Cara Memilih PC Gaming Desktop Siap Pakai

Fokus Utama:

  • Plih casing yang kompatibel dengan preferensi visual dan lingkungan gaming Anda.

  • Prioritaskan memilih CPU dan GPU yang tepat, terutama jika Anda berencana bermain di resolusi atau FPS yang lebih tinggi.

  • Pertimbangkan SSD untuk waktu pemuatan yang lebih cepat.

  • Pastikan sistem memiliki banyak port USB yang dapat diakses untuk menghubungkan perangkat gaming.

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Pelajari tentang berbagai konfigurasi perangkat keras & sistem sehingga Anda dapat menemukan PC gaming siap pakai terbaik di 2020. 1 2 

PC gaming siap pakai adalah opsi ideal bagi mereka yang menginginkan manfaat PC gaming, tetapi tidak ingin merakitnya. Mesin-mesin ini hadir dengan beragam konfigurasi perangkat keras, yang dirancang untuk mendukung semua tingkat performa.

Jika Anda bersiap untuk membeli sistem siap pakai, informasi berikut dirancang untuk membantu Anda membuat keputusan yang bijak. Jika Anda masih ragu antara membeli atau merakit PC, lihat panduan kami tentang PC siap pakai vs. PC khusus.

Artikel ini akan membahas beberapa pertimbangan utama saat memilih PC siap pakai, termasuk:

  • Desain dan estetika casing, atau cara memilih casing yang sesuai dengan lingkungan gaming Anda, preferensi visual Anda, dan memiliki fitur yang Anda butuhkan. 
  • Performa sistem, atau ikhtisar dari komponen yang Anda akan perlukan untuk bermain game.
  • Port dan konektivitas, atau fitur tambahan yang Anda akan perlukan untuk menyambungkan perangkat eksternal dan terhubung ke internet.

Desain Casing

PC gaming hadir dalam dimensi yang berbeda-beda dan memiliki beragam gaya visual. Banyak perbedaan tersebut bersifat fungsional, seperti pertimbangan ruang atau pendinginan, sementara yang lain hanyalah bersifat estetis.

Kecuali Anda memiliki pertimbangan ukuran yang unik, casing sedang/ATX sering kali merupakan pilihan terbaik secara keseluruhan untuk sistem gaming. Casing tersebut adalah konfigurasi yang paling umum untuk sistem siap pakai, dan dapat mendukung beragam komponen, termasuk kartu grafis atau sistem pendinginan yang lebih besar. Jika Anda perlu mengutak-atik sistem, desain dari casing ini dapat memudahkan Anda dibandingkan opsi casing yang lebih ringkas.

Meskipun begitu, Anda harus memikirkan tentang di mana Anda ingin menaruh PC Anda. Casing mini tower/micro ATX dan PC faktor bentuk kecil (SFF) dapat menjadi opsi yang lebih baik bagi mereka dengan ruang terbatas. Meskipun ukuran yang lebih kecil mungkin berarti perangkat keras bawaan yang tidak dapat diganti atau konfigurasi internal lebih ringkas yang lebih sulit untuk ditingkatkan, namun untung ruginya mungkin setimpal jika Anda lebih menyukai kebutuhan ruang yang lebih kecil untuk PC Anda.

Selain ukuran casing, keputusan desain lainnya harus dipertimbangkan dalam keputusan pembelian Anda:

  • Konektivitas panel depan. Pastikan panel depan memiliki port akses cepat USB atau audio yang cukup untuk menghubungkan periferal dan perangkat yang harus sering dicopot, seperti kontroler, ponsel, headset, dan penyimpanan eksternal. Jika tidak, Anda mungkin harus menghubungkan mereka ke bagian belakang sistem, yang dapat menjadi lebih sulit untuk diakses tergantung konfigurasi Anda.
  • Konektivitas panel belakang. Demikian juga panel belakang harus memiliki port yang cukup untuk perangkat yang tetap terhubung dalam jangka panjang, seperti monitor, koneksi Ethernet, mouse, dan keyboard Anda. Pikirkan tentang perangkat yang akan Anda gunakan, atau yang akan Anda gunakan nanti, dan pastikan sistem yang Anda pertimbangkan mendukungnya.
  • Kemungkinan peningkatan di masa depan. Pertimbangkan casing yang lebih besar jika Anda tertarik untuk mengutak-atik sistem Anda. Meskipun Anda tentunya dapat tetap bekerja pada sistem yang lebih kecil, konfigurasi yang ringkas cenderung lebih kompleks dan berpotensi menjadi lebih menantang dibandingkan casing ATX standar. Jika peningkatan di masa depan merupakan suatu pertimbangan, casing yang lebih luas juga berarti fleksibilitas lebih dalam hal perangkat keras yang lebih besar. Namun begitu, tidak semua sistem siap pakai dirancang untuk dibuka, jadi periksa garansi yang relevan sebelum mencoba mengutak-atik sistem untuk pertama kalinya.
  • Pendinginan dan aliran udara. Desktop gaming menggunakan berbagai metode untuk menjaga komponen di dalam tetap dingin, dan semakin kuat perangkat kerasnya, semakin penting pendinginan yang benar. Sistem siap pakai kemungkinan akan dibangun dengan sistem pendingin yang sesuai untuk komponen-komponen di dalamnya. Ini berarti seharusnya tidak perlu ada kekhawatiran, kecuali Anda berencana untuk meningkatkannya nanti. Untuk selengkapnya tentang pendinginan sistem, lihat panduan tentang pentingnya menjaga PC Anda tetap dingin ini atau baca tentang cairan dan udara pendingin CPU.
  • Visibilitas. Desktop gaming sering menampilkan panel samping transparan yang menyediakan pandangan jendela dari operasi di dalam sistem Anda. Ada pro dan kontra tentang material yang digunakan untuk panel ini. Panel yang dibuat dari kaca tempered lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih tahan goresan, sementara panel akrilik lebih ringan dan lebih tahan lama.
  • Estetika. Opsi kosmetik seperti interior yang dikontrol pengguna dan pencahayaan panel depan dapat menambah pesona pada PC Anda, dan dapat memungkinkan Anda untuk menyesuaikan fitur sesuai kesukaan Anda. Merek dan konfigurasi berbeda memiliki gaya visual yang berbeda, dan meskipun opsi ini sering kali hanyalah kosmetik dan tidak memengaruhi performa, tetapi tetap layak untuk dipertimbangkan.

Performa Sistem

PC gaming siap pakai mampu menghadirkan pengalaman gaming PC yang luar biasa — jika komponen-komponennya dapat memberikan pengalaman yang Anda inginkan. Performa dalam game dan di luar game secara langsung berhubungan dengan kemampuan CPU, GPU, RAM dan penyimpanan sistem.

Untuk mendapatkan gambaran tentang konfigurasi perangkat keras yang Anda perlukan, Anda bisa membuat daftar dari beberapa game yang ingin Anda mainkan, lalu catat persyaratan sistem mereka. Kemudian, periksa persyaratan tersebut terhadap spesifikasi PC saat berbelanja. Konfigurasi yang memenuhi persyaratan yang direkomendasikan seharusnya dapat menjalankan game dengan baik, sementara melebihi persyaratan untuk CPU dan GPU dapat meningkatkan performa dalam game lebih jauh lagi.

Jika Anda ingin merasakan game dengan resolusi dan FPS (frames per second) yang lebih tinggi, akan sangat penting untuk memperhatikan spesifikasi CPU dan GPU. Setelah Anda menemukan harapan performa Anda, tanya diri Anda sendiri tentang bagaimana harapan tersebut dapat selaras dengan anggaran Anda. Ada peluang bahwa ada sistem siap pakai di luar sana yang memenuhi keseimbangan yang tepat.

CPU

Memiliki CPU yang mumpuni di sistem Anda adalah esensial. CPU adalah inti dari sistem Anda, dan memengaruhi setiap sisi pengalaman Anda, jadi penting untuk menemukan CPU yang sesuai dengan bagaimana Anda akan menggunakan sistem Anda.

  • Mencari prosesor Core. Untuk memastikan Anda dapat memanfaatkan banyak keuntungan yang ditawarkan oleh CPU modern, gunakan prosesor Intel® Core™ terbaru untuk bermain game. Prosesor ini memiliki fitur-fitur penting seperti jumlah inti dan kecepatan clock yang lebih tinggi, serta mendukung teknologi seperti Intel® Optane™ dan Wi-Fi 6.
  • Pilih ‘K’ untuk overclock. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda ingin melakukan overclock. Overclocking dapat menjadi cara yang menarik meningkatkan performa CPU Anda, dan lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan sebelumnya. Jika Anda ingin melakukan overclock, pastikan Anda memilih sistem dengan CPU yang tidak terkunci. Carilah prosesor Intel® Core™ dengan “K” setelah nomor prosesor (seperti Intel® Core™ i7-10700K) untuk menentukan apakah CPU dapat dilakukan overclock.
  • Pelajari tentang fitur CPU. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kecepatan clock, jumlah inti, dan fitur CPU tambahan, lihat panduan kami tentang cara memilih CPU gaming.

GPU

GPU terdedikasi ideal untuk memainkan kebanyakan game modern. GPU menawarkan beragam performa — mulai dari kelas atas hingga tingkat pemula — jadi pastikan untuk melakukan penelitian tentang kemampuan GPU, terutama jika Anda mencari resolusi, frame rate, atau pengaturan grafis yang tinggi.

Selain itu, Anda harus memastikan monitor dan CPU Anda selaras dengan tingkat performa GPU. Telitilah pengalaman orang lain dengan GPU yang Anda pertimbangkan, serta bandingkan dengan persyaratan sistem minimum dan maksimum dari game yang Anda harap untuk mainkan.

  • Pasangkan GPU dengan monitor Anda. GPU yang tepat banyak bergantung pada jenis monitor yang Anda akan gunakan. Bermain dengan resolusi lebih tinggi memerlukan performa grafis yang lebih besar, seperti halnya bermain dengan refresh rate yang tinggi. Jika Anda berencana menggunakan monitor 4K, monitor 1440p, atau monitor gaming dengan refresh rate tinggi, Anda akan menginginkan konfigurasi dengan CPU dan GPU performa tinggi. Jika game 1080p sudah cukup, opsi Anda terbuka cukup lebar. Baca di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai opsi monitor gaming.

RAM

Saat mempertimbangkan RAM (Random Access Memory) dalam desktop gaming siap pakai, kapasitas biasanya merupakan perhatian utama, di mana semakin besar kapasitasnya maka semakin baik.

  • Pilih setidaknya kapasitas 16 GB. Banyak PC gaming siap pakai modern memiliki setidaknya 16 GB terinstal, karena jumlah ini sering kali dipertimbangkan sebagai titik mulai yang bagus untuk menjalankan game modern di samping aplikasi lainnya. Beberapa PC siap pakai mungkin memiliki 8 GB atau bahkan 32 GB untuk kelas atas. RAM kurang dari 16 GB dapat menyebabkan masalah performa saat memainkan game baru, sementara 32 GB ideal jika Anda menjalankan beberapa aplikasi selain bermain game.
  • Selanjutnya pertimbangkan kecepatan. Sementara kapasitas biasanya merupakan pertimbangan paling penting saat memilih RAM, kecepatan adalah faktor lain untuk dipikirkan. RAM dengan kecepatan lebih dari 3000 MHz dapat memiliki dampak positif yang moderat terhadap performa dalam game, meskipun manfaatnya biasanya tidak terlalu terlihat dibandingkan manfaat dari CPU dan GPU yang lebih cepat.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang memori, lihat panduan untuk memilih RAM ini.

Penyimpanan

Pilihan penyimpanan Anda berdampak tidak hanya pada berapa banyak game dan program yang Anda dapat instal sekaligus, tetapi juga kecepatan sistem dalam mengakses data yang terinstal. Penyimpanan yang lebih cepat dapat mengurangi waktu muat dalam game, memungkinkan sistem Anda untuk boot lebih cepat, serta mendukung aplikasi seperti email, pemutar media, dan browser web untuk diluncurkan lebih cepat.

  • Pilihlah SSD. Kebanyakan sistem siap pakai modern memiliki solid state drive sebagai penyimpanan utama mereka, yang jauh lebih cepat dibandingkan hard drive disk yang lebih lama. Jika Anda memiliki pilihan antara HDD atau SSD sebagai penyimpanan utama Anda, SSD hampir selalu lebih disukai.
  • Cari drive berkapasitas tinggi yang cukup. Anda akan menginginkan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan game Anda, sistem operasi Anda, dan perangkat lunak lain yang Anda ingin instal. Beberapa game baru bisa memerlukan ruang penyimpanan lebih dari 100 GB , dan kebutuhan penyimpanan juga kemungkinan meningkat seiring waktu. Penyimpanan utama 500 GB adalah kapasitas yang bagus untuk memulai, di mana semakin besar kapasitasnya berarti semakin baik.
  • Pasangkan satu SSD dengan satu HDD sekunder untuk penyimpanan tambahan. Memiliki dua drive penyimpanan adalah solusi hebat terhadap keterbatasan ruang penyimpanan, dan ini merupakan konfigurasi populer dalam PC siap pakai. Ini memungkinkan Anda menggunakan SSD yang lebih cepat untuk menyimpan sistem operasi dan pustaka game Anda, sementara menyimpan file yang lebih jarang digunakan di HDD yang lebih lambat tetapi berkapasitas lebih besar.
  • Lihat memori Intel® Optane. Ini adalah solusi berbasis NVMe yang mempercepat HDD. Memori Intel® Optane meningkatkan waktu muat dari drive yang lebih lambat dengan memprioritaskan program-program Anda yang paling sering digunakan sehingga mereka dapat diluncurkan lebih cepat, dan bertindak sebagai jembatan antara kapasitas tinggi dari HDD dan kecepatan lebih tinggi dari SSD modern.

Untuk selengkapnya tentang memilih teknologi penyimpanan yang tepat, lihat panduan untuk memilih antara HDD dan SSD ini.

Port dan Konektivitas

Jenis opsi port dan konektivitas yang ada di desktop gaming tidak selalu sama. Luangkan waktu untuk membaca spesifikasi dengan teliti, dan lakukan verifikasi bahwa sistem yang Anda pertimbangkan dapat mendukung perangkat Anda dan preferensi konektivitas Anda.

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk memilih PC dengan tambahan fitur port dan konektivitas yang tepat:

  • Keluaran video. Monitor eksternal terhubung ke port di belakang PC, yang biasanya tersambung ke GPU dalam sistem gaming. Jenis yang paling umum dari koneksi layar adalah HDMI dan DisplayPort. Monitor gaming mungkin memerlukan spesifikasi port tertentu untuk memanfaatkan refresh rate atau resolusi yang lebih tinggi, jadi pastikan untuk memeriksa kompatibilitas saat membuat pilihan Anda. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang layar dan koneksi layar di sini.
  • USB. Merupakan hal berguna untuk memiliki port USB kecepatan tinggi untuk menghubungkan mouse, headset, drive penyimpanan eksternal, dan periferal lainnya. Beberapa hal spesifik yang baik untuk diketahui saat memeriksa spesifikasi: nomor revisi seperti 2.0, 3.0, atau 3.2 mencerminkan kecepatan transfer port, di mana lebih tinggi berarti lebih baru dan biasanya lebih cepat. Klasifikasi seperti "Type-A" dan "Type-C" merujuk pada bentuk konektor. Anda mungkin ingin memiliki satu dari masing-masing tipe, dan semakin banyak ragamnya, kemungkinan besar berarti semakin baik.
  • Bluetooth. Tidak semua desktop mendukung Bluetooth di luar kotak, tetapi banyak aksesori yang menggunakan Bluetooth atau fungsi nirkabel akan dilengkapi dengan dongle USB yang memungkinkan penggunaannya jika ini adalah kasusnya. Jika Anda berencana menggunakan aksesori nirkabel, pastikan bahwa aksesori itu dilengkapi dengan dongle, atau bahwa PC tersebut mendukung Bluetooth. Informasi ini akan tercantum dalam spesifikasi.
  • Audio. Port video pada panel depan nyaman untuk menghubungkan headphone atau speaker yang memerlukan jack headphone 3,5 mm. Banyak solusi audio modern seperti headset gaming dan sistem speaker menggunakan USB untuk terhubung, yang menjadi alasan lain untuk memprioritaskan port USB yang kompatibel dalam jumlah banyak.
  • Jaringan. Meskipun banyak desktop gaming baru mendukung Wi-Fi, beberapa hanya menyediakan port Ethernet untuk koneksi kabel ke internet. Jika Anda memerlukan konektivitas nirkabel, periksa bahwa konektivitas ini tercantum dalam spesifikasi: ini dapat dirujuk sebagai WLAN dalam beberapa kasus. Untuk koneksi nirkabel tercepat dan kompatibilitas optimal dengan perangkat dan router nirkabel, carilah dukungan Wi-Fi 6. Untuk koneksi kabel cepat hingga kecepatan 1 Gbps, carilah Gigabit Ethernet. Pelajari lebih lanjut tentang jaringan dan gaming di sini.

Desktop Siap Pakai Apa yang Harus Anda pilih?

Memilih desktop siap pakai yang tepat bukanlah sekadar menghabiskan uang terbanyak. Ini juga tentang secara hati-hati mempertimbangkan komponen yang berbeda yang membentuk sistem dan menyesuaikan mereka dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda mengetahui cara menemukan casing yang tepat, komponen yang tepat, dan opsi konektivitas yang tepat, praktikkan pengetahuan Anda dan temukan PC gaming siap pakai yang sempurna untuk Anda.

Informasi Produk dan Performa

1

Produk Wi-Fi 6 (Gig+) Intel® mendukung saluran160 MHz opsional, memungkinkan kecepatan maksimum teoretis tercepat (2402 Mbps) untuk produk sejenis Wi-Fi PC 2x2 802.11 AX. Produk Wi-Fi 6 (Gig+) Intel® memungkinkan kecepatan maksimum teoretis 2-4X lebih cepat dibandingkan dengan produk Wi-Fi PC standar 2x2 (1201 Mbps) atau 1x1 (600 Mbps) 802.11 AX, yang hanya mendukung persyaratan wajib saluran 80 MHz.

2

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi kestabilan, keamanan, performa, dan umur prosesor serta komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.