Apa itu PCIe 4.0 dan 5.0?

Standar PCIe yang lebih baru berarti koneksi bandwidth yang lebih tinggi ke GPU, SSD, dan periferal lainnya. Sistem Generasi ke-12 menambahkan dukungan untuk PCIe 5.0, sedangkan Generasi ke-11 menambahkan dukungan untuk PCIe 4.0. Semua generasi PCIe kompatibel dengan versi yang lebih lama, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan peningkatan.

Fokus Utama:

  • Standar PCIe yang terbaru memungkinkan PC memaksimalkan potensi GPU dan SSD terbaru.

  • PCIe 4.0 menggandakan bandwidth 3.0, standar saat ini; 5.0 menggandakan bandwidth 4.0 lagi.

  • Jalur PCIe CPU tambahan memberi baik GPU dan SSD Anda akses ke jalur CPU.

  • Melakukan upgrade ke SSD PCIe 4.0 menyiapkan sistem Anda untuk inovasi gaming yang baru seperti DirectStorage.

  • Setiap generasi PCIe kompatibel untuk versi yang lebih lama.

author-image

By

Perangkat PCIe 4.0 menjadi semakin umum digunakan. Dukungan PCIe 4.0 ditambahkan dengan motherboard dan CPU Intel® Core™ Generasi ke-11, serta kini platform Generasi ke-12 menawarkan PCIe 5.0 dan kompatibilitas sepenuhnya untuk perangkat 4.0 dan 3.0 yang lebih lama.

Namun, apakah perbedaan antara PCIe 5.0, 4.0, dan 3.0? Bagaimana cara kerja kompatibilitas PCIe dengan versi yang lebih lama? Apakah manfaat jalur PCIe CPU pada CPU Generasi ke-12 dan ke-11 bila dibandingkan dengan jalur PCIe chipset?

Mari kita jelajahi bagaimana PCIe 4.0 bekerja dan mengapa ini adalah bagian integral dari platform Generasi ke-11.

Apa Itu PCIe 4.0?

Jika Anda telah merakit PC sebelumnya, Anda akan mengenali slot PCIe yang memanjang secara horizontal di motherboard Anda. PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) adalah bus ekspansi bandwidth tinggi yang umumnya digunakan untuk menghubungkan kartu grafis dan SSD, serta periferal seperti kartu penangkap dan kartu nirkabel.

Pada motherboard, jalur PCIe muncul dalam variasi x1, x2, x4, x8, dan x16. Lebih banyak jalur berarti lebih banyak bandwidth, serta slot yang lebih panjang. GPU biasanya diinstal di atas slot x16, karena ini memiliki bandwidth paling besar dan, secara tradisional, merupakan koneksi paling langsung ke CPU. SSD PCIe m.2 modern menggunakan jalur x4.

Setiap generasi PCIe memiliki kecepatan dua kali lipat dibandingkan pendahulunya. Sementara PCIe 3.0 memiliki laju transfer data 8 gigatransfer per detik, PCIe 4.0 mentransfer data pada kecepatan 16 GT/detik dan PCIe pada kecepatan 32 GT/detik. (Tingkat bit diukur dalam gigatransfer untuk menunjukkan kecepatan maksimum teoretis sebelum enkode—kecepatan aktual mungkin lebih lambat.)

Di permukaan, slot PCIe baru terlihat sama seperti 3.0. Mereka juga dilengkapi kompatibilitas ke belakang dan ke depan: Anda bukan hanya bisa menghubungkan SSD PCIe 3.0 ke slot PCIe 4.0, Anda juga dapat menghubungkan SSD PCIe 4.0 ke slot 3.0.

Apa saja jalur PCIe?

Keuntungan utama dari CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 dan ke-11 adalah penambahan jalur PCIe CPU yang mengikuti standar baru. CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 menyediakan hingga 16 jalur CPU PCIe 5.0 dan hingga empat jalur CPU PCIe 4.0, sedangkan CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 seperti Intel® Core™ i9-11900K menyediakan hingga 20 jalur CPU PCIe 4.0.

Tidak semua jalur PCIe bekerja dengan cara yang sama — jalur PCIe CPU terhubung secara langsung dengan CPU, sedangkan jalur chipset (atau "jalur PCH") terhubung melalui chipset motherboard, yang terhubung ke CPU via tautan DMI (Direct Media Interface).

PCH biasanya mengelola fitur pada motherboard Anda seperti perangkat USB, Wi-Fi, dan jaringan Ethernet, serta suara onboard. Karena hubungan antara CPU dan chipset terbatas oleh bandwidth total x8 3.0, maka Anda mungkin membuat tautan itu tersaturasi jika Anda mencolokkan beberapa perangkat penyimpanan sekaligus dan menggunakan sumber daya lainnya. Terhubung secara langsung ke CPU akan melewatkan bottleneck ini.

Dengan 20 jalur PCIe CPU yang disediakan oleh CPU Intel® Core™ Generasi ke-11, pembuat PC memiliki fleksibilitas untuk menghadirkan jalur optimal ke CPU mereka secara bersamaan pada GPU dan SSD NVMe. CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 memberikan opsi yang sama pada bandwidth yang lebih tinggi, mengingat 16 CPU PCIe 5.0 memiliki kecepatan dua kali lipat dari 4.0.

Dahulu, pengguna dengan 16 jalur PCIe 3.0 yang tersedia hanya dapat memanfaatkan jalur optimal ini ke CPU dengan mengurangi separuh bandwidth ke GPU, sehingga ada potensi kemacetan lain.

SSD PCIe m.2 dan SSD NVMe yang menggunakan kartu riser sudah menikmati keunggulan kecepatan dibandingkan drive yang terhubung melalui kabel data SATA. Throughput yang lebih tinggi dari PCIe memungkinkan penyimpanan NVMe untuk secara cepat mengantrikan lebih banyak data, dan koneksi langsung ke motherboard mengurangi latensi. Menghubungkan ke jalur PCIe CPU lebih lanjut membantu mengurangi latensi dengan menghilangkan jarak yang harus dilalui data melalui chipset.

Mengapa Upgrade ke PCIe 4.0?

Sebagaimana yang disebutkan di atas, setiap generasi PCIe menggandakan throughput. Namun, manfaat nyata dari PCIe 5.0 adalah kompatibilitas penuh dengan versi yang lebih lama dan siap digunakan untuk masa depan: Anda tahu bahwa perangkat keras baru tidak akan mengalami hambatan pada sistem.

Saat ini, SSD PCIe 4.0 dirancang untuk memiliki kecepatan baca/tulis maksimum yang lebih tinggi daripada SSD PCIe 3.0, tetapi keunggulannya di dunia nyata saat ini dalam hal seperti waktu pemuatan dan transfer file besar yang kecil. Meskipun demikian, seiring waktu kontroler memori yang baru akan dirilis dan baik game serta aplikasi diharapkan untuk memanfaatkan SSD modern lebih jauh lagi.

Salah satu cara ini mungkin terjadi adalah dengan teknologi yang akan datang seperti DirectStorage, yang dirancang untuk meningkatkan performa SSD dalam beban kerja I/O yang berat. Seiring SSD menjadi norma dalam pengembangan game generasi berikutnya, ini dapat menyebabkan kemajuan dalam waktu muat, streaming aset, dan desain level.

Bandwidth lebih tinggi yang diharapkan dari PCIe 4.0 dan 5.0 juga mungkin memberikan manfaat bagi kartu grafis, karena throughput yang lebih tinggi membantu memungkinkan transfer data yang lebih cepat ke VRAM. Namun, sementara rakitan PCIe 4.0 memberikan performa yang lebih baik dibandingkan 3.0 dalam benchmark sintetis, manfaat nyata untuk bermain game saat ini tergolong kecil.

Beberapa pengujian menunjukkan bahwa bahkan menjalankan game dalam 4K dengan kartu grafis saat ini tidak akan membuat saturasi bandwidth pada slot x16 PCIe 3.0. Mungkin ada keunggulan FPS yang tipis saat membandingkan GPU yang berjalan dalam konfigurasi PCIe 4.0 dengan 3.0, tetapi perbedaannya cukup kecil untuk dapat diabaikan.

Ringkasnya, desktop Generasi ke-12 dan Generasi ke-11 menghadirkan platform yang memberikan kebebasan untuk melakukan upgrade. Platform itu memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari perangkat masa depan yang akan menguak lebih banyak potensi PC Anda.

Apa yang saya butuhkan untuk PCIe 4.0 atau 5.0?

CPU. Untuk PCIe 5.0. Anda membutuhkan CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 yang dibuat untuk mendukung bermain game secara menyeluruh yang dilengkapi hingga 16 jalur PCIe 5.0 dan hingga empat jalur CPU PCIe 4.0. Untuk 4.0, Anda membutuhkan CPU desktop Intel® Core™ Generasi ke-11 yang dibuat untuk mendukung bermain game secara menyeluruh dengan fitur seperti PCIe 4.0 dan hingga 20 jalur CPU PCIe.

Motherboard. Untuk CPU Generasi ke-12, Anda membutuhkan chipset Seri 600 dengan soket LGA 1700. Untuk Generasi ke-11, Anda membutuhkan motherboard Seri 500 dari lini Z590 atau B560. 

Perangkat PCIe 4.0 dan 5.0. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki GPU atau SSD PCIe 4.0, mudah dilihat mengapa dukungan sangatlah berguna. Mungkin port dari game konsol yang baru mulai mengandalkan streaming dalam aset lebih banyak, dan SSD PCIe 4.0 menghadirkan pengalaman yang lebih mulus secara nyata. Atau generasi berikutnya dari GPU mendapatkan manfaat dari throughput slot PCIe 4.0 dan 5.0 yang digandakan. (Perhatikan bahwa perangkat PCIe 3.0 juga akan bekerja secara normal pada platform PCIe 4.0 atau 5.0 berkat kompatibilitas dengan versi yang lebih lama.)

Mengapa PCIe 4.0 dan 5.0 itu penting?

Platform PCIe 5.0 dan 4.0 lebih fleksibel. Anda akan memiliki lebih banyak pilihan ketika Anda membeli periferal baru dan lebih banyak pilihan ketika Anda mengonfigurasinya. Dengan PCIe 5.0, Anda akan memiliki lebih banyak waktu sebelum produk mendatang akan memenuhi bandwith yang tersedia.

Banyak pengguna mengganti baik drive penyimpanan atau kartu grafis mereka pada satu titik dari waktu pakai sistem mereka. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, dukungan PCIe 5.0 memastikan bahwa Anda akan dapat secara penuh memaksimalkan kemampuan SSD dan GPU canggih yang dirilis beberapa tahun ke depan.

Selain itu, 20 jalur PCIe CPU memberi dua periferal terpenting dari sistem — GPU dan SSD — koneksi yang lebih langsung ke CPU, yang berpotensi mengurangi latensi.

Sulit untuk memprediksi periferal baru apa yang orang inginkan setelah satu atau dua tahun ke depan, tetapi sistem Generasi ke-12 dirancang untuk mendapatkan performa yang optimal.