Cara Menjadi Gamer Profesional dalam 10 Langkah

Sejak awal yang sederhana pada tahun 2007, turnamen Intel® Extreme Masters (IEM) telah berkembang dari sebuah pojok di pameran teknologi Jerman menjadi acara global yang diselenggarakan di stadion dengan tiket habis terjual serta diikuti oleh jutaan1 penggemar. Esport secara keseluruhan telah mengikuti jejak yang sama. Gamer profesional sekarang ini bersaing di seluruh dunia demi hadiah utama dan agar terkenal di acara Esport seperti International DOTA 2 Championship dan Intel® Extreme Masters Grand Finals. Sementara itu, Blizzard* membangun arena khusus di Los Angeles untuk menyelenggarakan dan menyiarkan langsung acara Overwatch League. Beberapa universitas menawarkan beasiswa Esport.

Siapa pun yang menyukai game mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana cara menjadi gamer profesional. Baik Anda ingin mengikuti kompetisi perorangan atau tim, ada cetak biru untuk memulai karier di dunia game.

10 Langkah untuk Menjadi Gamer Profesional

Temukan Motivasi Anda

Seperti halnya kehidupan, Esport perlu dimainkan dengan alasan yang tepat. Kesukaan pada kompetisi, kepuasan berkembang sebagai pemain, dan perasaan berkontribusi terhadap tim serta komunitas, semuanya merupakan alasan yang valid untuk bermain.

Dalam jangka panjang, motivasi positiflah yang membuat para pemain terus bermain. Di sisi lain, pemain yang termotivasi oleh uang, ketenaran, dan sukses cepat, akan cenderung kehabisan semangat sebelum berhasil menjadi profesional. Menyukai game akan menciptakan dunia yang berbeda selama berlatih setiap hari seiring keterampilan yang Anda peroleh secara bertahap untuk menjadi profesional.

Pilih Game Anda

Langkah berikutnya adalah menemukan game Anda. Ada dua pendekatan di sini: memilih game yang sedang-dan-akan populer atau mengikuti game yang sudah terkenal.

Keuntungan memilih game yang sudah terkenal sebagai Esport adalah karena sudah tersedia infrastruktur dan sumber daya untuk mendukung bermain game secara profesional. Judul Esport yang sudah lama tenar seperti League of Legends, Dota 2, dan CounterStrike: Global Offensive (CS:GO) memiliki basis pemain yang besar dan khusus, ditambah turnamen bersponsor yang menawarkan hadiah besar. Kekurangannya adalah game tersebut merupakan arena yang sulit untuk dimasuki pendatang baru.

Bila suatu game sedang dan akan populer, pemain memiliki kesempatan untuk membantu mendalami dame dan memajukan meta, yang cenderung menjadi lebih mudah berubah dan mengakomodasi berbagai gaya permainan yang berbeda pada awalnya. Para pemain awal dari game seperti Rocket League2 dan PlayerUnknown's Battlegrounds3, sebagai contoh, menjadi jalan yang mendorong mereka ke tengah panggung Esport. Walau demikian, ada juga risiko arena game yang kompetitif gagal bertahan, ketika itulah Anda mungkin harus memilih game baru.

Saran kami adalah mencoba beberapa dan memutuskan mana yang benar-benar Anda sukai. Anda akan sering memainkannya.

Bergabung dengan Komunitas

Di samping talenta individu, budaya seputar game juga turut memengaruhi bermain game secara profesional. Sebelum menginvestasikan waktu terlalu banyak untuk mempelajari detail game tertentu, sisihkan sebagian waktu untuk memantau forum dan tempat berkumpul lain para pemain. Pengalaman akan memberikan petunjuk yang lebih baik tentang jalur ke depan, dan Anda akan mampu menilai apakah perjalanan pemain profesional sesuai dengan tujuan dan motivasi pribadi Anda.

Menyibukkan diri dalam arena game sangatlah penting untuk memajukan karier Anda, jadi pastikan Anda menikmati persahabatan dengan pemain lainnya. Untuk satu hal, poin yang lebih akurat tentang meta suatu game dapat ditemukan di papan pengumuman, forum, dan saluran YouTube. Pemain perlu berinteraksi satu sama lain untuk memantau meta yang terus berubah serta mengulanginya — yang akan berkontribusi kembali pada arena tempat mereka berada.

Selain itu, komunitas adalah motivasi yang kuat untuk tetap bertahan di suatu game dalam jangka panjang.

Siapkan Peralatan

Pastikan Anda bermain dengan peralatan yang tepat, mulai dari mouse game yang bagus dan keyboard mekanis. Ada banyak pilihan dalam hal periferal — yang bervariasi dalam ukuran, faktor bentuk, dan sensitivas — tetapi yang terbaik adalah memilih yang paling cocok untuk Anda. Untuk mendapatkan beberapa ide, dengarkan apa yang dikatakan oleh para profesional Esport tentang periferal bermain game yang mereka gunakan.

Periferal mana pun yang Anda pilih, sebaiknya gunakan mouse dan keyboard yang sama di setiap pertandingan persahabatan, setiap game. Lihatlah para profesional sekarang ini. Peralatan yang mereka gunakan di rumah untuk bermain game sama seperti yang mereka gunakan di ajang kompetisi. Membiasakan diri dengan periferal Anda akan mempermudah transisi ke lingkungan turnamen, yang dipengaruhi oleh kegugupan dan tekanan.

Konsistensi juga merupakan satu faktor dalam hal perangkat keras. Penyelenggara acara game profesional teliti dalam memilih komponen sistem yang tidak akan menghambat permainan game dengan frame rate yang tersendat atau tidak teratur. Performa laptop game atau PC game Anda harus ikut menyesuaikan. Untuk mempelajari selengkapnya tentang meningkatkan pengalaman bermain game Anda, lihat panduan kami tentang apa yang harus dicari dalam prosesor, monitor game, dan ruang penyimpanan.

Berlatih

Dengan layanan pengaturan pertandingan di-game dan pengaturan pertandingan pihak ketiga premium seperti ESEA, jadi mudah menemukan lawan bermain. Namun jika ingin menang, Anda perlu berlatih.

Pertama, kuasai mekanika game. Konsentrasikan pada mempelajari keterampilan spesifik untuk suatu game hingga mendarahdaging dalam benak Anda. Baik itu berupa pukulan-terakhir di MOBA, membidik dengan akurasi di FPS, atau memaksimalkan aksi-per-menit di RTS, semua keterampilan ini selalu penting. Pemain profesional berlatih mekanika tanpa kenal lelah agar tetap awas dan membuat peningkatan segera, namun pemain yang baru saja memulai akan meningkat dramatis dengan berlatih.

Sambil mengasah keterampilan Anda, mulailah mempelajari strategi game secara menyeluruh. Esport yang baik memiliki beberapa lapis strategi, mulai dari strategi situasi — seperti peran jawara yang memantau di antara jalur — hingga meta lapis atas. Memahami peran Anda di situasi tertentu adalah tempat memulai yang bagus, karena meta yang digunakan para profesional — seperti strategi GOATS yang nyaris tak terhentikan yang mendominasi Season 1 dari Overwatch League — bisa jadi terlalu rumit untuk diatur para pemula.

Namun masih banyak hal yang akan dipelajari dari menonton para pemain top. Baik video maupun siaran langsung adalah sumber daya bagus untuk mempelajari kebiasaan yang baik di-game dan memberikan patokan kepada Anda tentang bagaimana seharusnya memainkan game.

Selanjutnya, ketika Anda menjadi lebih baik, meninjau permainan ulang akan memungkinkan Anda menganalisis gaya permainan dan belajar dari kesalahan Anda. Semua pemain terbaik melakukannya.

Menaiki Tangga

Jika Anda ingin menjadi profesional, perlu keinginan kuat untuk memenangkan setiap tahap kompetisi. Ini berarti menempati puncak papan skor dalam grup pilihan, menaiki tangga dalam pengaturan pertandingan, dan menjadi tim terakhir yang bertahan dalam turnamen.

Pahami hierarki tingkat kompetisi, karena setiap Esport memiliki sistemnya sendiri dalam memasukkan pemain baru. Di CS:GO, misalnya, seorang pemain biasanya mulai dari game publik ke pencocokan (matchmaking) lalu ke liga dan turnamen. Akan ada beberapa jalur berbeda untuk Esport yang berbeda.

Dengan menaiki tangga, pemain muda dapat meningkatkan popularitas mereka. Ini dapat membantu mereka menemukan tim amatir (atau rumah dalam suatu subkomunitas untuk game perorangan), yang pada gilirannya dapat menjadi batu lompatan ke organisasi game profesional.

Temukan Tim

Setelah Anda membangun reputasi sebagai kompetitor serius, temukan tim. Bermain bersama orang lain — khususnya mereka yang lebih baik dari Anda, atau yang memiliki seperangkat keterampilan berbeda — adalah salah satu pengalaman paling berharga yang bisa didapatkan pemain.

Jika Anda memang benar-benar bagus, mungkin ada tim yang akan mencari Anda. Jika tidak, Anda dapat mencobanya dengan beberapa tim. Situs web Teamfind, misalnya, memiliki forum dan alat bantu berkomunikasi bagi tim dan pemain. Server Discord, subreddits, dan group Steam juga berfungsi sebagai media perekrutan utama bagi tim amatir.

Perlu belajar bagaimana bermain dengan baik bersama orang lain untuk game berbasis-tim seperti CS:GO dan Dota 2. Jadi temukan peran yang Anda suka dan grup pemain yang cocok dengan Anda. Namun untuk game perorangan seperti Hearthstone atau StarCraft 2, ada manfaat yang bisa diperoleh dari terhubung dengan subkomunitas yang memiliki ketertarikan serupa.

Berkompetisi dan Dikenal

Menjadi hebat di game hanyalah setengah dari pertempuran. Setengah lainnya adalah membuat hubungan yang akan membantu Anda menaiki tangga kompetitif. Setelah Anda menemukan pijakan di lobi yang lebih kompetitif, mulailah membangun jaringan. Manfaatkan posisi Anda sebagai lawan berkualitas untuk terhubung dengan pemain yang lebih baik.

Membangun hubungan dengan pemain yang lebih baik dapat menghasilkan hal-hal yang lebih besar, seperti undangan ke saluran Discord privat, di mana Anda akan memiliki kesempatan bermain dalam pertandingan persahabatan eksklusif dan bergaul dengan para pemain elit. Lingkungan seperti inilah yang membuat para pemain berpeluang untuk dikenal oleh organisasi profesional.

Tetap Seimbang

Sementara mentalitas tekun banyak terlihat di Esport, para profesional harus mempelajari cara menyeimbangkan porsi latihan mereka dan aktivitas di luar layar. Menurut gamer profesional yang kami wawancarai, pendekatan holistik untuk berlatih — termasuk nutrisi, olahraga, dan kehidupan sosial aktif yang sesuai — akan meningkatkan fokus mental dan mencegah kehabisan semangat. Menjaga gaya hidup sehat akan membuat Anda tetap termotivasi cukup lama untuk mengembangkan keterampilan yang pada akhirnya akan menarik organisasi profesional.

Hidup Seperti Profesional

Menjadi gamer profesional memerlukan kerja keras dan latihan bertahun-tahun, namun ada hal lain di samping kerja keras terus menerus. Untuk berkembang sebagai pemain, pendekatan menyeluruh terhadap latihan perlu diambil — yaitu pendekatan yang meliputi pengembangan keterampilan sosial, memperluas pengetahuan tentang game, menemukan sumber motivasi positif, dan menjaga gaya hidup sehat.

Terapkan prinsip-prinsip ini maka Anda akan melihat peningkatan di dalam dan di luar game.4 5

Informasi Produk dan Performa

2Teamy Weamy, yang didirikan 6 hari setelah peluncuran Rocket League, telah diakuisisi, dan menjadi FlipSid3 Tactics, yakni tim hebat Rocket League pertama yang memenangi beberapa kejuaraan RLCS yang diadakan di Newark, New Jersey. https://liquipedia.net/rocketleague/Teamy_Weamy, https://liquipedia.net/rocketleague/FlipSid3_Tactics
3Bagan acara untuk turnamen PUBG LAN* pertama, menunjukkan komposisi yang bagus antara profesional dan pendatang baru. https://pubg.gamepedia.com/Gamescom_Invitational_2017#Register_for_event
4Intel, logo Intel, dan Core adalah merek dagang dari Intel Corporation atau anak perusahaannya di A.S. dan/atau di negara lainnya.
5

*Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.