kuat dan mudah untuk disesuaikan karena Anda akan duduk untuk waktu yang lama,” kata Dr. Schwartz. “Sandaran lengan di pesawat XYZ yang mudah disesuaikan berfungsi sempurna untuk menopang tangan, selain itu, penopang pinggang yang dapat disesuaikan atau dilepas sungguh fungsional.”

Selain preferensi gaya, sebaiknya pertimbangkan juga tinggi dan berat badan Anda saat memilih kursi yang ideal. Kursi yang dirancang untuk orang tinggi besar mungkin tidak terasa nyaman bagi orang yang agak pendek, dan sebaliknya.

Mouse dan Keyboard

Anda harus mencari cara agar mouse dan keyboard pas dengan pengaturan, terlepas dari Anda sudah memilikinya atau belum.

“Satu-satunya fitur keyboard yang penting bagi saya adalah ukurannya harus kecil”, ujar González Molinillo dari Liga Overwatch. Dengan keyboard kecil, ruang di meja jadi lebih luas dan Anda jadi lebih fleksibel untuk meletakkan hal lainnya.

Tapi hal ini tergantung pada apa game yang dimainkan dan preferensi pribadi Anda.

“Tergantung pada game, tetapi 99% saya meletakkan keyboard di tengah layar dan mouse di sebelah kanan,” kata Fox. “Kadang untuk game FPS seperti Overwatch, saya memiringkan keyboard secara diagonal agar lebih leluasa saat menggerakkan mouse untuk membidik”.

Gunakan periferal yang Anda inginkan, tetapi sebaiknya pastikan juga bahwa meja dapat mendukung preferensi tersebut.

Pertimbangkan juga kesehatan tangan dan pergelangan Anda, karena beberapa orang mungkin memerlukan penopang pergelangan tangan. Jika menginginkan atau memerlukan bantalan tambahan, Anda dapat menggunakan sandaran pergelangan tangan dengan desain yang disesuaikan bagi pengaturan atau preferensi tertentu dan beragam material mulai dari kayu poles hingga memory foam.

Alas mouse tradisional telah banyak berubah dalam beberapa tahun belakangan; kini terdapat alas kain dengan motif kustom yang dapat digunakan untuk menutupi seluruh meja, atau alas permukaan keras dengan integrasi RGB dan passthrough USB untuk akses yang lebih praktis. Alas mouse mungkin bukan hal utama, tapi hal ini dapat menambah kemewahan dan kenyamanan pengaturan meja Anda. Jika menginginkan performa mouse yang tinggi, pertimbangkan permukaan meja Anda.

Kontroler juga merupakan opsi yang sangat baik untuk game PC, dan jika sudah terbiasa menggunakannya, sebaiknya tambahkan ke pengaturan Anda. Artinya Anda dapat menggunakan dudukan kontroler kustom atau stasiun pengisian daya nirkabel di samping PC, bahkan periferal kontrol lain yang lebih canggih.

Penggemar game simulasi penerbangan atau menyetir mungkin pernah melihat beragam pengaturan canggih yang didesain seperti kokpit pilot pesawat jet atau kabin mobil sport. Meskipun tidak memerlukan pengaturan secanggih itu, tetapi pengaturan posisi setir balap atau stik kontrol penerbangan yang tepat dapat membuat Anda jauh lebih mudah untuk mengaksesnya.

Ruangan Anda harus mampu mengakomodasi dan mencerminkan game yang paling Anda sukai.

Pencahayaan

Apakah kelengkapan lampu dapat meningkatkan permainan game? Mungkin tidak, tetapi itu dapat membuat Anda lebih menghayati game.

Seperti yang telah dibahas, ada pertimbangan kesehatan dan estetika. Menatap monitor terus-menerus untuk waktu yang lama dapat menyebabkan mata lelah, dan pengaturan lampu Anda dapat menguranginya.

Anda dapat membuat perbedaan yang signifikan dengan menggunakan lampu meja atau lantai daripada lampu di langit-langit. Solusi pencahayaan berwarna, seperti cahaya latar LED, dapat menambahkan warna dengan biaya yang relatif murah, lagi pula bohlam LED berwarna yang dikendalikan dengan remote tidak memerlukan konektivitas jaringan. Lampu tersebut mudah untuk dipasang dan dapat membuat perbedaan yang signifikan di ruangan Anda.

Tidak semua orang memerlukan pengaturan lampu yang kompleks, tetapi saat sedang streaming, kadang Anda memerlukan kustomisasi tingkat tinggi. Menurut Fox, “Saya menggunakan berbagai lampu mulai dari bohlam cerdas LIFX hingga lampu video LED gel standar. Ada juga beberapa ‘uplights’ dari lampu par LED yang digunakan di panggung atau teater produksi.”

Solusi pencahayaan cerdas seperti Philips Hue dan Nanoleaf memiliki profil lampu unik yang bereaksi dengan game Anda, mewujudkan suasana di layar ke dalam ruangan Anda.

Dengan beragam solusi pencahayaan cerdas, soket ekstensi ambien, serta integrasi RGB pada komponen dan periferal PC, Anda dapat mengubah ruangan menjadi pertunjukan lampu yang megah dengan sangat mudah.

Audio

Sebenarnya monitor dengan speaker bawaan sudah cukup, tetapi jika dapat meningkatkan pengalaman, mengapa Anda membatasinya dengan sekadar audio yang lumayan? Tersedia beragam headset game dengan berbagai fitur dan harga.

Jika Anda adalah seorang audiophile, perlu diingat bahwa headphone yang paling high-end sekalipun dapat digunakan dengan komputer. Amplifier dan DAC (Digital-to-Analog Converter) headphone eksternal dapat menyimulasikan pengalaman audio high-end yang serupa dengan audio headphone mahal. Bahkan USB DAC tingkat awal dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Walaupun kebanyakan headset game memiliki mikrofon yang bagus untuk berkomunikasi di Discord, sebaiknya Anda berinvestasi dalam mikrofon terpisah, mungkin dengan tambahan lengan atau dudukan. Hal ini akan sangat berguna, khususnya jika Anda merekam suara untuk produksi atau streaming. Jika menggunakan headset, Anda dapat menggunakan mikrofon khusus untuk rekaman tertentu, dan dengan opsi konektivitas yang perlu diintegrasikan ke pengaturan Anda.

Streaming

Jika Anda penggemar streaming, mungkin meja Anda akan terlihat sedikit berbeda dari gamer biasa. Pengaturan streaming yang sempurna sangat berbeda dari game, tetapi ada beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan saat merakit perangkat streaming.

Pertimbangkan penempatan kamera dan pencahayaan Anda. “Saya menggunakan lampu ring 3600 lumen,” ucap Fox. “Lampu itu sangat terang dan dapat disesuaikan secara manual, tergantung jumlah cahaya yang diperlukan. Saya meletakkannya di depan saya, sedangkan kamera dipasang di dalam ring.”

Proses pengaturan pada layar hijau sangat berbeda dengan kebutuhan pencahayaan tersendiri. Pilih mikrofon, sandaran/dudukan mikrofon, condenser, mixer, dan perlengkapan audio lain yang tepat agar Anda dapat menggabungkannya untuk menciptakan audio yang sempurna saat streaming.

Jika menggunakan dua PC untuk streaming, pastikan Anda memiliki dua pengaturan yang tepat dengan beberapa keyboard, mouse, dan monitor, atau kemampuan untuk beralih di antara keduanya.

Pengaturan yang Sempurna

Tidak ada standar untuk pengaturan meja yang sempurna, tetapi yang pasti meja harus nyaman, fungsional, dan memiliki ciri khas Anda. Menggabungkan semua elemen tersebut tidak selalu bersifat rumit atau mahal. Yang penting sesuai bagi Anda.