Apa Itu PCIe 4.0 dan Mengapa Ini Penting?

Sistem Generasi ke-11 mendukung PCIe 4.0, yang berarti koneksi bandwidth lebih tinggi ke GPU, SSD, dan periferal lainnya. Sebagai tambahan, sistem Generasi ke-11 dilengkapi hingga 20 jalur PCIe CPU, yang memberikan koneksi lebih langsung ke beberapa perangkat.1 2 3 4

Fokus Utama:

  • PCIe 4.0 memungkinkan PC Anda memaksimalkan potensi GPU dan SSD terbaru.

  • PCIe 4.0 menggandakan bandwidth dari PCIe 3.0.

  • Jalur PCIe CPU tambahan memberi baik GPU dan SSD Anda akses ke jalur CPU.

  • Melakukan upgrade ke SSD PCIe 4.0 menyiapkan sistem Anda untuk inovasi gaming yang baru seperti DirectStorage.

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Perangkat PCIe 4.0 menjadi semakin umum digunakan. Dukungan untuk PCIe 4.0 adalah fitur utama dari CPU dan motherboard Intel® Core™ Generasi ke-11, yang menghadirkan hingga 20 jalur PCIe CPU.

Namun apa itu PCIe 4.0, dan apa yang membuatnya berbeda dari PCIe 3.0? Apa saja manfaat dari jalur PCIe CPU dibandingkan jalur PCIe chipset?

Mari kita jelajahi bagaimana PCIe 4.0 bekerja dan mengapa ini adalah bagian integral dari platform Generasi ke-11.

Apa Itu PCIe 4.0?

Jika Anda telah merakit PC sebelumnya, Anda akan mengenali slot PCIe yang memanjang secara horizontal di motherboard Anda. PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) adalah bus ekspansi bandwidth tinggi yang umumnya digunakan untuk menghubungkan kartu grafis dan SSD, serta periferal seperti kartu penangkap dan kartu nirkabel.

Pada motherboard, jalur PCIe muncul dalam variasi x1, x2, x4, x8, dan x16. Lebih banyak jalur berarti lebih banyak bandwidth, serta slot yang lebih panjang. GPU biasanya diinstal di atas slot x16, karena ini memiliki bandwidth paling besar dan, secara tradisional, merupakan koneksi paling langsung ke CPU. SSD PCIe m.2 modern menggunakan jalur x4.

Mengapa PCIe 4.0 menggantikan 3.0? Karena ini dirancang untuk dua kali lebih cepat. Sementara PCIe 3.0 memiliki tingkat transfer data 8 gigatransfer per detik, PCIe 4.0 mentransfer data secepat 16 GT/detik. (Tingkat bit diukur dalam gigatransfer untuk menunjukkan kecepatan maksimum teoretis sebelum enkode—kecepatan aktual mungkin lebih lambat.)

Di permukaan, slot PCIe 4.0 terlihat sama seperti 3.0. Mereka juga dilengkapi kompatibilitas ke belakang dan ke depan: Anda bukan hanya bisa menghubungkan SSD PCIe 3.0 ke slot PCIe 4.0, Anda juga dapat menghubungkan SSD PCIe 4.0 ke slot 3.0.

Bagaimana Generasi ke-11 Mendukung PCIe 4.0?

Keunggulan utama dari CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 seperti Intel® Core™ i9-11900K dan Intel® Core™ i7-11700K adalah mereka berdua menghadirkan hingga 20 jalur PCIe CPU 4.0.

Ini membuat sistem Generasi ke-11 lebih fleksibel secara signifikan dibandingkan generasi sebelumnya yang menyediakan hanya 16 jalur PCIe CPU.

Tidak semua jalur PCIe bekerja dengan cara yang sama — jalur PCIe CPU terhubung secara langsung dengan CPU, sedangkan jalur chipset (atau "jalur PCH") terhubung melalui chipset motherboard, yang terhubung ke CPU via tautan DMI (Direct Media Interface).

PCH biasanya mengelola fitur pada motherboard Anda seperti perangkat USB, Wi-Fi, dan jaringan Ethernet, serta suara onboard. Karena hubungan antara CPU dan chipset terbatas oleh bandwidth total x8 3.0, maka Anda mungkin membuat tautan itu tersaturasi jika Anda mencolokkan beberapa perangkat penyimpanan sekaligus dan menggunakan sumber daya lainnya.

Terhubung secara langsung ke CPU akan melewatkan bottleneck ini. Itulah mengapa empat jalur PCIe CPU ekstra yang dihadirkan CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 sangat berharga.

Ini berarti perakit PC akhirnya memiliki fleksibilitas untuk memberi GPU dan SSD NVMe jalur yang optimal ke CPU mereka secara bersamaan. (Dengan 16 jalur, cara ini hanya mungkin dengan membagi dua bandwidth ke GPU, yang menciptakan potensi bottleneck.)

SSD PCIe m.2 dan SSD NVMe yang menggunakan kartu riser sudah menikmati keunggulan kecepatan dibandingkan drive yang terhubung melalui kabel data SATA. Throughput yang lebih tinggi dari PCIe memungkinkan penyimpanan NVMe untuk secara cepat mengantrikan lebih banyak data, dan koneksi langsung ke motherboard mengurangi latensi. Terhubung ke jalur PCIe CPU lebih jauh mengurangi latensi dengan menghilangkan jarak yang harus ditempuh data melalui chipset.

Mengapa Upgrade ke PCIe 4.0?

Seperti yang disebutkan di atas, PCIe 4.0 dirancang untuk menggandakan throughput dari 3.0. Namun manfaat nyata dari kompatibilitas PCIe 4.0 adalah opsi untuk melakukan upgrade ke SSD dan GPU yang baru seiring teknologinya menjadi matang.

SSD PCIe 4.0 yang baru dirancang untuk memiliki kecepatan baca/tulis maksimum lebih tinggi dibandingkan SSD PCIe 3.0, tetapi keunggulan nyata mereka saat ini dalam hal seperti waktu muat dan transfer file besar tergolong kecil. Meskipun demikian, seiring waktu kontroler memori yang baru akan dirilis dan baik game serta aplikasi diharapkan untuk memanfaatkan SSD modern lebih jauh lagi.

Salah satu cara ini mungkin terjadi adalah dengan teknologi yang akan datang seperti DirectStorage, yang dirancang untuk meningkatkan performa SSD dalam beban kerja I/O yang berat. Seiring SSD menjadi norma dalam pengembangan game generasi berikutnya, ini dapat menyebabkan kemajuan dalam waktu muat, streaming aset, dan desain level.

Bandwidth lebih tinggi yang diharapkan dari PCIe 4.0 juga mungkin memberikan manfaat bagi kartu grafis, karena throughput yang lebih tinggi membantu memungkinkan transfer data yang lebih cepat ke VRAM. Namun, sementara rakitan PCIe 4.0 memberikan performa yang lebih baik dibandingkan 3.0 dalam benchmark sintetis, manfaat nyata untuk bermain game saat ini tergolong kecil.

Beberapa pengujian menunjukkan bahwa bahkan menjalankan game dalam 4K dengan kartu grafis saat ini tidak akan membuat saturasi bandwidth pada slot x16 PCIe 3.0. Mungkin ada keunggulan FPS yang tipis saat membandingkan GPU yang berjalan dalam konfigurasi PCIe 4.0 dengan 3.0, tetapi perbedaannya cukup kecil untuk dapat diabaikan.

Singkatnya, desktop Generasi ke-11 menghadirkan platform yang memberi Anda kebebasan untuk melakukan upgrade. Mereka memastikan Anda dapat memaksimalkan perangkat masa depan yang akan membuka potensi PCIe 4.0 lebih jauh lagi.

Apa yang Saya Perlukan untuk PCIe 4.0?

CPU. Pertama-tama, Anda memerlukan CPU desktop Intel®Core™ Generasi ke-11, yang dibangun untuk mendukung gaming sejak awal dengan fitur seperti PCIe 4.0 dan hingga 20 jalur CPU PCIe.

Motherboard. Anda juga akan menginginkan motherboard mulai dari lini Z590 atau B560, yang menghadirkan hingga 20 jalur PCIe CPU 4.0.

Board Z590 memiliki keunggulan performa tambahan, seperti tautan DMI x8 yang membantu mencegah bottleneck dalam komunikasi antara chipset dan CPU. (Sedangkan untuk PCIe, lebih banyak jalur DMI berarti kecepatan yang lebih tinggi; sebelum Generasi ke-11, motherboard menggunakan tautan DMI x4.)

Perangkat PCIe 4.0. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki GPU atau SSD PCIe 4.0, mudah dilihat mengapa dukungan sangatlah berguna. Mungkin port dari game konsol yang baru mulai mengandalkan streaming dalam aset lebih banyak, dan SSD PCIe 4.0 menghadirkan pengalaman yang lebih mulus secara nyata. Atau generasi berikutnya dari GPU mendapatkan manfaat dari throughput yang digandakan slot PCIe 4.0. (Catat bahwa perangkat PCIe 3.0 juga akan bekerja secara normal pada platform PCIe 4.0, berkat kompatibilitas ke belakang yang dimilikinya.)

Mengapa PCIe 4.0 Penting?

Platform PCIe 4.0 memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar. Anda akan memiliki lebih banyak pilihan ketika Anda membeli periferal baru dan lebih banyak pilihan ketika Anda mengonfigurasinya.

Banyak pengguna mengganti baik drive penyimpanan atau kartu grafis mereka pada satu titik dari waktu pakai sistem mereka. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, dukungan PCIe 4.0 memastikan bahwa Anda akan dapat secara penuh memaksimalkan kemampuan SSD dan GPU canggih yang dirilis beberapa tahun ke depan. (Perangkat PCIe 4.0 akan masih bekerja dalam platform PCIe 3.0, tetapi performa mungkin akan berkurang karena penurunan bandwidth.)

Selain itu, 20 jalur PCIe CPU memberi dua periferal terpenting dari sistem — GPU dan SSD — koneksi yang lebih langsung ke CPU, yang berpotensi mengurangi latensi.

Sulit untuk memprediksi periferal baru apa yang orang inginkan setelah satu atau dua tahun ke depan, tetapi sistem Generasi ke-11 dirancang untuk mendapatkan performa yang optimal dari mereka.

Informasi Produk dan Performa

1

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.co.id/PerformanceIndex.

2

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang diperlihatkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat cadangan untuk detail konfigurasi. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

3

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.

4

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi.