Cara Merakit PC Game

Merakit PC Anda sendiri akan jauh lebih meningkatkan pengalaman bermain game dan memungkinkan Anda memutakhirkan komponen sewaktu-waktu.

Cari tahu apakah merakit PC kustom merupakan pilihan paling tepat bagi Anda dalam penelusuran perangkat keras utama yang memaksimalkan performa bermain game Anda.

Kemungkinan besar, jika Anda menemukan caranya di sini, Anda akan melangkah lebih maju dan menaklukkan dunia dengan peralatan game kustom Anda sendiri. Atau mungkin Anda mencari kinerja yang lebih baik untuk sepenuhnya mendominasi persaingan. Atau, mungkin Anda mencoba mencari tahu apakah merakit PC game merupakan pilihan paling tepat bagi Anda.

Namun, di mana pun Anda berada pada spektrum ini, sekarang merakit komputer sendiri tak pernah semudah ini. Berinvestasi dalam PC game kustom (rakit sendiri, sepenuhnya), adalah awal hubungan jangka panjang yang akan berubah saat tuntutan dan kebutuhan Anda berubah. Belum pernah ada pilihan hebat sebanyak ini untuk merakit peralatan Anda sendiri dan menyempurnakannya dengan hiasan dan sentuhan kustom pribadi.

Kendati demikian, merakit PC juga mengandung risikonya sendiri terhadap anggaran atau kesabaran Anda. Memeriksa kompabilitas antar-komponen dan perangkat keras sangat penting—jangan tergesa-gesa dalam memilih dan memasangnya. Garansi komponen PC beragam, jadi pastikan Anda siap merakit PC baru Anda dengan aman—produsen sudah menyediakan seluruh panduan dan sumber daya kompatibilitas di situs webnya.

Memilih Perangkat Keras untuk PC Game Anda
Komponen, seperti prosesor, kartu grafis, memori, motherboard, dan solid-state drive (SSD) tersedia dan sekarang sangat ramah pengguna, menawarkan kemudahan pemasangan dan konfigurasi perangkat lunak. Tersedia banyak sumber daya untuk Anda gunakan, mulai tutorial video dari pencinta game hingga panduan langkah demi langkah berbasis teks dari situs teknologi top. Bisa jadi, informasi yang tersedia terlalu banyak! Saat menjalankan riset, pastikan Anda menonton atau membaca informasi yang baru—setidaknya sepanjang tiga tahun terakhir. Perangkat keras dan perangkat periferal terus menerus diperbarui.

Berikut ini adalah komponen perangkat keras tertentu yang akan Anda butuhkan untuk merakit PC game:

  • CPU/Processor
  • Motherboard
  • Memori (RAM)
  • Akselerator memori Intel® Optane™ (opsional)
  • Unit pemrosesan grafis (GPU)—alias kartu grafis
  • Penyimpanan – SSD dan/atau HDD
  • Unit catu daya (PSU)
  • Sistem Pendinginan – Pendinginan CPU dan Aliran Udara Sasis
  • Casing
  • Perangkat periferal game (keyboard, mouse, headphone)
  • Monitor PC 

Menganggarkan dan Memutakhirkan PC Game Anda
Daya, tampilan, dan kinerja PC game terutama bergantung pada anggaran dan preferensi pribadi Anda. Kenyataannya, anggaran Anda harus menjadi pertimbangan pertama karena inilah yang akan menentukan semua pengambilan keputusan Anda. Merakit peralatan kustom mungkin tidak murah dibandingkan PC siap pakai, tetapi Anda dapat menghemat biaya dengan berbelanja di situs web obral atau pengecer untuk membeli perangkat keras Anda. Keuntungan lainnya adalah fakta bahwa Anda memiliki kendali penuh atas suku cadang produsen yang digunakan untuk sistem Anda. Selain itu, Anda dapat menghindari biaya perakitan, karena Anda mengerjakannya sendiri. Untungnya, ada berbagai produk bagus di pasar untuk Anda pilih, jadi jika anggaran Anda terbatas, Anda selalu bisa memutakhirkan beberapa komponen di kemudian hari.

Jangan mengesampingkan keuntungan membeli CPU, GPU, atau perangkat keras lain yang berkinerja lebih baik untuk meningkatkan kinerja PC game Anda. Jika Anda melakukannya, Anda mungkin akan memiliki rakitan dengan headroom yang hebat untuk masa depan. Dengan begitu, saat keluar game baru yang memerlukan spesifikasi tinggi, PC Anda sudah siap.

Komponen
Mari kita lihat tujuan dari tiap bagian perangkat keras dan cara Anda dapat menemukan yang terbaik bagi kebutuhan bermain game Anda. Lakukan penelitian sebanyak mungkin sehingga Anda sekurang-kurangnya punya bayangan tentang produk yang hendak dicari. Para pemain game lain mungkin telah mem-posting komponen favorit mereka secara online, atau bahkan membuat video YouTube. Penelitian di awal akan menguntungkan Anda di masa depan!

Sekurang-kurangnya, Anda harus memastikan bahwa perangkat keras Anda kompatibel dan satu sama lain bekerja dengan baik. Pencarian web cepat atau mengunjungi situs web produsen juga dapat membantu.

Central Processing Unit (CPU)
Mari kita mulai dengan otak dari sistem, CPU. Anda sering mendengar tentang kecepatan clock, jumlah core, megahertz, gigahertz, dan semua ini berkaitan dengan CPU. Kecepatan clock yang lebih tinggi memungkinkan prosesor melakukan lebih banyak kalkulasi dalam jangka waktu tertentu. Sebagian besar CPU dewasa ini memiliki lebih dari satu core. Lebih banyak core berarti lebih banyak tugas yang dapat dilakukan oleh CPU pada saat bersamaan, kami menyebutnya Megatugas, yang memungkinkan Anda bermain game + melakukan streaming + merekam sekaligus.

Motherboard
Jika prosesor adalah otak, motherboard bisa diibaratkan sebagai sistem syaraf. CPU menyediakan arahan, kemudian motherboard berkomunikasi dengan semua komponen utama lainnya dalam PC game—kartu grafis, memori, hard drive, drive optik, dan bahkan teknologi nirkabel—untuk memastikan tugas CPU terselesaikan.

Memilih prosesor dan motherboard harus dilakukan secara bersamaan, berhubung terdapat persyaratan kompatibilitas.

Intel memiliki alat hebat yang dapat Anda gunakan—yaitu Intel® Desktop Compatibility Tool. Ikuti langkah-langkah mudah untuk menemukan prosesor Intel® yang Anda miliki (atau inginkan) dan daftar motherboards yang kompatibel dengannya.

Grafis
Terdapat dua jenis grafis—terintegrasi dan khusus (juga dikenal sebagai “dedicated”). Grafis terintegrasi telah mengalami peningkatan selama bertahun-tahun, misalnya grafis Intel® Iris™ Plus. Intel baru-baru ini bermitra dengan grup AMD® Radeon™ dan mengembangkan prosesor Intel® Core™ i5/i7 Generasi ke-8 dengan Grafis Radeon™ RX Vega M. Jenis solusi terintegrasi ini dapat memberikan performa grafis serupa grafis terpisah untuk:

  • Menonton film dalam HD/4K
  • Mengedit foto/video
  • Menikmati tingkat kecepatan frame tinggi selagi memainkan game populer saat ini

Sebagai perbandingan, ‘grafis terpisah’ (kartu grafis add-in PCIe* dari Nvidia atau AMD) wajib dimiliki oleh pemain game serius yang memainkan game intensif kelas atas, dan solusi realitas virtual premium. Kartu grafis menyertakan unit pemrosesan grafis (GPU) bawaan yang mengonversi sinyal video dan menjalankan kalkulasi rumit untuk mengubah data biner menjadi grafis rendered yang Anda lihat dalam game.

Saat mencari GPU, cara mengukur kinerja yang baik adalah dengan laju frame. Laju frame menunjukkan kepada Anda seberapa cepat gambar disegarkan pada layar untuk menghasilkan perpindahan dan gerak, serta kualitas grafis keseluruhan. Laju frame diukur dalam frame per detik (fps). Semakin tinggi frame per detik, semakin baik pengalaman bermain game Anda. Biasanya, kurang dari 60 fps akan mengecewakan pemain game serius-—anggaplah ini sebagai persyaratan terendah bagi pemain game. Di sisi lain, pada 90 fps yang konsisten dan stabil, Anda siap untuk permainan Realitas Virtual.

Terdapat lusinan bahkan mungkin ratusan situs web ulasan dan tolok ukur teknologi PC untuk Anda telusuri dan mencari apa saja yang tersedia. Kunjungilah beberapa di antaranya untuk membandingkan produk berdasarkan FPS atau ukuran lain untuk game/aplikasi yang paling penting bagi ANDA. Ingatlah bahwa kartu grafis dan GPU harus bekerja dengan perangkat keras lainnya, termasuk motherboard, unit catu daya (PSU), memori, serta CPU. Selalu pastikan bahwa kartu grafis pilihan Anda bisa dipasang ke motherboard Anda.

Memori/RAM
RAM, atau random access memory, membantu PC game Anda mengakses file dengan cepat dan menjalankan beberapa instruksi sekaligus tanpa terhambat (lagging). Anda ingin memastikan bahwa sistem Anda memiliki RAM yang memadai untuk setiap perangkat lunak yang perlu mengaksesnya. Jika anggaran Anda terbatas, memori Intel® Optane™ layak ditambahkan ke sistem yang memiliki HDD. Ini yang cara yang hebat untuk mempercepat sistem Anda! Sekalipun RAM 8 GB dapat berjalan dengan mulus, penggemar game kelas atas dapat menggunakan RAM 16 GB atau lebih dalam peralatan mereka. Tergantung pada konfigurasi motherboard Anda, sistem umumnya mendukung RAM hingga 64 GB. Platform X299 dari Intel mendukung hingga 128 GB!

Sistem Operasi (OS)
Saat Anda merakit PC game Anda sendiri, Anda harus memilih sistem operasi. Pikirkan tentang program dan aplikasi apa saja yang akan Anda gunakan (selain game) dan pastikan bahwa OS pilihan Anda bekerja dengan baik untuk semuanya. Pilihan OS populer antara lain: Windows* 10, Linux*, dan Mac* OS, namun tersedia juga berbagai pilihan lain.

Penyimpanan: Solid-State Drive (SSD) atau Hard Disk Drive (HDD)
Keputusan Anda berikutnya adalah SSD atau HDD, atau keduanya? Banyak orang meyakini bahwa PC game berkinerja tinggi menuntut SSD untuk waktu pemuatan game sangat cepat dan responsivitas nyaris seketika.

SSD modern memiliki dua protokol dalam bentuk SATA atau Non-Volatile Memory Express* (NVMe*). SATA adalah protokol yang lebih lama dengan performa yang solid, sementara NVMe lebih baru dan menggunakan jalur PCI Express* untuk peningkatan bandwidth. NVMe juga mempunyai latensi lebih rendah daripada SATA, yang berarti dapat merespons dengan lebih cepat. SSD NVMe terbaik Intel, 900p, dapat secara berurutan membaca hingga 2500 MB/dtk saat SATA SSD di atas 560 MB/dtk.

Konfigurasi umum menggabungkan yang terbaik dari keduanya dan menggunakan SSD yang tidak terlalu mahal bersama dengan hard drive. Anda akan mendapatkan pemuatan cepat, penghematan biaya, dan kapasitas penyimpanan. Untuk membantu memilih satu (atau beberapa) model yang tepat, pastikan Anda memeriksa seberapa besar penyimpanan yang Anda butuhkan dari game yang ingin Anda mainkan, dan pertimbangkan juga hal-hal lain—game, file, musik, video—yang juga dapat Anda simpan di sini.

Unit Catu Daya (PSU)
Pemain game veteran pasti menasihati Anda—jangan remehkan pentingnya catu daya! Tidak ada baiknya mencoba menghemat uang dalam hal ini. Kualitas PSU Anda itu penting. Lakukan penelitian dan pastikan PSU yang Anda telah pilih dapat menangani pemuatan komponen lainnya. Membeli dari merek tepercaya dengan garansi yang baik akan memastikan komponen Anda selalu aman!

Pendinginan
Setiap PC kelas atas atau peralatan game pasti menghasilkan panas dalam jumlah besar. Beberapa CPU dilengkapi dengan kipas heatsink siap pakai, tetapi sebagian mungkin tidak. Oleh karena itu, Anda perlu membeli solusi pendinginan pihak ketiga. Biasanya, kartu grafis yang dilengkapi kipas sudah dirancang untuk menghilangkan panas. Selain itu, casing PC kini sering dilengkapi dengan kipas masuk dan buang yang sudah terpasang. Ini biasanya cukup bagi PC biasa, tetapi jika Anda berminat untuk melakukan overclocking CPU dan meningkatkan permainan game, Anda membutuhkan sistem pendinginan.

Ada dua opsi utama—udara atau cairan. Sistem pendinginan udara biasanya lebih ekonomis dan lebih mudah untuk dipadukan dalam rakitan bagi pemula, sementara sistem pendingin cair lebih mahal, tetapi memberikan hasil yang lebih baik. Kendati demikian, sistem ini mungkin tidak begitu mudah dipasang. Selain itu, pertimbangkan berapa banyak ruang yang Anda miliki dalam casing untuk kipas atau tabung. Sekali lagi, pilihan CPU Anda akan banyak berperan dalam menentukan keputusan ini.

Casing
Memilih casing juga merupakan keputusan penting karena casing tersedia dalam beragam gaya, ukuran, dan konfigurasi, sehingga Anda dapat membuat rakitan khas Anda sendiri. Jika Anda berinvestasi besar dalam casing, maka casing tersebut harus mampu bertahan melewati beberapa kali rakitan atau pemutakhiran.

Ada banyak hal untuk diingat saat Anda memilih casing. Pertama, pertimbangkan komponen—apakah semuanya bisa masuk ke dalam casing? Adakah ruang tambahan untuk drive tambahan atau pemutakhiran? Apakah Anda ingin menyertakan sistem pendinginan atau kipas ekstra?

Bagaimana dengan pengaturan kabel? Akses ke drive anda? Anda harus mempertimbangkan hal-hal ini saat memilih casing PC Anda berikutnya, dan memastikan apakah casing tersebut kompatibel dengan motherboard Anda.

Periferal Game
Preferensi pribadi adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat berbelanja periferal. Karena itu, kami menyarankan mengunjungi toko ritel di area Anda untuk menguji kenyamanan beberapa model sebelum membuat keputusan. Periferal game meliputi sejumlah fitur, misalnya kunci/tombol ekstra, kustomisasi perangkat lunak, dan bahkan pencahayaan lampu belakang yang lebih cerah.

Merakit Semuanya
Setelah Anda mendapatkan semua komponen untuk PC game Anda, kini saatnya untuk memasangnya. Cara Anda memasang komponen-komponen ini, beserta urutannya, tergantung pada Anda sendiri. Jika Anda sebelumnya sudah menghabiskan cukup banyak waktu untuk meneliti komponen dan kompatibilitasnya, merakit PC game Anda pun mudah. Bersabarlah, selalu ikuti petunjuk produsen, berhati-hatilah karena semuanya terhubung pada listrik, dan nikmati prosesnya.

Hal yang Harus Diantisipasi

Berikut adalah bagan perbandingan sistem dengan prosesor berumur 3 tahun versus prosesor Intel® Core™ Generasi ke-8 kami saat ini dengan perangkat keras lainnya yang hampir serupa.

Performa Konfigurasi penuh

•       Permainan game yang hingga 64% lebih mulus1 2 dengan platform prosesor desktop Intel® Core™ i7+ Generasi ke-8 vs. PC berumur 3 tahun

•       Performa megatugas hingga 54% lebih baik1 3 dengan platform prosesor desktop Intel® Core™ i7+ Generasi ke-8 vs PC berumur 3 tahun

•      Hingga 137 FPS1 3 saat streaming & rekaman dengan platform prosesor desktop Intel® Core™ i7+ Generasi ke-8

Sistem 1:
Prosesor Intel® Core™ i7+ 8700K, PL1=95W TDP, 6C12T, Turbo hingga 4,7 GHz, Motherboard: ASUS Prime Z370A, Grafis: NVIDIA GTX 1080Ti, Memori: 2x DDR4 4 GB, Penyimpanan: Western Digital WD1003F2EX 7200RPM 1 TB + memori Intel® Optane™ 32 GB, OS: Windows* 10 RS3 Build 1709, BIOS Versi 609 dengan MCU 0x84

Sistem 2:
Prosesor Intel® Core™ i7-4790K, PL1=88W TDP, 4C8T, Turbo hingga 4,4 GHz, Motherboard: H97M Plus, Grafis: NVIDIA GTX1080Ti, Memori: 2x DDR3-1600 4 GB, Penyimpanan: Western Digital WD1003F2EX 7200RPM 1 TB, OS: Windows* 10 RS3 Build 1709, BIOS Versi 2603 dengan MCU 0x24

Produk & Teknologi

Pelajari lebih lanjut tentang teknologi Intel® yang membantu menghadirkan pengalaman game yang hebat.

Prosesor Desktop Intel® Core™ yang Tidak Terkunci

Pilih prosesor Intel® Core™ yang tidak terkunci untuk melakukan overclock pada CPU dan lihat seberapa cepat performa PC Anda.

Pelajari lebih lanjut

Intel® Solid State Drive

Intel® Optane™ dan Solid State Drive (SSD) seri 750 menambahkan performa tinggi kelas stasiun kerja dan ketahanan yang terdepan di industri untuk sistem game Anda. Grafis resolusi tinggi memuat lebih cepat, perenderan detail lebih jelas, dan game berjalan lebih mulus.

Pelajari lebih lanjut

Intel® Optane™ Technology

Teknologi Intel® Optane™ merupakan teknologi memori non-volatile baru kelas premium yang memberi Anda akses cepat ke set data yang besar dan peluang sempurna untuk pengalaman bermain game yang luar biasa.

Pelajari lebih lanjut

Informasi Produk dan Performa

1

Hasil benchmark yang dilaporkan di atas mungkin perlu direvisi saat pengujian tambahan dilakukan. Hasil akan tergantung pada konfigurasi platform dan beban kerja tertentu yang digunakan dalam pengujian, dan mungkin tidak dapat diterapkan pada semua komponen, sistem komputer, atau beban kerja pengguna tertentu. Hasil tidak harus mencerminkan benchmark lain dan hasil benchmark lain mungkin akan menunjukkan dampak mitigasi yang lebih besar atau lebih kecil. 

2

Perangkat lunak dan beban kerja yang digunakan dalam uji performa mungkin telah dioptimalkan hanya untuk performa pada mikroprosesor Intel®. Uji perfoma, seperti SYSmark* dan MobileMark*, diukur menggunakan sistem, komponen, perangkat lunak, pengoperasian, dan fungsi komputer tertentu. Perubahan apa pun terhadap salah satu faktor tersebut bisa menyebabkan hasil yang bervariasi. Anda harus mempelajari informasi dan sejumlah uji performa lain agar benar-benar dapat mempertimbangkan pembelian dengan cermat, termasuk performa produk tersebut bila digabungkan dengan produk lainnya. Untuk informasi selengkapnya tentang hasil performa dan pembanding, kunjungi http://www.intel.co.id/benchmarks.

Sebagaimana diukur oleh Beban Kerja FPS Game yang membandingkan Intel® Core™ i7+ 8700K Generasi ke-8 (modul memori Intel® Optane™ 32 GB) vs. Intel® Core™ i7-4790K (Hanya HDD).

3

Perangkat lunak dan beban kerja yang digunakan dalam uji performa mungkin telah dioptimalkan hanya untuk performa pada mikroprosesor Intel®. Uji perfoma, seperti SYSmark* dan MobileMark*, diukur menggunakan sistem, komponen, perangkat lunak, pengoperasian, dan fungsi komputer tertentu. Perubahan apa pun terhadap salah satu faktor tersebut bisa menyebabkan hasil yang bervariasi. Anda harus mempelajari informasi dan sejumlah uji performa lain agar benar-benar dapat mempertimbangkan pembelian dengan cermat, termasuk performa produk tersebut bila digabungkan dengan produk lainnya. Untuk informasi selengkapnya tentang hasil performa dan pembanding, kunjungi http://www.intel.co.id/benchmarks.

Sebagaimana diukur oleh Beban Kerja Mega-Tugas yang membandingkan Intel® Core™ i7+ 8700K Generasi ke-8 (modul memori Intel® Optane™ 32 GB) vs. Intel® Core™ i7-4790K (hanya HDD).